Kamis, 14 September 2017

Memasang Iklan In-Article Ad di Blog

Salah satu cara menambah iklan selain menambah widget AdSense adalah dengan memasang iklan di dalam artikel atau postingan kita. Iklan di dalam artikel itu dalam situs AdSense di sebut In-article Ad. Lalu bagaimana cara memasangnya? Berikut ulasannya.

Sebenarnya saya sedikit agak malas menulis judul demikian. Mengapa? Karena judul atau tema demikian sudah banyak ditulis. Misalnya coba Anda ketik di mesin telusur dengan kata kunci "memasang iklan di postingan blog", maka Anda akan menemukan hasil pencarian yang begitu banyak.
Lalu kenapa saya memposting artikel ini? Tujuan saya adalah untuk mengimbangi kata kunci yang tadi. Maka saya berfikir untuk menulis artikel berjudul "memasang iklan In-Article di Blog". Jika Anda mencari cara memasang di postingan blog, maka Anda akan dianjurkan untuk mengubah atau menambahkan kode-kode di HTML blog Anda.

[Baca juga : Mengatasi Masalah Kesalahan Menerapkan Widget AdSense]

Di sisi lain, bagi pengguna template asli atau bawaan blogger seperti saya (Cerita Madya), cara yang diulas dalam artikel tersebut tidak berdampak saat dilihat di ponsel atau tampilan mobile. Bahkan situs ini sempat tercecer tampilannya akibat penambahan kode-kode HTML di template blog.

Mungkin cara tersebut dapat efektif digunakan bagi pengguna template responsif atau template yang berbayar. Oleh karena itu, saya lebih memilih cara alami yang disajikan tim AdSense sendiri.

Cara Memasang Iklan di Dalam Postingan Blog

Ada kelebihan dan kelemahan jika kita menggunakan cara alami ini dibandingkan cara edit HTML template. Nanti akan saya jelaskan di akhir. Langsung saja. Berikut adalah cara memasang iklan in-article ad di blog atau memasang iklan di postingan blog.

1. Buka akun AdSense Anda.

2. Bila Anda sudah Log-in (masuk), maka silahkan tekan tab My Ads (iklan saya)

3. Lalu klik Content (konten) dan selanjutnya klik
4. Jika Anda sudah melaksanakan langkah ketiga, Anda akan dibawah ke tampilan di bawah ini. Maka silahkan Anda pilih gambar In-articel ads

Memasang Iklan di Dalam Postingan Blog
5. Selanjutnya Anda dapat mengubah tampilan iklan tersebut atau Anda dapat membiarkannya secara otomatis. Lalu klik

6. Lalu salin kode iklan Anda dengan menekan tulisan Copy Code Snippet

7. Sekarang buka akun blog Anda dan silahkan tempel kode iklan tersebut di postingan Anda. Ingat, tempel kode tersebut di mode HTML postingan Anda. Selesai.

[Baca juga : AdSense Diterima September 2017]

Kelebihan dan Kelemahan

Setelah Anda mempraktekkan cara di atas, tentu Anda akan bertanya apakah di setiap postingan harus ditempelkan kode tersebut? Jawabannya iya benar. Setiap Anda menerbitkan artikel, maka Anda harus menempelkan kode iklan tersebut. Jadi itu tidak otomatis. Itulah salah satu kelemahannya.

Cara yang saya bagikan ini (cara alami) berbeda dengan cara yang biasanya diposting oleh blogger lain yang secara otomatis muncul di setiap artikel. Saya sendiri sudah mencoba cara otomatis tersebut namun malah tampilan blog ini menjadi agak kurang rapi.

Menggunakan cara alami ini memiliki keuntungan bagi pengguna template bawaan Blogger yaitu iklan di dalam artikel dapat muncul saat dilihat di ponsel. Sedangkan cara otomatis hanya menampilkan iklan di dalam artikel saat mode dektsop, tidak saat mode mobile.

Keuntungan lain, Anda dapat menambahkan beberapa iklan sekaligus dengan syarat tidak melebihi konten. Saya sendiri pernah memasang 4 iklan di dalam artikel dan tetap muncul saat dilihat di versi mobile. Sedangkan kalau dilihat versi dekstop, aturannya tidak boleh dari 3 iklan sehingga dari 4 iklan yang muncul hanya 3.
Anda yang saat ini membuka dengan ponsel, tentu dapat melihat iklan di tengah-tengah artikel ini bukan? Inilah salah satu contoh hasil cara alami memasang iklan di tengah-tengah postingan blog.

Demikian cara yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat. Silahkan bertanya di kolom komentar apabila tidak dipahami. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar