Jumat, 24 November 2017

Belajar Google Analytics Bagi Pemula

Cara Google Analytics Pemula | Belajar Awal Google Analytics | Salah satu hal yang juga penting untuk dipelajari bagi para blogger (pengguna blog) adalah Google Analytics. Apa itu Google Analytics? Bagaimana penggunaannya?

Sebagai pengelola blog Cerita Madya, saya juga ingin belajar banyak kepada Anda para pembaca dan pengunjung mengenai dunia blogging. Sebagai sesama blogger, tidak ada salahnya saling berbagi ilmu bukan? Lagi pula, saya yakin tujuan dasar orang membuat blog adalah untuk berbagi informasi dan pengetahuan.

[Baca juga : Cara Membuat Sitemap untuk blog Anda (postingan ke-100)]

Saat membuat blog ini, saya langsung mempelajari hal-hal yang dianggap membantu dalam dunia blogging. Salah satunya adalah Google Analytics. Google Analytics adalah layanan Google yang dapat memantau data dan perilaku pengunjung situs atau blog Anda.

Sebagai blogger, siapa yang tidak senang apabila blognya dikunjungi banyak orang? Bagaimana cara melihat jumlah pengunjung bulanan, harian, bahkan yang sedang online di blog kita? Google Analytic adalah salah satu jawabannya.
Lalu bagaimana cara melihat browser apa yang digunakan untuk mengakses blog Anda, berapa lama pengunjung melihat-lihat blog Anda, kata kunci apa yang mereka gunakan, hingga berapa inci layar yang mereka gunakan, Anda dapat mengetahui di Google Analytics. Menarik bukan?!

Langkah Pertama

Anda memiliki blog? Situs? Anda dapat menggunakan Google Analytics pada blog atau situs Anda. Caranya cukup mudah. Langkah pertama adalah daftar di Google Analytics dan memasang kodenya di blog atau situs Anda.

Apabila Anda masih kebingungan cara mendaftar dan memasangnya, Anda dapat mencari di situs pencarian (maksudnya silahkan g00gle sendiri). Sekali lagi, tidak ada ruginya Anda memasang Google Analytics di blog Anda.

Setelah memasang kode Google Analytics di blog atau situs Anda, maka sejak saat itu lah setiap pengunjung akan terdeteksi dan dianalisa. Anda dapat mengecek ringkasan pemirsa per hari atau melihat siapa saja yang sedang online di blog Anda.

Google Analytics memudahkan Anda untuk menganalisa perilaku pemirsa dan melihat bagaimana respon pengunjung terhadap artikel Anda. Seberapa lama pengunjung melihat-lihat situs Anda juga penting dicermati untuk melihat kualitas konten blog atau situs Anda.
Anda bisa mengecek secara konsisten di situs Google Analytics ataupun melalui aplikasi android. Saya sendiri sudah mengunduh aplikasinya dan selalu mengeceknya setiap hari. Rasanya senang bisa mengetahui banyak pengunjung yang jalan-jalan di situs kita sendiri hehehe

[Baca juga : 7 Fitur Baru Dream League Soccer 2018]

Langkah Kedua

Memasang kode Google Analtics di blog sudah dilaksanakan. Sekarang tinggal memantau saja. Di dalam tampilan Google Analytics, terdapat beberapa tab yang mungkin butuh sedikit penjelasan. Walaupun kalau Anda sering lihat, maka otomatis Anda akan paham sedikit demi sedikit.

Tampilan Google Analytics
Perhatikan gambar di atas ini. Itu adalah tampilan kondisi tab Real Time. Perhatikan beberapa tab yang terletak di sisi kiri. Di sana ada Beranda, Penyesuaian, dan lain-lain. Untuk pemula, perhatikan tab yang diberi kotak. Kotak merah adalah Beranda. Kotak biru adalah Real Time. Dan kotak hijau adalah Pemirsa.

Setidaknya tiga tab ini lah yang mesti dipelajari dahulu. Tab Beranda adalah tab yang berisi rangkuman dari tab Real Time dan Pemirsa. Jadi apabila Anda ingin melihat bagaimana sih laporan pengunjung dan siapa yang sedang aktif, maka Anda dapat mengklik tab Beranda.
Tab selanjutnya adalah Real Time. Saat Anda klik tab Real Time, maka tampilannya seperti di gambar atas. Terlihat jelas ada laporan bahwa saat ini ada 3 pengguna aktif saat itu juga. Di sebelah kanannya (yang ada chart nya) adalah tayangan halaman baik berapa menit atau berapa detik pengunjung sudah melihat isi situs Anda.

Di bawahnya, Anda bisa melihat konten apa yang sedang dilihat pengunjung. Selain itu, Anda juga bisa mengecek kata kunci apa yang digunakan pengunjung sehingga bisa mengarahkan mereka ke situs Anda.

Tab terakhir adalah tab Pemirsa. Sebagaimana yang sudah dijelaskan, tab Pemirsa berisi analisis data para pengunjung. Anda bisa melihat berapa sesi, jumlah pengguna lama atau baru, berapa kali konten dilihat, browser apa yang digunakan, kota mana, negara mana, bahasa apa, hingga ukuran layar yang digunakan saat mengakses situs Anda.

[Baca juga : Mengatasi Masalah Connect ShareIt PC Terbaru November 2017]

Langkah ketiga

Memasang kode Google Analytics sudah dilaksanakan. Mempelajari tab-tab dasar sudah dilakukan. Langkah ketiga adalah terus mengamati dan belajar Google Analytics. Dengan beberapa pengetahuan dasar yang sudah dipelajari, tingkatkan terus pemahaman dan amati terus analisa data pengunjung Anda.
Mengapa saya berkata demikian? Dengan keunggulan yang dimiliki Google Analytics, Anda bisa menggunakannya untuk membuat blog atau situs Anda semakin menarik dan juga bisa sebagai bukti jika ada oknum yang memiliki gerak-gerik mencurigakan.

Selain itu, Anda bisa mengaitkan akun Analytics dengan AdSense atau dengan Search Console juga bisa. Demikian artikel singkat mengenai belajar Google Analytics bagi pemula. Bila anda memiliki pengetahuan lebih mengenai Analytics, bisa tulis di komentar agar para pembaca lain atau saya bisa belajar dari Anda. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar