Kamis, 12 Oktober 2017

Ukuran Header di Media Sosial

Ukuran Header Youtube | Ukuran Header Twitter | Memberi gambar maupun video di header merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Mengingat para pengunjung selalu melihat tampilan dari atas, maka tampilan header tidak boleh disepelekan.

Apa itu header? Header secara harfiah dari kata head yang artinya kepala. Bagi para blogger tentunya mengenal istilah header dan footer blog. Header artinya bagian atas, sedangkan footer (dari kata foot artinya kaki) adalah bagian bawah.

[Baca juga : Favicon Blog Muncul di Speed Dial Opera ]

Istilah header dalam blog berbeda dengan header yang kita bahas. Header blog berisi data-data HTML maupun CSS yang membentuk tampilan dan tata letak sebuah blog. Sedangkan header yang kita bahas adalah tampilan atas atau gambar yang berada paling atas.

Gambar tampilan atas ini merupakan sebuah spanduk yang akan menarik pengunjung maupun pembaca. Sebagian orang mendesain header sedemikian rupa agar orang penasaran dan mau berkunjung ke blognya.

Header atau spanduk semacam ini biasa dipasang di masing-masing widget sosial. Anda pasti mengerti betapa pentingnya widget/media sosial belakangan ini. Oleh karenanya, mempromosikan blog bisa melalui media sosial seperti Faceb00k, Tw1tter, Y0uTube, dan lain sebagainya.

Dan masing-masing media sosial tersebut memberikan ukuran header yang berbeda-beda. Jadi sebelum membuatnya, pastikan mengetahui ukurannya terlebih dahulu. Supaya tidak terjadi ketidaksesuaian antara lebar dan desain gambar Anda.

[Baca juga : Cara Buat Cloud Label Keren Versi Cerita Madya]
Ukuran Header Twitter

Untuk twitter misalnya, Anda harus siapkan ukuran kertas sebesar 1500x500 piksel. Itu adalah ukuran pas dan sesuai saat ditampilkan di header twitter Anda.

Jika Anda kebingungan menyesuaikan ukuran piksel, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi desain yang sudah terkenal semisal Photoshop atau Corel Draw. Anda bisa juga memakai aplikasi bawaan Paint.

Usahakan tampilan yang bisa menarik atau memberikan informasi mengenai blog Anda. Adapun header yang saya buat termasuk jenis header informatif yang berisi alamat blog Cerita Madya baik di situsnya, facebook, twitter, dan YouTube nya.

Hasil Membuat Header (Header v2)
Ukuran Header YouTube

Ukuran header untuk YouTube sekitar 2569x1440 piksel. Ukurannya memang agak besar dari pada Twitter. Selain itu, tidak keseluruhan ukuran tersebut yang akan ditampilkan, melainkan tengahnya. Saya sendiri agak kesulitan. Mungkin teman-teman ada yang tahu caranya.

Karena kebingungan, saya pun menggunakan gambar header twitter lalu saya pasangkan di kertas ukuran header YouTube. Selain itu, saya kurang begitu faham berapa ukuran potongan gambar nya. Setelah utak-atik dan asal buat, akhirnya header untuk Youtube berhasil.

Demikian artikel singkat mengenai ukuran header di media sosial. Semoga bermanfaat. Usahakan membuat header unik dan segar. Memang tidak mudah, tapi sedikit demi sedikit, akan terlihat.
Header versi pertama
Sampai hari ini, baru 2 header yang saya buat. Header versi pertama untuk blog dan header versi kedua untuk media sosial. Mungkin ke depannya akan ada perubahan kembali. terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar