Rabu, 13 September 2017

Dari Bungurasih Ke Osowilangun

Rute dari Bungurasih ke Osowilangun. Rute Bungur ke Gresik. Bagi Anda yang menyukai perjalanan dengan angkutan umum. Pada artikel ini, akan kami ulas rute atau cara pergi dari Terminal Bungurasih ke Terminal Osowilangun Surabaya. Simak ulasan berikut ini.

Ini adalah informasi mengenai daerah Surabaya dan sekitarnya. Berangkat dari pengalaman saya yang kebetulan sedang menjelajahi kota pahlawan ini. Informasi yang akan kami ulas insya Allah sesuai dengan tahun sekarang yaitu 2017.

Cara Rute Bungurasih - Osowilangun
Sebelum kami ulas, Anda perlu sedikit mengenal tentang dua tempat yang dibahas di sini yaitu Terminal Bungurasih dan Terminal Osowilangun.


Terminal Bungurasih

Terminal Bungurasih ini bukan nama sebenarnya. Nama Bungurasih diambil dari desa tempat terminal ini didirikan dan nama yang sering disebut oleh warga sekitar. Nama sebenarnya adalah Terminal Purabaya Surabaya. Meski dinamakan Surabaya, nyatanya letak terminal ini justru di Kabupaten Sidoarjo.

Di Wikipedia disebutkan bahwa terminal ini merupakan terminal terbesar se Asia Tenggara. Namun menurut saya tidak tepat, karena kalau besar berarti yang dihitung adalah luasnya. Padahal kalau bicara luas, maka terminal Pulogebang lah yang terbesar. Bayangkan luasnya adalah 12,5 hektar.

Menurut saya, Terminal Bungurasih pantas disebut sebagai terminal tersibuk se Asia Tenggara. Bagi Anda yang pernah di sana, tentu Anda melihat bus yang setiap menit masuk keluar di terminal tersebut. Meskipun sibuk, terminal ini malah tidak terkesan kumuh dan membosankan. Kebersihan dan kenyamanan penumpang diperhatikan di sini.

JulukanTerminal ini telah dikembangkan sedemikian rupa hingga memberikan kenyamanan bagi penumpangnya. Dibangunnya jembatan yang menghubungkan antar bus menjadikan para penumpang tidak bingung memilih bus tujuannya. Ditambah beberapa petugas yang ramah dan mudah ketika ditanyai semakin membuat nyaman.

Sedangkan untuk rute bus, Anda dapat pergi sejauh mungkin dari ke ibukota Jakarta hingga Mataram yang terletak di Propinsi Nusa Tenggara Barat. Akses ke bandara juga mudah dengan adanya bus khusus bandara.

Terminal Tambak Oso Wilangun

Loh, di judul tertera Osowilangun tetapi kok ini Tambak Oso Wilangun? Saya menggunakan gabungan kata Osowilangun di judul untuk mempermudah para pembaca mencari judul ini. Nama sebenarnya adalah Terminal Tambak Osowilangun.

Terminal Tambak Oso Wilangun biasa disingkat menjadi Terminal TOW. Ingat TOW, bukan OTW ya. Terminal TOW ini terletak di Kelurahan Tambak Osowilangun Benowo Surabaya. Jadi sangat dekat dengan Kabupaten Gresik.

Suasanya di terminal ini bisa dibilang tidak sepadat Bungurasih. Ya iya lah, secara lokasi terminal TOW ini berada jauh dari pusat ekonomi atau pusat kota. Pemkot berupaya mendongkrak penumpang salah satunya dengan membangun PIOs (Pasar Induk Oso Wilangun).

Rute yang disediakan di terminal ini juga cukup beragam namunkebanyakan mengarah ke jalur pantura (pantai utara) seperti Babat, Bojonegoro, Tuban, Pati, hingga Semarang

Tipe Kedua Terminal

Sependek yang saya tahu, Terminal TOW ini juga merupakan terminal tipe A kedua setelah Bungurasih. Jadi di Surabaya, ada 2 terminal tipe A yaitu Terminal Bungurasih dan Terminal Tambak Oso Wilangun.

Apa itu terminal tipe A? Tipe terminal dibagi menjadi 3 kelas, yaitu A, B, dan C. Terminal tipe A biasa disebut terminal induk menyediakan angkutan hingga antar kota antar propinsi (AKAP). Misalnya bus yang jurusan Surabaya ke Jakarta itu termasuk AKAP.

Kalau terminal B cukup AKDP yaitu Angkutan Kota Dalam Propinsi contohnya Surabaya ke Malang. Sedangkan tipe C hanya angkutan kota saja.

Dari Bungurasih ke Osowilangun

Sekarang bagaimana caranya pergi dari Terminal Bungurasih ke Terminal Tambak Oso Wilangun atau sebaliknya? Mudah saja. Ada beberapa alternatif yang bisa Anda coba :

  1. Bus Kota P6. Anda dapat memanfaatkan bus kota yang mudah dan murah meriah. Bus Kota P6 ini bisa Anda temukan di dalam terminal. Bus Kota ini menempuh jalur Jalan Diponegoro. Adapun tarif angkutan antara Rp 7.000 hingga Rp 8.000
  2. Bus Kota P8. Bus Kota P8 adalah bus kota kedua yang dapat Anda manfaatkan. Bedanya dengan P6, bus P8 ini langsung menggunakan jalur tanpa hambatan alias jalan tol. Tarif yang dihabiskan antara Rp 8.000 hingga Rp 10.000 
  3. Ojek. Cara terakhir ini dapat Anda gunakan kapan saja. Hanya harga tentu lebih mahal. Tarif harga juga bergantung kondisi siang atau malam hari. Pernah sekali ojek hingga Rp 50.000 pada waktu malam hari pukul 11 malam.
Demikian ulasan mengenai rute atau angkutan dari Bungurasih ke Osowilangun. Sebenarnya ada beberapa rute atau cara lain dari 3 cara di atas, namun agak sedikit menyulitkan bagi Anda yang masih baru di Surabaya.

Adapun mengenai tarif atau biaya, kami tidak dapat memastikan karena semuanya itu tergantung dari pihak angkutan masing-masing. Terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar