Sabtu, 09 September 2017

Memutar Film Video Format M3U8

Akhir-akhir ini, saya sempat menyadari bahwa beberapa film yang saya unduh (download) memiliki format yang berbeda dari biasanya. Biasanya film itu memiliki format mp4 atau mkv namun yang satu ini berbeda yaitu m3u8. Lalu bagaimana cara memutar film format m3u8?

Artikel ini merupakan respon dari banyaknya para pengunjung yang membaca artikel blog ini mengenai m3u8 yaitu cara merubah video m3u8 ke mp4 di smartphone android. Artinya saya melihat banyak para pengunjung yang masih mencari-cari tema mengenai m3u8.

[Baca juga : Cara Mengubah Video M3U8 ke MP4 di Android]

Apa itu M3U8?

Oh iya, salah satu film yang saya unduh dan berformat m3u8 adalah film X-Men. Lalu saya ganti dengan aplikasi VLC malah muncul tulisan berikut ini :
Input Anda tidak dapat dibuka: VLC tidak dapat membuka MRL file:///sdcard/UCDownloads/video/Nonton X-Men Apocalypse.m3u8_contents/178c757216d56028927bdf8f93451d4c'. Periksa log untuk perincian. 

Akhirnya saya bingung dan mencari petunjuk di Mbah Google. Kesimpulan yang didapat, file M3U8 adalah file playlist audio yang di encode UTF-8. .

Pencarian selanjutnya adalah cara convert file yang berformat m3u8. Saya telusuri selama berhari-hari masih tidak dapat ditemukan solusinya. Ternyata saya menyadari bahwa tidak mungkin merubah file yang berekstensi m3u8. Kenapa? File tersebut hanya berisi list dan hanya memiliki ukuran kurang dari 1 MB.

Dari tadi saya menyinggung list, apa maksudnya? Hemat saya, file m3u8 itu berisi kumpulan playlist atau alamat-alamat dari potongan film tersebut. Jadi film yang diformat dengan m3u8 itu akan terpecah hingga ratusan potongan.

Film X-Men yang berdurasi sekitar 2 jam dipotong hingga lebih dari 800 potongan sehingga satu potong bisa berdurasi antara 5-10 detik.
Jadi jika Anda mencari cara merubah file format m3u8 maka Anda akan menemukan hal yang sia-sia. Cara merubahnya adalah Anda kumpulkan dulu potongan film tersebut. Selengkapnya Anda dapat baca cara mengubah m3u8 ke mp4 yang sudah diposting di blog ini.

Cara Memutar Film M3U8 

Lalu bagaimana cara memutar film yang berformat m3u8? Saya sudah terlanjur mengunduh hingga menghabiskan kuota internet 1 GB, apakah bisa memutar film tersebut? Jawabannya bisa. Apabila Anda mengunduh fim tersebut di Android Anda maka silahkan tonton dengan aplikasi MX Player.

Perlu diperhatikan, jika Anda gagal atau tidak menemukan film tersebut saat Anda membuka MX Player berarti Anda telah memindahkan film tersebut atau merubah folder film tersebut.

Ingat, file m3u8 hanya list, yang terpenting adalah sumber konten dari m3u8 tersebut. Sekali Anda merubah tempat atau folder dari sumber konten m3u8 maka Anda tidak akan bisa mengubahnya. Cara memutarnya adalah dengan mengembalikan konten tersebut di tempatnya semula.

Saya mencoba eksperimen di dua aplikasi yaitu VLC dan MX Player. Ternyata MX Player yang bisa mengatasi masalah memutar film m3u8. Sedangkan VLC memutar film tersebut dengan mode audio alias hanya suara mp3.


Demikian ulasan artikel cara memutar film video format m3u8. Apabila Anda mengalami kesulitan, silahkan berkomentar di bawah ini. Anda juga dapat mengunduh video cara mengubah m3u8 ke mp4 di sini.Terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar