Minggu, 15 Oktober 2017

Mengatasi Komentar Tidak Muncul di Blog Versi Mobile

Kolom Komentar Blog Tidak Muncul di HP | Tidak Bisa Komentar di Blog Versi HP | Siapa yang tidak senang jika seseorang memberi komentar di blognya. Apalagi jika cara memasukkan komentar semakin mudah. Namun, muncul masalah saat kita tidak bisa memasukkan komentar di blog versi mobile

Berikut ini adalah pengalaman pribadi saya si Madya. Masalah tidak munculnya kolom komentar di blog versi mobile memang membuat saya cukup heran. Padahal biasanya saat membuat blog baru, semuanya berjalan aman-aman saja.

[Baca juga : Favicon Blog tidak muncul di Speed Dial Opera Android]

Masalah Template

Kejadian ini saya menyimpulkan bahwa masalah kadang muncul jika kita tidak menggunakan template asli milik blogger alias memakai template buatan orang lain. Kalau Anda syukur-syukur bisa membuat template sendiri itu lebih bagus.

Berarti saya memakai template orang lain? Benar. hehehe saya sendiri masih belajar cara membuat template sendiri secara otodidak. Lalu template mana yang menjadi masalah? Saya menggunakan salah satu template milik seorang blogger terkenal yaitu Mas Sugeng. Anda bisa mengunjungi tampilan templatenya di sini.

Saya kasih link supaya blog nya Mas Sugeng tambah ramai. Hitung-hitung sebagai balas jasa karena sudah memakainya secara gratis. Anda juga bisa mengunduhnya. Caranya silahkan cari di situs pencarian dengan kata kunci "Mas Sugeng 2015 Template". Di sana sudah banyak para blogger lain yang mempostingnya.

Loh, bukannya template yang digunakan Cerita Madya berbeda dengan template Mas Sugeng tadi? Iya memang berbeda. Template di blog Cerita Madya merupakan template asli bawaan Blogger. Sedangkan yang menggunakan template milik Mas Sugeng tadi bisa dilihat di sini.

Anda bisa lihat komentar sudah muncul di blog Maktabah Yahya. Padahal sebelumnya komentar tidak muncul dan kecepatan loading blognya lumayan lama. Jadi bagi Anda yang menggunakan template sama, semoga artikel ini dapat membantu. Lalu bagaimana cara memunculkannya?
Cara Mengatasi Komentar Blog Tidak Muncul

Saat masalah ini muncul, saya langsung berinisiatif untuk memposting solusi masalah ini. Namun sebelumnya perlu dicek dahulu, apakah sudah ada artikel sejenis atau belum ada. Ternyata sudah ada, meskipun masalah template berbeda.

Cara-caranya berbeda tetapi cukup mirip. Dari sini, Cerita Madya pun berusaha mencoba cara lainnya. Cara mengatasi komentar blog yang tidak muncul di versi mobile untuk template Mas Sugeng 2015 adalah sebagai berikut :

1. Buka Akun Blogger Anda dan buka tab Tema lalu klik Edit HTML

2. Lalu cari kode berikut /* COMMENT */

3. Jika sudah ketemu, di dalam kode /* COMMENT*/ tersebut di bawahnya terdapat kode </style>

Perlu diperhatikan bahwa kode </style> jumlahnya tidak hanya satu, jadi pastikan kode tersebut berada di dalam kode /* COMMENT */

4. Jika sudah ketemu, silahkan salin kode berikut dan letakkan di atas kode </style> tadi.

.blogger-iframe-colorize {display: block !important; }

Demikian cara mengatasi komentar tidak muncul di blog versi mobile. Jika Anda memakai template yang sama yaitu Mas Sugeng 2015 Template, saya sudah praktekkan dan berhasil. Tetapi jika template yang digunakan berbeda, saya belum pernah bereksperimen.

Namun, saya kasih saran untuk menggunakan langkah-langkah yang sama seperti di atas. Hanya saja, di langkah kedua, nama kode nya kadang berbeda. Bisa berbentuk /* KOMENTAR */ atau /*- - - COMMENTS - - -*/ dan lain sebagainya. Jadi Anda harus jeli melihat kode CSS untuk komentar blog Anda.

Semoga bisa membantu, terima kasih atas kunjungannya. Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki saran, Anda bisa tulis di kolom komentar di bawah ini. Keep respect!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar