Kamis, 13 Agustus 2020

Juara Mytel International Championship Season 2

Juara Mytel International Championship Series 2 | Mytel International Championship 2 | Kompetesi Mytel International Championship seri 2 telah lama berakhir. Pemenang nya berasal dari tim Indonesia yaitu ONIC. Bagaimana perjalanan ONIC dan tim lainnya selama kompetisi berlangsung?

Kejuaraan Mytel International Championship (selanjutnya disingkat Mytel) seri kedua diselenggarakan selama 10 hari penuh secara online. Turnamen Mytel season atau series 2 ini diadakan pada tanggal 20 sampai 30 Juli 2020.

[BACA JUGA : Juara Mytel International Championship Season 1]

Berbeda dengan Turnamen Mytel season 1 yang diikuti oleh 10 tim, kali ini di season 2 diikuti oleh 16 tim yang kesemuanya merupakan tim undangan (invited teams). Tujuh tim di season 1 yang kembali mengikuti season 2.

Tujug tim tersebut adalah Aura PH sang juara bertahan yang sebelumnya bernama Sunsparks, Geek Fam Malay, Onic PH, Bren Esports, VEC, Resurgence, dan Evos SG. Untuk nama-nama tim beserta negara asalnya adalah sebagai berikut:

1. VEC (Vietnam)
2. Onic PH (Filipina)
3. Resurgence (Singapura)
4. Evos Legends (Indonesia)
5. Evos SG (Singapura)
6. RRQ Sena (Indonesia)
7. Aura PH (Filipina)
8. Bren (Filipina)
9. Claw Esports (Myanmar)
10. Team Cyanide (Myanmar)
11. Onic ID (Indonesia)
12. Geek Fam MY (Malaysia)
13. Alas Gaming (Vietnam)
14. Impunity KH (Kamboja)
15. Geek Fam ID (Indonesia)
16. Yangon Galacticos (Myanmar)

Ke-16 tim tersebut terbagi menjadi 4 grup dan harus menyelesaikan babak penyisihan grup terlebih dahulu. Berikutnya mereka yang berada di peringkat 1, 2, dan 3 dari masing-masing grup berhak lolos ke babak playoff. Berikut tabel grup nya


Dari 16 tim yang ikut, 4 diantaranya berasal dari Indonesia yaitu Evos Legends, Onic ID, Geek Fam ID, dan RRQ Sena. RRQ Sena berada di grup B, Onic dan Geek Fam berada di grup sama yaitu grup C, sedangkan Evos berada di grup D.

Sistem Babak Penyisihan

Format di babak penyisihan Mytel seri 2 ini cukup berbeda. Babak penyisihan grup biasanya memakai sistem round robin, namun kali ini tidak. Ia memakai sistem gugur. Tim yang kalah 2x maka otomatis berada di posisi ke-4 dan tidak bisa melanjutkan ke babak playoff.

Bagi yang masih bingung, sistem gugur di babak penyisihan diibaratkan seperti babak playoff. Misal 1 grup ada 4 tim yaitu tim A, B, C, dan D. Dalam sistem gugur babak penyisihan, tim A bertemu B dan tim C bertemu D. Kedua pemenang dari dua pertandingan tersebut akan bertemu untuk memperebutkan posisi pertama.

Sedangkan kedua tim yang kalah dari dua pertandingan tadi, akan saling bertemu untuk menentukan posisi keempat. Dari pertandingan antar tim kalah ini, jika tim nya kalah lagi maka otomatis tidak lolos, sedangkan tim yang menang akan melawan tim yang kalah dari perebutan posisi pertama.

Kalau masing bingung lagi, kita lanjutkan contoh tim A melawan B, lalu tim C melawan D. Misalnya tim A dan C berhasil menang maka keduanya akan bertemu memperebutkan posisi pertama. Kita anggap yang menang adalah tim A, maka tim C akan bertanding lagi.

Sedangkan tim B dan D yang telah kalah akan dipertemukan untuk menentukan posisi keempat. Kita anggap tim D kalah, maka tim D tidak lolos ke playoff sedangkan tim B akan melawan tim C untuk memperbutkan posisi 2 dan 3.

Dari 16 tim yang bertanding, tim Alas Gaming tidak mengikuti turnamen meskipun telah terdaftar. Entah mengapa sebabnya masih belum diketahui. Lalu siapa saja yang lolos? Siapa yang berada di peringkat pertama, kedua, dan ketiga? Berikut data dari masing-masing grup yang berhasil lolos:

Grup A:
1. VEC Fantasy Main
2. Evos SG
3. Claw Esports

Grup B
1. Impunity KH
2. RRQ Sena
3. Onic PH

Grup C
1. Geek Fam ID
2. Onic ID
3. Aura PH

Grup D
1. Evos Legends
2. Bren
3. Geek Fam MY

Babak Playoff

Babak Playoff diikuti oleh 12 tim. Tim yang berhasil meraih posisi pertama dalam fase grup berhak lolos langsung ke babak 8. Sedangkan tim yang meraih posisi ke-2 dan ke-3 di fase grup akan saling bertemu untuk memperbutkan babak 8 besar. Berikut tabel nya:


Kita langsung ke hasil di babak 8 besar sebagai berikut :
1. VEC Fantasy Main (0) - (2) Onic ID
2. Impunity KH (1) - (2) Aura PH
3. Geek Fam ID (2) - (0) Onic PH
4. Evos Legends (2) - (1) RRQ Sena

[BACA JUGA : Total El Clasico RRQ vs EVOS Selama MPL Season 1-5]

Hasil babak semifinal nya sebagai berikut :
1. Onic ID (2) - (0) Aura PH
2. Geek Fam ID (1) - (2) Evos Legends

Untuk babak semifinal, Onic ID kembali bertemu Aura PH dan berhasil dimenangkan oleh Onic ID. Sebelumnya mereka pernah bertemu di babak penyisihan grup karena mereka berada di grup yang sama. Hasilnya juga dimenangkan oleh Onic ID. Aura PH sebagai juara bertahan pun harus gugur di babak semifinal.

Di babak Final, Onic ID mungkin lebih memilih bertemu Geek Fam ID karena mereka pernah bertemu di babak penyisihan gurp dan Onic ID dikalahkan oleh Geek Fam ID sehingga tentunya mereka ingin membalas kekalahan.

Namun, yang berhasil lolos ke final adalah Evos Legends dan akan melawan Onic ID. Di babak final yang menggunakan best of 5, Onic ID menunjukkan keperkasaannya dan mengalahkan Evos Legends dengan skor 3-0 langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar