Selasa, 27 Agustus 2019

Ultah Ke-3 Blog Cerita Madya

3rd Anniversary Cerita Madya | Ulang Tahun Ketiga Blog Cerita Madya | Segala Puji Bagi Tuhan, Blog Cerita Madya sudah berusia 3 tahun tepat pada hari ini. Apa saja laporan dan pencapaian pada tahun ini? Dan apa saja harapan selanjutnya?

Jujur saja, tahun ini atau jangka waktu dari hari ini hingga satu tahun yang lalu, Madya mulai tidak bersemangat mengurus blog ini. Tidak semangat dalam artian ada beberapa hal yang harus Madya bagi pikiran dan tenaga.

Adalah semakin bertambahnya jumlah blog yang Madya buat. Mungkin, total blog yang Madya miliki hingga hari ini adalah 5 alamat blog. Beberapa aktif dan beberapa lainnya tidak aktif. Blog Cerita Madya termasuk aktif meskipun belum konsisten.

[Baca juga : Ulang Tahun ke-2 Blog Cerita Madya]

Itulah sedikit curhatan Madya mengenai dunia blog yang Madya geluti. Well, memang itulah tantangan yang harus dilalui dan harus dijalani dengan semaksimal mungkin. Berikutnya, ini adalah data-data setahun blog ini.

Frekuensi Artikel

Dalam setahun ini, berikut jumlah artikel yang dimuat dan berhasil dipublikasikan. Untuk bulan Agustus, diambil hanya jumlah artikel bulan Agustus tahun ini hingga artikel ini dimuat juga dimasukkan dalam hitungan:
  1. September 2018 : 18 artikel
  2. Oktober 2018 : 6 artikel
  3. November 2018 : 13 artikel
  4. Desember 2018 : 10 artikel
  5. Januari 2019 : 14 artikel
  6. Februari 2019 : 13 artikel
  7. Maret 2019:  7 artikel
  8. April 2019 : 12 artikel
  9. Mei 2019 : 6 artikel
  10. Juni 2019 : 6 artikel
  11. Juli 2019 : 8 artikel
  12. Agustus 2019 : 9 artikel 
Itulah data-data jumlah artikel per bulannya dalam satu tahun terakhir. Kalau dijumlahkan semuanya sekitar 112 artikel dalam satu tahun. Dan kebanyakan artikel -artikel tersebut tidak sesuai standar yang ditetapkan. Salah satunya jumlah kata-kata nya banyak yang kurang dari 500 kata.

[Baca juga : Ulang Tahun Pertama Blog Cerita Madya]

Bagaimana untuk target tahun depan? Apakah satu bulan mentargetkan minimal 10 artikel seperti tahun kemarin? Tidak, pada tahun ke depan, blog Madya akan mencoba tidak fokus pada jumlah artikel melainkan jumlah kata dalam satu artikel.

Semoga dalam tahun depan, setiap artikel yang diposting di blog Madya berisi lebih dari 700 kata. Yang dicapai dengan jumlah kata demikian adalah semakin betah dan nyaman nya para pengunjung ketika membaca artikel Madya.

New Target : > 700 kata

Peringkat Alexa

Untuk peringkat blog di rank berdasarkan situs Alexa, memang mengalami posisi naik turun setiap bulannya. Meskipun begitu, tetap saja yang dijadikan perbandingan di setiap momen ultah adalah peringkat pada saat artikel ini ditulis.

Di ulang tahun pertama, atau sekitar 27 agustus 2017, peringkat blog Cerita Madya belum mendapatkan posisi atau ranking di situs alexa. Karena perjalanan blog waktu itu baru memulai setelah sekian lama vakum.

Di ulang tahun kedua, atau sekitar 27 agustus 2018, mulai lah terlihat posisi atau rank blog Cerita Madya. Karena getol dan semangat nya membuat artikel, ditambah ada beberapa artikel yang masuk top search maka ranking blog untuk global ada di 2.096.349 sedangkan rank di Indonesia sekitar 29.922

Nah, di ulang tahun ketiga ini, atau pas tanggal 27 agustus 2019, terlihat posisi atau rank blog Cerita Madya mengalami penurunan. Untuk posisi global, rank blog berada di urutan 3.319.426 sedangkan untuk ranking di Indonesia juga mengalami penuruan di 67.401 rank.


Tetap bersyukur meskipun mengalami penurunan. Karena ekspetasi sebelumnya, ranking blog ini pasti anjlok karena banyak artikel yang tidak memenuhi standar. Beruntung nya ada artikel yang juga menjadi top search sehingga sangat membantu traffic blog tidak mengalami anjlok besar-besaran.

Lalu apa target tahun depan untuk peringkat blog? Tidak ada target khusus mengenai peringkat blog, karena peringkat merupakan bonus jika artikel kita memang bagus dan bisa menjadi top search. Kalau misal ditargetkan, tidak muluk-muluk bisa berada di posisi global antara 3 juta hingga 5 juta itu sudah bagus.

[Baca juga : Cara Cek Ranking Blod di Alexa (2017)]

Kalau untuk target ranking blog di jangkauan Indonesia, semoga tidak terlempar dari peringkat 100.000 besar. Yah, sekali lagi, peringkat hanya bonus saja, supaya tidak terlalu kecewa jika tidak sesuai harapan, hehehe

New atau Old Target : Global 3 jt-5 jt dan Indonesia <100.000

Statistik Blogger & Flag Counter 

Selanjutnya untuk statistik blog menurut data Blogger dan pihak ketiga Flag Counter. Data Blogger memang tidak menyediakan kisaran statistik dalam setahun terakhir sehingga Madya ambil total statistik selama Blog ini dibuat.

Hingga artikel ini dimuat, statistik Blogger mengatakan selama blog ini dibuat jumlah pengunjung nya sekitar 640.406 histori penayangan sepanjang waktu. Andaikan dibagi 3 (karena sudah masuk tahun ke-3) maka kira-kira saja, setahun sekitar 213.368 pengunjung.

Kalau kisaran jumlah setahun sekitar 213.368 pengunjung. Maka berandai-andai lagi, jumlah sekitar pengunjung perbulan sekitar 17.780 pengunjung. Yah, itulah kira-kira dan pengandaian jumlah views meskipun tentunya jelas tidak valid karena setiap tahun berbeda alias tidak sama.

Namun setidaknya dapat memasang target atau batasan jumlah pengunjung selama sebulan atau per tahunnya. Batasan nya kira-kira sekitar 213.000 pengunjung pertahun, sedangkan untuk perbulan sekitar 17.000 pengunjung.

Limit : 17.000 views/Bulan dan 213.000 views/Tahun

Lalu bagaimana dengan statistik Flag counter? Statistik Flag Counter tidak menjadi acuan target blog ini, cuma hanya sebagai pelengkap tambahan saja. Hitung-hitung menambah data-data blog Cerita Madya ini.

[Baca juga : Masalah-Masalah Seputar Flag Counter]

Jumlah pageviews hingga artikel ini dimuat sekitar 74.328 pageviews, sedangkan tahun kemarin sekitar 39.160 pageviews. Hampir meningkat 2x lipat. Sedangkan untuk data pengunjung berdasarkan negara adalah
  1. Amerika : 5.026 (tahun kemarin 3.027)
  2. Indonesia : 797 (tahun kemarin sama)
  3. India : 161 (tahun kemarin 4)
  4. Rusia : 62 (tahun kemarin 45)
  5. Australia : 38 (tahun kemarin tidak ada)
  6. Kanada : 36 (tahun kemarin sama)
  7. Singapura : 27 (tahun kemarin sama)
Terima kasih juga untuk para pengikut blog dan pengikut fanpage dan twitter. Untuk jumlah pengikut blog ada 8 followers. Untuk pengikut twitter ada 6 sedangkan untuk like fanpage Facebook sekitar 14 orang.

Target dan Realisasi Target

Lalu apakah target blog Madya untuk satu tahun ke depan? Sebagaimana yang diulas pada bahasan di atas, berikut adalah target-target untuk tahun ke depan. Semoga semuanya berjalan dengan lancar dan tetap semangat.

Target Artikel : 700 kata per artikel (bukan jumlah artikel lagi)

Target Rank : Global masuk rank 3 jt an dan Indonesia masuk rank 50.000 an

Target Views : Masuk Total Views Keseluruhan (dari blog berdiri) 1 juta Views

Lalu apa target blog Cerita Madya tahun lalu? Apakah sudah mencapai realisasi target? Tidak tercapai. Harapan 1000 views setiap hari tidak tercapai. Bahkan mengalami penururan dari 500 views turun ke 300 views.

Realisasi target statistik Blogger juga tidak tercapai. Awalnya berharap tahun lalu sudah sejuta views atau minimal 700 views, hingga artikel ini dibuat jumlah views nya masih sekitar 600.000 an views. Masih jauh dari target.

[Baca juga : AdSense Blog Ditolak Karena Melanggar Kebijakan]

Hadiah Spesial Ultah!!!

Beruntung lah bagi Anda yang membaca artikel ini sampai habis. Khusus edisi spesial ulang tahun ke-3 blog Cerita Madya, akan ada hadiah spesial menanti. Mungkin hadianya kecil atau tidak sebanding jumlahnya, namun cukup untuk memaknai ultah blog ini.

Hadiah nya adalah pulsa sejumlah Rp 100.000 untuk 3 pemenang. Bagaimana syarat-syarat nya? Cukup mudah. Hanya cukup men-follow blog ini. Jika sudah difollow, selanjutnya tinggal komentar di bawah ini.

Cukup komentar jika sudah menfollow disertai nama dan alamat email. Nanti akan Madya hubungi dan akan dimintakan kontak untuk diisi pulsa. Semoga beruntung. Bagi 3 orang pemenang mendapatkan pulsa 100.000

Siapa cepat dia dapat. Jika sudah ada 3 orang, maka hadiahnya sudah habis. Bila tidak ada yang bergabung, berarti menganggur hadiahnya. Batas berlaku nya hadiah ini hingga tanggal 26 Agustus 2020 pukul 22.00 WIB

Demikian artikel singkat mengenai ultah ke-3 blog Cerita Madya. Semoga semuanya diberikan kemudahan dan kelancaran terutama mengenai blog.

Selamat Ulang Tahun Ke-3, Cerita Madya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar