Senin, 10 September 2018

Cara Menambahkan Subtitle Permanen di Video

Tutorial Sub Permanen Video | Cara Subtitle Permanen | Apakah Anda merasa kesulitan jika, setiap menonton sebuah film, Anda harus menempelkan subtitle setelah memutar film? Berikut ini adalah cara menambahkan subtitile secara permanen di video atau film

Ini adalah artikel yang membahas cara menempelkan subtitle ke video secara permanen. Kadang ada juga sebagian besar orang yang tak ingin repot-repot membuat subtitle permanen karena beberapa alasan dan alasan utama adalah waktu.

[Baca juga : Jadwal MPL Indonesia Season 2]

Sebelum membahas lebih jauh, subtitle dibagi menjadi dua macam jika dilihat dari segi tempel tidaknya. Pertama adalah Softsub/soft subtitle. Anda mungkin sering melihat atau membaca istilah ini. Karena biasanya film-film HD memakai soft sub.

Apa itu Softsub? SoftSub adalah subtitle yang terpasang di video atau film bukanlah subtitle permanen. Saat mengunduh sebuah RAR film, di dalamnya ada dua file yaitu file film itu sendiri dan file subtitle nya.

Jenis kedua adalah hardsub. Hardsub inilah yang disebut sebagai subtitle permanen. Karena bersifat permanen, Anda tidak usah repot-repot memasang subtitle nya. Namun disisi lain, kelemahan sub permanen adalah tidak dapat diubah atau diedit lagi.

Nah, kelebihan sub permanen, seperti yang dijelaskan di atas adalah Anda akan menonton film dengan mudah karena tak perlu repot-repot memasang lagi. Kekurangannya, Anda tidak bisa mengubah kata-kata dalam subtitle.

Dan juga kekurangan yang mungkin menjadi dasar alasan adalah waktu. Yep, karena cara yang akan saya bagikan dalam artikel kali ini adalah dengan menggunakan aplikasi Format Factory, dimana waktu convertnya cukup lama.

Lalu bagaimana cara menambahkan subtitle secara permanen di video atau film? Sebelum masuk langkah pertama, Anda harus sudah memiliki 3 hal : file video (yang akan diberi subtitle), file subtitle (yang akan dimasukkan ke video), dan aplikasi Format Factory.

[Baca juga : Cara Memperpanjang Masa Aktif Domain Rumah Web]

Langkah ke-1

Taruh file video dan file subtitle dalam folder yang sama. Lalu ubah dan buat nama file keduanya hingga menjadi sama, seperti dalam gambar di bawah ini. Anda dapat beri nama apa saja yang penting sama.

Langkah ke-2

Jika sudah, sekarang buka aplikasi Format Factory. Aplikasi Format Factory yang saya gunakan versi 3.3.5 (mungkin semua versi bisa digunakan tetapi saya belum mencoba). Setelah aplikasinya terbuka, silahkan klik tab "" kemudian klik "." (seperti dalam gambar di bawah ini)

Jika aplikasi Format Factory Anda masih dalam bahasa inggris, Anda bisa merubahnya di pengaturan ke bahasa Indonesia. Tapi jika Anda bisa berbahasa inggris, tak perlu diubah bahasanya. Tab "Lanjutan" biasanya berada di urutan paling bawah setelah Video, Audio, Picture, dan lain-lain.


Langkah ke-3

Langkah selanjutnya adalah tambahkan video yang akan diberi subtitle. Caranya klik di tombol "". Jika sudah, klil tombol "" untuk menambahkan subtitle nya secara otomatis. (lihat gambar di bawah ini)


Langkah ke-4

Setelah Anda klik tombol "Kualitas Tinggi dan Ukuran", Anda akan dibawa ke tampilan seperti gambar di bawah ini. Cukup Anda klik tombol "" dan jangan dirubah setting nya. Lalu klik tombol

Langkah ke-5

Jika langkah keempat sudah dilakukan, sekarang Anda tinggal memulai proses convertnya seperti biasanya. Lama waktu proses nya tergantung besaran file video dan kualitasnya. Sebagai contoh file video yang saya convert memiliki durasi waktu 20 menit-an dengan ukuran mencapai hampir 800 MB.

Kemudian saya setting ukuran outputnya ke tipe mp4 (yang asalnya format tipe Avi). Waktu yang saya butuhkan untuk menambahkan subtitle ke video tersebut memakan waktu setengah jam. Cukup lama bukan? Tetapi hasilnya cukup memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar