Selasa, 17 Juli 2018

Cerita Yowamushi Pedal: New Generation Season 3 Indonesia

Review Yowamushi Season 3 | Yowamushi Pedal New Generation Indonesia | Yowamushi Pedal baru saja menyelesaikan season keempatnya, sedangkan saya baru nonton season ketiganya. Apakah terlambat dan sia-sia? Tidak, karena season ketiga ini luar biasa.

Bagi Anda yang belum tahu, Yowamushi Pedal adalah anime (kartun jepang) yang bergenre olahraga dan bertemakan olahraga balap sepeda. Siapa sangka, saya yang awalnya mengira anime ini akan membosankan, justru ketagihan menonton hingga season ketiga.

Yowamushi Pedal season 3 ini memiliki judul tambahan yaitu New Generation yang berarti Generasi Baru. Sesuai judulnya, season ketiga ini memang diisi oleh generasi baru dari Tim Sohoku dan tim lainnya.
Formasi Skuad Sohoku yang baru
Yowamushi Pedal season 3 sendiri memiliki 25 episode yang sudah ditayangkan mulai Januari 2017 hingga Juni 2017. Bisa dibilang tidak cukup lama. Pengisi suaranya sendiri sepertinya masih tetap tidak berubah.

Apabila Anda langsung menonton season 3 ini, Anda akan tetap dapat mengikuti alur cerita anime ini karena memang generasinya sudah berubah. Meski generasi sudah berganti, peran utama tetap dimainkan oleh Onoda Sakamichi.

Season ketiga ini merupakan kelebihan yang dimiliki Yowamushi Pedal dibanding anime genre olahraga lainnya. Mengapa? Karena biasanya jika karakter utama sudah juara maka anime tersebut sudah tidak ada lanjutannya. Berbeda dengan Yowamushi Pedal, dimana Onoda sekarang menuju kejuaran keduanya dan ia sekarang menjadi senior yang otomatis harus membimbing adik kelasnya. Menarik, bukan?!

Spoiler alert!!! Peringatan bagi Anda yang tidak suka spoiler, maka jangan lanjutkan membaca artikel ini. Namun apabila Anda penasaran dan ingin mengetahui jalanya cerita season ketiga maka silahkan lanjutkan baca artikel ini. Kami membagi alur cerita sesuai episode yang ada.

[Baca juga : Alur Cerita Yowamushi Pedal Season 1]

Episode 1
sepeda baru imaizumi dengan gear elektrik sehingga perpindahan gigi terasa cepat. Sedangkan sepeda baru Onoda memakai bahan karbon yang beratnya setengah dari sepeda berbahan chromoly dan sepeda baru Naruko memiliki pelek roda yang terbaut dari karbon sehingga angin yang biasanya menjadi penghalang bagi sprinter akan diubah menjadi tenaga pendorong.

Makishima tiba-tiba keluar dari klub dan sekolah. Padahal sekolah belum selesai. Ternyata ia harus pindah ke luar negeri menyusul dan membantu kakaknya yang ada di Inggris. Di episode ini juga posisi kapten berpindah ke pundak Teshima Junta murid kelas 2 yang akan naik kelas 3.

Episode 2

Yang menarik di season 3 ini adalah perpindahan posisi skuad Sohoku yang otomatis berkurang pasca lulusnya anak-anak kelas 3. Kita tahu anak kelas 3 memiliki peran penting dalam tim seperti Makishima (climber), Jin (sprinter), dan sang kapten Kinjou (ace). Murid kelas 2 yang tidak ikut kurang menonjol yaitu Teshima dan Aoyagi ternyata memiliki peran penting di season ketiga ini. Posisi Teshima adalah climber atau pendaki, sedangkan Aoyagi adalah ace.

Di akhir episode akan muncul scene sekolah terbaik dalam balap sepeda yaitu SMA Hakone. Mereka yang juga memiliki murid kelas 3 juga segera berfikir siapa pengganti. Yang menarik, ada rapat kecil di skuad Hakone saat Inter-High kemarin. Mereka membahas penyebab kekalahan mereka. Sang kapten menyadari bahwa Kinjou telah menyiapkan anggota tak terduga (Onoda) untuk membuyarkan prediksi Hakone.

Episode 3

Di episode ini mulai menarik karena sudah ada perlombaan yaitu balapan Minegayama yang artinya balapan jalanan menanjak. Sohoku mengirim 3 orang yaitu Onoda, Teshima, dan Imaizumi. Onoda menyita perhatian banyak pembalap karena ia lah juara kategori umum Inter High kemarin. Yang membuat lomba ini menarik karena ikut sertanya anggota SMA Hakone kelas 2 yaitu Ashikiba.

Ashikiba memiliki postur jangkung dan dikenal dengan metronome dancing. Ia menjadi kuat dengan cara mengimajinasikan lagu Beeethoven. Lagu Beethoven menjadi pemicuna karena ia menyukai piano. Yang mengejutkan, Teshima dan Ashikiba adalah teman satu tim balap sepeda saat berada di SMP. Terjadilah duel antara dua sahabat lama.

Episode 4

Pemenang balapan Minegayama adalah Onoda. Meski Teshima sempat mengejar Ashikiba, namun ia tidak memiliki bakat. Di sisi lain berkat kegigihan Teshima, Onoda merasa bersemangat dan berhasil mengalahkan Ashikiba. Di episode ini, akan dipaparkan masa lalu Ashikiba.

Di flashback nya, Ashikiba sudah masuk tim balap sepeda ketika kelas 1. Namun karena tubuhnya yang jangkung, ia gagal memaksimalkan dirinya sehingga hanya menjadi tukang cuci di tim. Ashikiba berhasil menembus skuad utama berkat bantuan dan saran dari kapten yaitu Fukutomi. Menurutnya, Ashikiba harusnya memaksimalkan potensi dan mengayuh sepeda dengan gayanya sendiri.

Episode 5

Sugimoto memiliki adik yang berada satu tingkat tepat di bawahnya bernama Sadatoki. Sadatoki sangat menyukai sepeda dan berharap bisa masuk ke tim Sohoku. Sadatoki berperawakan besar dan kuat mirip Jin, atau mungkin lebih besar. Saat menggunakan 3 roller, Sadatoki dapat menjaga keseimbangan.

Saat latihan bersama, Sadatoki mengecewakan karena terlihat buruk dan gaya bersepedanya mirip dengan Sugimoto. Yang paling kecewa adalah Imaizumi karena ia bertekad menemukan anggota baru kuat sehingga bisa bersaing di Inter High berikutnya. Namun Kapten Teshima melihat Sadakoti punya potensi tersembunyi yaitu Sinkronisasi. Dan ternyata benar, Sadatoki berhasil meniru gaya Onoda denga sempurna meski hanya beberapa detik saja.

Di scene lain, Naruko bimbang dengan ucapan Imaizumi. Apa yang diucapkan Imaizumi kepada Naruko? Imaizumi berkata bahwa Naruko harus berubah menjadi climber juga. Artinya Naruko tidak bisa hanya sebagai sprinter murni. Ia harus menjadi all role. Naruko bingung karena sprinter adalah tujuan utamanya saat memasuki dunia sepeda.

Kebingungan itulah yang membuatnya pulang ke Osaka sekaligus menemukan alasan serta ketetapan apakah ia akan terus berusaha menjadi sprinter atau berubah menjadi all role. Di lintasan latihan dekat pelabuhan Osaka, ia ditantang tiga pembalap. Pertama Kakimoto Ryudai dari SMA Handai dan menang. Kedua Daitsubu Takeshi dari SMA Nara Sanri dan menang.

[Baca juga : Cerita Anime Yowamushi Pedal Season 2]

Episode 6

Penantang ketiga mulai seru. Naruko ditantang oleh Midousuji dari SMA Kyoto Fushimi. Midousuji merupakan antagonis yang mencolok di season satu dan dua. Balapan seru pun terjadi. Dengan lintasan sepanjang 6 km, mereka mempertaruhkan segalanya. Kalau Naruko menang, ia tetap menjadi sprinter dan jika kalah ia berhenti jadi sprinter. Sedangkan Midousuji jika kalah akan bergabung dengan Sohoku.

Duel seru terjadi. Duel ini ternyata menjadi pemicu kebangkitan gaya baru dari Midousuji. Meski sempat ketinggalan, namun di lap terakhir Midousuji berubah menjadi lebih cepat. Naruko kalah.

Episode 7

Fun Ride tradisi Hakone akan diakadan. Fun Ride adalah balapan perpisahan anggota klub kelas tiga. Balapan internal ini juga sebagai simbol bahwa generasi penerus harus lebih kuat. Artinya anak kelas 3 akan melawan kelas satu dan dua. Oh iya, kapten Hakone sudah berpindah dari Fukutomi ke Izumida si kelas dua.

Di Fun Ride ini Tim Izumida, kuroda, Manami, dan Ashikiba akan melawan tim Fukutomi, Arakita, Toudou, dan Shinkai. Satu tim terdiri dari 6 anggota utama. Berarti masih dua lagi yang misteri. Format tim SMA Hakone adalah Ashikiba (Ace), Kuroda (assistant), Manami (climber), dan Izumida (sprinter).

Episode 8

Masih di Fun Ride SMA Hakone. Di lintasan sprint, Izumida berhasil melampaui Shinkai. Di jalur pendakian, Toudou masih terlalu kuat bagi Manami. Sempat dijelaskan kalau Manami masih frustasi akibat kekalahan melawan Onoda. Namun Toudou berhasil menenangkan Manami.

Di lintasan finish, Kuroda bersaing denga Arakita dalam hal menarik Ace. Kuroda berhasil memimpin di belokan terakhir. Kuroda ternyata teman masa kecil Izumida. Kuroda dikenal sebagai jenius olahraga. Ia ahli dalam berbagai olahraga. Bahkan juara dstrik dengan tim basket dan bisbol. Namun di klub sepeda Hakone, ia menemui jalan terjal bernama Arakita. Di balapan menuju finish, Ashikiba berhasil mengalahkan Fukutomi.

Episode 9

Kelas baru telah dimulai! Onoda dkk sudah resmi menjadi murid kelas 2. Murid-murid baru mulai masuk di Sohoku. Begitu juga dengan klub balap sepeda. Semenjak menjadi juara Inter High, banyak yang mendaftar. Selain Sadatoki yang sempat dikenalkan di episode sebelumnya, ada beberapa murid satu yang menarik yaitu Kaburagi Issha dan Danchiku Ryuhou.

Di sini lah siapa yang akan menjadi anggota keenam dari tim Sohouku karena sudah tersisi lima yaitu Teshima, Aoyagi, Onoda, Imaizumi, dan Naruko. Anggota keenam akan ditentukan dengan balapan antar murid kelas satu sebagaimana yang pernah dilakukan Onoda dkk.

Ada yang menarik yaitu Sugimoto yang merupakan kelas 2 mengikuti balapan kelas satu. Ia ikut karena ia bukan lah anggota utama sehingga siapa yang jadi juara satu di balapan ini akan masuk di skuad utama.

Episode 10

Duel balapan kelas satu masih berlangsung. Pertarungan sengit antara Sugimoto dan pasangan Issa-Danchiku. Sugimoto sempat memimpin. Namun pasangan Issa-Danchiku tidak tinggal diam. Mereka berdua kuat. Sebelum masuk di SMA Sohoku, mereka memperkuat tim SS.

Tim SS (Speed Shoot) adalah salah tim balap sepeda terkuat di distrik Chiba. Distrik yang sama yang dihuni SMA Sohoku. Tim SS diisi oleh umum mulai dari SMP hingga dewasa. Setiap bulannya terjadi perombakan skuad utama yang terdiri dari 15 orang dan Issa-Danchiku berhasil masuk dalam 15 anggota itu ketika masih SMP.

Sugimoto pun tersusul karena ia sendirian melawan duet Issa-Danchiku. Beruntung, adiknya, Sadatoki berhasil mengejar dan memabantu Sugimoto. Mereka berdua pun berhasil mengejar dan berada dalam posisi yang sama sata berada di lintasan puncak gunung.

Episode 11

Duel balapan kelas satu memasuki babak akhir. Seperti yang diduga, Sugimoto finish di urutan kedua dan Issa berhasil menjuarainya. Otomatis, ia menjadi anggota keenam tim Sohoku. Seusai melewati garis finish, momen mengharukan terjadi. Sugimoto mengira ia juara dan tidak menyadari teriakan Issa. Ia pun gembira. Namun Onoda dkk memasang muka sedih. Di sini lah Sugimoto terlihat dewasa. Atau lebih tepatnya, pintar menyembunyikan emosi. Ia sangat kecewa namun ia berpura-pura seperti orang bodoh.

Selain balapan kelas satu, Kinjou yang sudah mahasiswa masuk di Universitas Younan bersama Arakita. Sedangkan  Fukutomi di universitas Meisou. Dan informasi lokasi Inter High sudah diumumkan. Jika musim lalu, Inter High diadakan di lintasan Hakone (SMA  Hakone) maka musim ini dilakukan di lintasan Nikkou Irahazaka yang tanjakannya dua kali lipat daripada Hakone.

Episode 12

Lomba lagi. Kali ini babak penyisihan Inter High cabang distrik Chiba. SMA Sohoku sebagai juara bertahan nasional tentu akan mengikuti dan berusaha lolos dalam babak ini. Namun sayang ada satu masalah. Yaitu murid baru alias Kaburagi Issa. Ia masih baru dan belum memiliki tekad Sohoku. Itulah yang dipirkan kapten Teshima.

Dan masalah itu teratasi di lomba kali ini. Issa yang bannya bocor di putaran pertama kaget dan marah terhadap Onoda dkk yang malah menunggunya. Paahal harusnya mereka tetap berada di depan. Itulah tim Sohoku. Mereka tidak bersepeda sendirian, melainkan bersama-sama enam orang.

Hasilnya, Issa berhasil meraih nomor satu berkat dukungan yang lain. Issa sudah mengerti akan gaya bersepada tim Sohoku meskipun ia mulai tidak akur dengan Imaizumi dan Naruko. Di akhir episode, ditampakkan tim Kyoto Fushimi dan Hakone. Untuk Hakone, sudah lengkap enam orang hanya belum disebutkan namanya.

Episode 13

Muncul lagi karakter baru. Kali ini dari tim Sohoku. Ternyata di tim balap Sohoku yang sekelas dengan Teshima memperlihatkan kemampuannya. Setelah memastikan ikut Inter High, Sohoku berlatih di kamp pelatihan. Dan peraturannya, siapa yang masuk 6 besar akan menjadi skuad inti. Artinya semuanya belum pasti jadi tim inti.

Itu lah yang diincar Koga. Koga yang biasanya menjadi teknisi klub balap sepeda, kali ini ikut kamp pelatihan dan menantang Teshima. Koga dan Teshima akan berebut siapa yang akan menjadi kapten tim Sohoku.

Episode 14

Duel antara Koga dan Teshima diibaratkan duel pembalap berbakat melawan pembalap biasa. Masa lalu Koga terkuak. Saat masih kelas satu, ia sudah menjadi harapan dari Tim Sohoku bahkan ikut dalam kejuaran Inter High. Namun saat kamp pelatihan, ia mengalami cedera padahal sudah 900 km. Koga yang mendapat julukan si Bodoh Berstamina, malah terus melaju hingga akhirnya cedera parah di jarak 980 km.

Saat Inter High (yang diadakan di Hiroshima) pun, ia masih keras kepala. Puncaknya, saat Kinjou mengalami cedera akibat bentrok lawan Fukutomi (flashback di season 1), Koga tetap ngotot menggantikan Kinjou sebagai Ace padahal Jin dkk sudah melarangnya. Walhasil, ia malah gagal finis dan mengalami cedera parah hingga istirahat lebih dari setahun.

Lalu siapa pemenang antara Teshima dan Koga? Yup, seperti yang saya duga, Teshima berhasil mengalahkan bakat Koga. Mungkin kekalahan Koga terjadi akibat kesombongannya. Ya walaupun ia tidak terlalu sombong, hanya memanas-manasi situasi. Dan dulunya Koga dan Teshima merupakan teman baik.

[Baca juga : 10 Dewan Elit Totsuki Era Kepala Sekolah Nakiri Erina]

Episode 15

Di kamp pelatihan Sohoku, muncul dua orang dari SMA Kyoto Fushimi. Siapa lagi kalau bukan Midousuji dan Komori. Midousuji sudah tidak asing. Yang menarik adalah Komori yang dapat mendeteksi kekuatan otot seseorang dengan menyentuh tubuh seseorang.

Komori sangat suka memijat di klub balap sepeda Kyoto Fushimi, namun yang ia incar adalah melatih dan melihat kekuatan otot seseorang. Komori bertemu dengan Onoda dan sempat meremehkan Onoda. Tetapi saat memegang tubuhnya, ia kaget dan menyadari otot Onoda sangat kuat.

Episode 16

Balap Inter High bersiap dimulai! Inter High akan diadakan di Utsunomiya. Baru mulai balapan saja, suasana sudah memanas. Dimulai dari Naruko yang mendatangi tenda SMA Kyoto Fushimi dan kembali menantang Midousuji. Disusul Issa yang semangatnya dilemahkan oleh sang Monster lintasan dari SMA Hakone, Doubashi.

Menurut Doubashi, SMA Sohoku menang karena beruntung dan Sohoku bukanlah tim terkuat. Fakta tersebut membuat Issa ragu dan bertanya-tanya apakah itu benar? Apakah Onoda yang menjadi idolanya, bukanlah pembalap terhebat se nasional?

Episode 17-25

Yosh. Balap Inter High telah dimulai. Inter High kedua bagi Onoda dan juga pertama kali sebagai juara bertahan. Sanggupkah Sohoku mempertahankan mahkotanya? untuk episode 17 hingga 25 ini sengaja tidak kami tulis semua karena memang cukup panjang. Intinya, episode ini memuat persaingan di hari pertama Inter High yaitu perebutan first result dan area pegunungan. Sedangkan garis finish akan dilanjutkan di season keempat.

[Baca juga : Pasangan-pasangan Serasi Yukihira Souma di Shokugeki no Souma]

Di episode 17-25 ini menyajikan persaingan yang mungkin sedikit agak tidak diduga. Beberapa yang menurut saya menarik atau tidak diduga adalah pertama Hakone memiliki rencana melenyapkan Onoda, kedua Teshima mengejar Manami, ketiga Onoda mulai dewasa, dan keempat Tachibana yang menyemangati Onoda.

Mengapa yang keempat mengherankan? Karena sejak awal penonton, termasuk saya, pastinya melihat berapa banyak scene kedekatan Onoda dan Kanzaki sang manajer. Tetapi malah di season ketiga ini, Kanzaki mendukung Tachibana Aya dekat dengan Onoda. Walah. Bagaimana menurut Anda, lebih suka Onoda x Kanzaki atau Onoda x Tachibana? Silahkan tulis di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar