Jumat, 11 Desember 2020

Cara Install Aplikasi Quran Kemenag in Word Add-Ins

Cara Install Quran Indonesia in Word Add-Ins | Cara Pasang Aplikasi Quran Indonesia in Word Add-Ins | Bagi Anda yang seringkali mengutip ayat al-Quran ketika mengetik di Microsoft Word, tentu tidak asing dengan aplikasi Quran In Word. Dari beberapa aplikasi Quran in Word yang ada, berikut ini adalah cara meng install Quran in Word untuk Mushaf Indonesia atau biasa disebut Quran Kemenag RI

Dengan meng install aplikasi Quran in Word setidaknya memberikan kemudahan dalam mengutip ayat-ayat al-Quran baik dalam bentuk bahasa Arab maupun terjemahan bahasa Indonesia nya. Sependek yang Madya tahu ada dua jenis Quran in Word yang cukup populer.

[BACA JUGA : Membuat Artikel di Tampilan Blogger Baru ]

Pertama adalah Quran In Word yang berisikan quran dengan model penulisan timur tengah. Sedangkan yang kedua adalah Quran in Word yang disediakan oleh pihak Kemenag (Kementrian Agama) yang berisikan quran dengan model penulisan mushaf Indonesia.

Ada juga quran yang model penulisan quran madinah, namun bukan berbentuk Quran in Word. Dan menggunakan aplikasi yang terpisah dari Microsoft Word namun tetap ada integrasi. Sedangkan untuk Quran in Word mushaf atau quran madinah, setahu Madya masih belum tahu.

Lalu bagaimana cara meng install aplikasi Quran in Word Add-Ins untuk Quran Kemenag? Berikut langkah-langkahnya. 

Langkah Ke-1

Silahkan kunjungi situs Lajnah Kemenag dan menuju ke situs unduhan nya. Atau Anda bisa langsung klik di sini.

Langkah Ke-2

Di sana terdapat beberapa pilihan file untuk di unduh. Silahkan cari dan pilih "Download Qur'an Kemenag In Word Add-Ins"

Langkah Ke-3



Setelah selesai mengunduh file, file yang terunduh berbentuk Rar/Zip sehingga harus diekstrak terlebih dahulu

Langkah Ke-4

Setelah di ekstrak, di dalam file tersebut terdapat 3 file, yaitu Quran Kemenag In Ms Word untuk 32 bit, Quran Kemenag In Ms Word untuk 64 bit, dan file pdf terkait aplikasi Quran Kemenag In Ms Word termasuk tata cara penggunaan nya.

Jika Anda tidak tahu aplikasi Microsoft yang Anda gunakan termasuk jenis apa, silahkan lihat di About Word atau Help. Di kasus Madya sendiri, menggunakan Microsoft Word 2010. Lalu cara mengecek di Ms Word 2010 adalah dengan membuka aplikasi Word nya, lalu klik tab FILE lalu pilih HELP. Di situ sudah tertulis apakah 32 bit atau 64 bit.

Langkah Ke-5

Silahkan pilih dan klik aplikasi Quran Kemenag In Ms Word yang sesuai dengan bit laptop atau komputer Anda. Madya menggunakan Quran Kemenag In Ms Word untuk 64 bit.

Langkah Ke-6

Setelah di klik file nya, akan muncul pengaturan instalasi dan silahkan klik Next, lalu Next lagi. Untuk proses instalasi sendiri juga membutuhkan koneksi internet karena akan mengunduh data tambahan sebesar kurang lebih 38 MB.

Langkah Ke-7

Setelah selesai mengunduh data tambahan, klik Next lagi dan akan otomatis meng ekstrak file yang ada.

Langkah Ke-8

Setelah itu akan muncul jendela baru dan silahkan centang "I have read and accept the licences terms" lalu klik Install. Silahkan ditunggu. Di sini lama tidaknya tergantung kecepatan internet Anda. Dan yang diunduh adalah tools untuk visual microsoft nya.

Langkah Ke-9

Setelah selesai mengunduh, akan muncul jendela tambahan. Kali ini sudah memasuki tahap akhir. Silahkan klik Next lalu Install.

Langkah Ke-10

Setelah selesai install, klik finish dan jendela akan tertutup. Selanjutnya silahkan buka aplikasi Microsoft Word Anda.

Langkah Ke-11

Saat memasuki Microsoft Word, akan muncul pemberitahuan Publisher not Verified. Pilih dan klik Install. Selesai.

[BACA JUGA : Cara Menonaktifkan Fitur Guest Mode di Facebook Messenger]

Pada langkah kesebelas, seharusnya instalasi sukses dan aplikasi Quran Kemenag nya bisa dijalankan. Untuk mengecek apakah aplikasi Quran Kemenag nya berjalan lancar, silahkan tutup aplikasi Microsoft Word dan buka kembali.



Saat memasuki Microsoft Word, harusnya tab Quran Kemenag ada diantara tab-tab lainnya seperti tab Home, Insert, Page Layout, dan lain-lain. Jika tidak muncul tab Quran Kemenag, maka perlu langkah-langkah tambahan sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi Microsoft Word

2. Klik File

3. Pilih Options

4. Muncul jendela Options, pilih tab Add-Ins

5. Di antara sekian banyak list Add-Ins, cari dan pilih Quran Kemenag In Ms Word

6. Setelah di klik, di bagian bawah klik Go

7. Muncul jendela, lalu beri centang di kolom Quran Kemenag In Ms Word

8. Klik OK

Selesai. Cukup mudah, bukan?! Jika masih ada yang belum dipahami atau apabila ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Atau Anda juga bisa membaca panduan instalasi yang disediakan pihak Kemenag yang sudah satu paket dalam aplikasi Rar atau Zip nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar