Jumat, 22 September 2017

Duel Superhero dalam Captain America Civil War

Film Captain America yang ketiga ini berjudul Civil War (perang sipil). Setelah menonton berulang kali film ini, saya memiliki kesimpulan mengenai duel antar superhero. Berikut ulasannya.

Bagi Anda yang belum tahu, Captain America sudah memasuki film ketiga (Civil War). Film pertama berjudul First Avenger dan film kedua berjudul The Winter Soldier. Oh iya, artikel ini penuh dengan spoiler. Jadi hati-hati bagi yang belum nonton.
Sebelumnya saya belum pernah membaca komik superhero marvel jadi mohon maaf jika banyak kesalahan. Pada artikel ini, saya akan membandingkan kekuatan dari duel superhero yang terjadi dalam film ini.

Ada 2 tim yang berduel yaitu tim Captain America melawan tim Iron Man. Tim Captain America beranggotakan Ant-Man, Winter Soldier, Hawk-Eye, Scarlet Witch, dan Falcon. Lebih jelasnya ihat gambar di bawah ini.

Captain America Team
Sedangkan tim Iron Man beranggotakan Black Widow, Spiderman, Vision, Black Panther, dan War Machine. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Iron Man Team
Sebelumnya kita akan disuguhkan bertarung ala keroyokan sehingga masing-masing superhero saling membantu. Namun ada beberapa pertarungan khusus yang patut kita amati.

Black Panther vs Winter Soldier

Ini dia salah satu pertarungan yang melibatkan korban dan yang dituduh. Black Panther yang merupakan baju tempur dari Negeri Wakanda digunakan oleh T'Challa, putra dari raja yang mati dibom yaitu T'Chaka.
Black Panther vs Winter Soldier
Pengeboman tersebut diduga dilakukan oleh Winter Soldier. Winter Solider adalah teman masa kecil Captain America yaitu Bucky Barnes. Pertarungan sengit ini tak terhindarkan karena T'Challa yang berniat balas dendam kepada Winter Soldier.

Dilihat dari pertarungannya, Winter Soldier kalah dalam duel bela diri. Entah karena Winter Soldier menahan diri atau tidak, Black Panther memiliki baju baja terkuat dan skill bela diri yang mumpuni. Jadi mungkin kalau ada film khusus berjudul Black Panther vs Winter Soldier tentu menarik.

Hawk-Eye vs Black Widow

Duel teman dekat ini juga patut dicermati. Tetapi setelah melihat jalannya pertarungan, terlihat Hawk-Eye tidak bertarung dengan serius dengan Black Widow.
Hawk-Eye sendiri sebelum kenal dekat dengan Black Widow, sempat menyelamatkan hidupnya Black Widow. Jadi aku merasa ragu Hawk-Eye akan bertarung serius ke depannya.

Captain America vs Spiderman

Saya sempat berfikir bahwa Spiderman akan menang melawan Captain America. Anda pasti tahu bagaimana di film-film spiderman sebelumnya, digambarkan spiderman memiliki insting yang sangat tajam.
Captain America vs Spiderman
Tetapi ternyata berbanding terbalik saat saya melihat pertarungan ini. Spiderman kalah dari ketua tim Avenger yaitu Captain America. Jaring laba-labanya dengan mudah dipotong perisai Captain America dan spiderman kalah dalam adu kekuatan.

[Baca juga : Setelah Menonton Spiderman Homecoming]

Belakangan saya jadi tahu mengapa Spiderman begitu lemah setelah menonton film spiderman versi MCU (Marvel Cinematic Universe) yaitu Homecoming.

Black Panther vs Hawk-Eye

Setelah melawan Black Widow, Hawk-Eye berusaha bertarung dengan Black Panther.
Keduanya memang tidak saling kenal tapi keduanya terlihat bertarung dengan serius. Dari pertarungan ini, Hawk-Eye kalah dengan keunggulan yang dimiliki Black Panther.

Panah dan ledakan miliki Hawk-Eye dengan mudah dipatahkan oleh baju baja Black Panther yang terbuat dari Vibranium (baja terkuat di dunia marvel dan hanya ada di Negeri Wakanda).

Pertarungan Lain

Selain empat pertarungan individual di atas, berikut pertarungan lain yang mungkin bisa dijadikan juga sebagai adu kekuatan atau duel superhero meskipun tidak secara lengkap.

1. Captain America vs Black Panther dan War Machine

Di sini Captain America berusaha untuk menjauhkan Black Panther dari Winter Soldier. Tapi kemudian dibantu oleh War Machine. Dilihat dari pertarungan ini, Captain America dapat mengalahkan Black Panther.

Begitu pula Captain America bisa mengatasi War Machine yang berusaha melumpuhkan Captain. Tapi lain ceritanya jika War Machine menggunakan tenaga penuh untuk membunuh Captain.

2. Ant-Man vs Black Widow

Duel singkat ini langsung dimenangkan oleh Black Widow. Tetapi itu belum bisa jadi ukuran karena Ant-Man belum menggunakan kekuatan raksasanya.
3. Spiderman vs Falcon dan Winter Soldier

Spiderman berusaha mengejar Winter Soldier tetapi dihalangi Falcon. Spiderman dapat bertarung dengan baik di udara (melawan Falcon) maupun di darat (melawan Winter Soldier). Hasil akhir pertarungan ini berakhir imbang.

Demikian ulasan pertarungan dalam film Captain America : Civil War. Ulasan pertarungan di atas masih dalam kemungkinan jadi jalan cerita juga masih berubah nantinya. Dan juga mungkin berbeda dengan versi asli di komiknya.

Penutup

Oh iya. Untuk pertarungan akhir film yang melibatkan Captain America dan Winter Soldier melawan Iron Man, sengaja tidak diikutsertakan karena kompleksitas kekuatannya. Pendapat singkat saya, jika Winter Soldier sendirian melawan Iron Man maka Winter Soldier akan kalah karena persenjataan Iron Man yang lengkap dibandingkan tangan besinya Winter Soldier.

Sedangkan kalau Iron Man melawan Captain America tentu masih jadi perdebatan sengit. Jika diadu dengan bela diri, Captain America sempat unggul namun setelah gaya bertarungnya diselidiki oleh mesin canggih Iron Man, lalu Iron Man dapat membalasnya.
Jika Iron Man mengandalkan senjata, maka Captain memiliki perisai vibranium.

Mungkin kemenangan pertarungan Captain America melawan Iron Man dapat dilihat dari medan pertempuran dan jarak pertempuran. Baiklah. Cukup sekian. Terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar