Minggu, 19 Juli 2020

Juara Mytel International Championship Season 1

Series 1 Mytel International Championship 2020 | Mytel International Championship Mobile Legends | Setelah kejuaraan MPL Invitational 4 Nations Cup yang berhasil dimenangkan tim RRQ Hoshi dengan sangat mudah, muncul kejuaraan baru bernama Mytel International Championship. Apa itu Mytel International Championship dan siapa juara seri pertamanya?

Turnamen bernama Mytel International Championship menjadi sorotan dari penikmat game Mobile Legends setelah beberapa tim nya diundang untuk ikut menjadi peserta. Turnamen Mytel International Championship (nanti disingkat "Mytel International" biar ringkas) ini sekarang sudah memasuki season kedua.

[BACA JUGA : Juara MPL Malaysia-Singapura Dari Season 1-5]

Lalu bagaimana dengan kejuaraan Mytel International di season atau seri pertamanya? Tentu sebagian penasaran dan ingin tahu mengenai siapa yang juara dan siapa saja tim-tim yang ikut serta. Madya sendiri juga penasaran, sehingga artikel ini dibuat dari penggalian informasi yang Madya lakukan. Apabila ada informasi yang kurang atau tidak tepat, para pembaca bisa komentar di kolom komentar.

Tim Mytel International Season 1

Kejuaraan Mytel International merupakan turnamen yang diselenggarakan oleh kerjasama antara Mytel Empower dan Myanmar Game Hub. Mytel Empower merupakan perusahaan telekomunikasi yang ada di Myanmar, seperti halnya kalau di Indonesia ada Telkomsel atau kalau di Malaysia ada Yoodo.

Sedangkan Myanmar Game Hub, Madya belum menemukan banyak informasi. Tetapi jika diibaratkan, Myanmar Game Hub ini merupakan perusahaan yang berkaitan dengan esports. Kalau di Indonesia, mungkin Myanmar Game Hub ini seperti Revivaltv atau IESPL.

Kejuaraan yang diselenggarakan oleh Myanmar Game Hub tidak hanya berfokus pada game Mobile Legends, tetapi juga ada game-game lainnya. Fokus di game Mobile Legends, Myanmar Game Hub bersama Mytel Empower menyelenggarakan turnamen berskala internasional yang bernama Mytel International Championship.

Di season pertama, entah mengapa tidak ada tim Indonesia yang diundang. Kejuaraan Mytel International yang pertama diikuti oleh 10 tim dan dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 14 Juni 2020. Kesepuluh tim tersebut bisa dilihat pada poster nya berikut ini:

Sumber : FB Myanmar Game Hub
Kesepuluh tim tersebut apabila dirinci bersama asal negara nya adalah sebagai berikut :
1. Sunsparks (Filipina)
2. Onic PH (Filipina)
3. Bren Esports (Filipina)
4. Resurgence (Singapura)
5. Evos SG (Singapura)
6. Geek Fam (Malaysia)
7. Team Bosskur (Malaysia)
8. Team SMG (Malaysia)
9. Royal Esport (Vietnam)
10. VEO (Vietnam)

Setelah melihat masing-masing tim di atas, tidak terlihat tim myanmar sama sekali padahal yang menyelenggarakan adalah panitia dari myanmar. Total hadiah nya sendiri adalah 10.000 Dolar Amerika atau jika dikalkulasikan dalam rupiah menjadi sekitar 150 juta rupiah.

Apabila melihat para tim yang ikut serta, kebanyakan orang menyebut tim-tim dari Filipina yang akan menjadi juara karena Filipina masih dianggap sebagai negara yang kuat dalam hal game Mobile Legends. Dalam MPL Invitational kemarin, Filipina dan Indonesia dipisah masing-masing turnamen. Filipina di MPL Invitational Champions, sedangkan Indonesia di MPL Inviational 4 Nations Cup.

Lalu bagaimana pembagian grup dan sistem permainan di season pertama Mytel International? Untuk pembagian grupnya menjadi 2 grup. Grup A diisi oleh Onic PH, Sunsparks, Resurgence, Veo, dan Team Bosskur. Sedangkan Grup B dihuni oleh Bren Esports, Evos SG, Geek Fam, Team SMG, dan Royal Esport.

Sistem permainan di babak grup adalah setiap tim akan bertemu sekali atau biasa disebut round robin. Artinya, di babak penyisihan, setiap tim akan memainkan 4 pertandingan karena total timnya ada lima. Setiap pertandingan akan menggunakan sistem BO2 atau Best of 2 sehingga akan ada seri (draw) atau 1-1. Berbeda dengan BO1, BO3, atau BO5 yang tidak ada seri nya.

Babak Penyisihan Grup Hari Ke-1 diselenggarakan tanggal 8 Juni 2020.
Babak Penyisihan Grup Hari Ke-2 diselenggarakan tanggal 9 Juni 2020
Babak Penyisihan Grup Hari Ke-3 diselenggarakan tanggal 10 Juni 2020
Babak Penyisihan Grup Hari Ke-4 diselenggarakan tanggal 11 Juni 2020
Babak Penyisihan Grup Hari Ke-5 diselenggarakan tanggal 12 Juni 2020

[BACA JUGA : Juara MPL Season 5 Di Indonesia, Filipina, dan MY/SG ]

Babak Playoff Mytel International Season 1

Setelah babak penyisihan grup diselesaikan dalam 5 hari berturut-turut, tiba lah di babak Playoff. Yang berhak melaju ke babak Playoff adalah 3 tim teratas dari masing-masing grup atau total ada 6 tim yang lanjut ke babak Playoff.

Juara masing-masing grup akan langsung bertemu di Upper Bracket. Sedangkan juara dan juara 3 masing-masing grup akan bertemu dengan model silang. Artinya juara 2 Grup A bertemu juara 3 Grup B, dan sebaliknya.

Dari babak penyisihan yang berhasil lolos dari Grup A adalah Sunsparks yang berhasil menang 2 kali dan seri 2 kali. Disusul Resurgence yang menang sekali dan seri 3 kali, serta ada tim Onic PH yang menang sekali, seri 2 kali, dan kalah sekali.

Untuk Grup B, mereka yang berhasil lolos ke babak Playoff adalah Bren Esports yang menang bersih 4 kali. Selanjutnya ada tim Geek Fam yang berhasil menang 2 kali, seri 1 kali, dan kalah 1 kali. Terakhir ada Evos SG yang menang 1 kali, seri 2 kali, dan kalah 1 kali.

Di babak Playoff, Sunsparks akan bertemu Bren Esports di Upper Bracket. Sedangkan di Lower Bracket, Resurgensce akan melawan Evos SG dan Onic PH akan melawan Geek Fam. Untuk lebih jelasnya, berikut ini list bracket nya:

Sumber : FB Myanmar Game Hub
Di upper bracket, Sunsparks berhasil mengalahkan Bren Esports dengan skor 2-0 dan berhak langsung masuk ke Grand Final. Sedangkan di lower Bracket, Evos SG berhasil menang 2-1 lawan Resurgence.

Di lower bracket berikutnya, seharusnya Onic PH melawan Geek Fam. Tetapi karena ada suatu masalah (entah masalah apa masih belum dapat informasinya), Onic PH pun diganti posisinya oleh Team Bosskurr. Team Bosskur kalah 2-1 melawan Geek Fam.

Di lower bracket fase kedua mempertemukan Evos SG vs Geek Fam. Siapa yang menang? Keduanya sempat bertemu di Grup B dan hasilnya imbang 1-1. Hasilnya, Evos SG berhasil mengalahkan Geek Fam dengan skor 2-0. Maka Evos SG pun berhak masuk ke final lower bracket dan sudah ditunggu oleh Bren Esports.

Di final lower bracket, terjadi reuni kembali antara Evos SG melawan Bren Esports. Keduanya sempat satu grup di Grup B dan hasilnya Bren Esports menang 2-0. Di final lower bracket, kejadian tersebut terulang. Evos SG harus kalah 2-0 lagi. Bren Esports masuk ke Grand Final.

[BACA JUGA : Apa Itu MPL Invitational?]

Di Grand Final, seperti yang diprediksi akan diisi oleh tim-tim Filipina. Sunsparks melawan Bren Esports kembali terjadi setelah keduanya sempat bertemu di Upper Bracket yang dimenangkan Sunsparks dengan skor 2-0.

Di Grand Final menggunakan Bo5 sehingga tentunya pertarungan akan lebih sengit. Di game pertama, Sunsparks berhasil unggul 1-0. Di game kedua, Bren Esports berhasil membalas, skor 1-1. Di game ketiga dan keempat, Sunsparks menunjukkan kekuatannya dan berhasil juara dengan skor 3-1.

Bagaimana menurut kalian? Apakah di turnamen Mytel International Championship Season 2 yang akan diikuti tim Indonesia akan lebih seru? Apakah tim Indonesia menunjukkan kekuatan terbaiknya? Patut ditunggu. Mytel International Championship Season 2 akan dilaksanakan tanggal 20 sampai 30 Juli 2020!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar