Kamis, 23 November 2017

Cerita Anime Log Horizon Season 1 Indonesia

Review Anime Log Horizon | Ulasan Cerita Log Horizon Indonesia | Anime bertemakan dunia game kembali menjadi incaran anime baru Cerita Madya. Kali ini adalah Log Horizon. Berikut ulasan dan cerita anime Log Horizon Season 1

Log Horizon merupakan anime yang dirilis pada Oktober 2013 dan berakhir pada Maret 2014. Kok lama? Ya iyalah karena anime ini memiliki episode yang cukup panjang yaitu 25 episode. Hingga artikel ini ditulis, anime Log Horizon sudah memiliki 2 season. Adapun season 3 belum ada keterangan resmi.

Log Horizon, sebagaimana disinggung di awal, merupakan anime yang memiliki latar cerita dunia game. Apakah nama gamenya adalah Log Horizon? Awalnya saya juga berfikir demikian. Ternyata tidak. Log Horizon adalah nama sebuah guild (perkumpulan) di game Elder Tale.

[Baca juga : Cerita Anime Koi To Uso Indonesia]

Adapun genre anime Log Horizon adalah aksi, game, petualangan (adventure), magic, dan fantasi. Begitu keterangan yang ditulis di situs My Anime List. Namun menurut saya ada satu genre lagi yang patut dicantumkan yaitu romance.

Kisah Bermula

Tak ada mendung tak ada angin, tiba-tiba hujan. Begitu lah fenomena perpindahan manusia ke dunia game. Mereka kaget saat game yang biasa mereka mainkan, sekarang terasa nyata. Mereka baru sadar jika mereka masuk ke dalam dunia game yang bernama Elder Tale.

Apakah semua manusia masuk di game Elder Tale? Tidak. Hanya mereka yang pernah memainkan Elder Tale yang masuk.
Kira-kira sekitar 30.000 pemain di jepang masuk ke dalam dunia game Elder Tale. Termasuk Shiroe, pemeran utama, beserta teman satu party nya yaitu Naotsugu.

Sekilas mengenai Elder Tale. Jadi game ini adalah game yang macam-macam kategorinya cukup rumit untuk saya ingat atau hafalkan. hehehe Kenapa saya bilang begitu? Karena kategori karakter game Elder Tale bisa bercabang misalnya class dan sub class.

[Baca juga : Cerita Anime Owari No Seraph Season 1 Indonesia]

Karakter di game Elder Tale ada 4 macam class/kelas yaitu Warrior (prajurit), weapon-based (bersenjata), healer (penyembuh), dan mage (penyihir). Dan masing-masing kelas masih dibagi menjadi tiga.

Warrior terbagi menjadi Guardian, Samurai, dan Monk. Bersenjata terbagi menjadi Assasin, Swashblucker, dan Bard. Healer dibagi menjadi Cleric, Druid, dan Kannagi. Terakhir, penyihir terbagi menjadi Sorcerer, Summoner, dan Enchanter.

Contohnya Shiroe, master dari guild Log Horizon adalah penyihir kategori Enchanter. Apa hanya itu saja? Tidak, selain itu masih ada levelnya. Level tertinggi adalah 90. Tetapi sejak manusia masuk dunia game, level tertinggi berubah ke 95 (kalau tidak salah,hehe).

Masih ada lagi. Selain kelas dan level, masih ada races atau bahasa indonesia nya adalah ras/suku. Setidaknya ada 8 ras di game Elder Tale yaitu manusia, elf, dwarf (kerdil), half-avls, were cat, wolf fangs, fox tails, dan race of ritual. Waduh makin pusing bro....

[Baca juga : Ulasan Anime Shokugeki No Souma OVA 4 Indonesia]

Alur Cerita

Inti dari cerita log horizon season 1 adalah bagaimana cara membangun peradaban manusia di dunia game Elder Tale.
Karena manusia yang masuk di dunia game tentunya masih terikat dengan dunia game (alias tidak bisa mati. Namanya juga game) maka beberapa pemain ada yang berbuat kejam sehingga membuat dunia game tidak nyaman dan tentram.

Adalah Shiroe, yang dulunya membenci (bukan membenci, lebih ke skeptis masuk di) guild. Shiroe adalah ahli strategi hebat yang dijuluki penjahat berkacamata. Julukan itu berhasil diraih saat ia bergabung party (klub sementara) terkenal yaitu Deabuchary Tea Party.

Setelah beberapa waktu hidup di dunia game, Shiroe menyadari bahwa ia perlu membentuk sebuah guild dan mengarahkan dunia ini ke dunia yang lebih baik. Maka muncul lah guild Log Horizon dengan anggota awalnya adalah Naotsugu dan Akatsuki.

Jadi Log Horizon hanya memiliki 2 anggota ditambah masternya yaitu Shiroe jadi 3 orang saja. Padahal lazimnya, sebuah guild bisa memiliki lebih dari 100 anggota. Dari Log Horizon lah, Shiroe berniat membangun kembali kota Akihabara. Dan di dalam akihabara terdapat beberapa guild terkenal, Shiroe mengundang pimpinan mereka untuk membentuk suatu perkumpulan yaitu aliansi meja bundar (bukan KMB ya).

Total, 11 guild yang tergabung dalam Aliansi Meja Bundar yaitu Log Horizon, DDD, Black Sword Knight, Honesty, Prajurit Angin Barat, dan lain-lain. Jadi untuk mengetahui macam-macam guild memang sebaiknya Anda menonton sendiri. Yang jelas, meskipun banyak kategori, namun dalam animenya Anda tidak akan kesulitan memahami alur cerita.

[Baca juga : 7 Fitur Baru Dream League Soccer 2018]

Aliansi Meja Bundar

Aliansi Meja Bundar merupakan bentuk kejeniusan dari Shiroe. Padahal tidak mudah menyatukan berbagai macam guild dengan karakter berbeda. Namun berkat strategi Shiroe, mereka semua (terpaksa) menyetujui rencana dan ikut Aliansi Meja Bundar.

Sebenarnya terdapat 12 guild yang diundang tetapi satu guild langsung tidak setuju tanpa mendengarkan penjelasan Shiroe dan memilih walk out. Guild tersebut adalah Silver Sword yang dimiliki master William Massachusets.

Strategi Shiroe dimulai dengan menjual makanan rasa asli. Di dunia game, semua makanan memiliki rasa tawar. Namun saat Nyanta bergabung dengan Log Horizon dan memiliki resep khusus, maka Shiroe menggunakannya untuk menarik masyarakat Akihabara.

Strategi puncak Shiroe diakhiri dengan pembelian seluruh gedung guild di Akihabara sehingga Shiroe lah pemilik tunggal segala fasilitas di Akihabara. Jadi otomatis para master guild tidak berdaya terutama master dari guild besar seperti Isaac dan Krusty.

Terbentuknya Aliansi Meja Bundar dapat memulihkan kondisi kota baik secara ekonomi dan politik. Kekerasan dan kekejaman berhasil ditumpas dan rakyat dapat hidup sejahtera. Apakah masalah sudah selesai? Tentu saja belum.
Di dalam game Elder Tale, selain manusia yang menjadi pemain game, terdapat karakter bawaan game yang disebut sebagai pribumi. Sedangkan para pemain disebut sebagai petualang. Selanjutnya, seperti yang diduga oleh Shiroe, terjadi pertentangan antara pribumi dan petualang.

[Baca juga : Mengatasi Masalah Connect ShareIt PC Terbaru November 2017]

Log Horizon dan Debauchery Tea Party

Kembali ke guild Log Horizon. Apakah guild ini hanya beranggotakan 2 orang saja? Tidak. Selanjutnya akan ada banyak orang yang tergabung dalam guild ini. Dan banyak guild besar yang respek meskipun guild ini masih kecil.

Kalau tidak salah, total ada 8 orang yang masuk di guild Log Horizon untuk season pertama ini. Berikut ulasan singkatnya :
  1. Shiroe : tentu saja karena ia adalah masternya.
  2. Naotsugu : teman sejak masih satu party terkenal yaitu Deabuchery Tea Party 
  3. Akatsuki : kenal karena pernah satu party dengan Shiroe
  4. Nyanta : kenal dalam satu party terkenal. Sama dengan Noutsugu. Seringkali dipanggil ketua
  5. Minori : gamer pemula. kenal karena dibimbing Shiroe
  6. Tohya : sama dengan minori. Tohya adalah teman dekat minori
  7. Rundelhous Code : asalnya dia adalah pribumi. satu geng dengan isuzu, minori, dan tohya.
  8. Isuzu : teman minori dan tohya yang kenal pada waktu diperbudak
Sedangkan Debauchery Tea Party adalah kumpulan sementara yang sudah lama dibubarkan. Nyanta, Shiroe, dan Noutsugu merupakan anggotanya.
Dalam season 1 ini setidaknya ada 5 anggota party yang dimunculkan. Selain ketiganya, masih ada Soujiro dan Nazuna. Soujiro adalah master dari guild prajurit angin barat. Sedankan Nazuna adalah wakilnya.

Debauchery Tea Party terkenal akan kehebatannya bahkan sampai memenangi quest (misi) yang legenda atau sulit dilakukan guild besar. Tentu saja party ini diisi oleh orang-orang hebat. Banyak pemain yang ingin masuk di party ini tetapi party ini sudah bubar. Adapun ketuanya adalah Kanami, yang nantinya muncul di season kedua.

[Baca juga : Paket Internet IM3 65 GB hanya dengan 150 Ribu]

Romance

Di sini lah kenapa saya merasa genre romance perlu dicantumkan. Terdapat beberapa kisah asmara yang terjadi di antara pemain. Misalnya Shiroe disukai dua wanita yaitu Akatsuki dan Minori. Di dunia nyata, Akatsuki seumuran dengan Shiroe yaitu mahasiswa tingkat akhir. Tetapi Minori masih SMA/SMP.

Bukan hanya Akatsuki dan Minori, masih ada cewek yang kesemsem dengan Shiroe meski hanya sekilas seperti Henrietta. Dan juga, jika Shiroe menampakkan kebaikannya kepada semua orang tentunya makin banyak yang suka.

Ada juga Noutsugu yang disukai oleh Marielle dan Tetra. Kalau Tetra sepertinya tidak soalnya dia di dunia nyata adalah laki-laki. Lalu Nyanta dengan Serara. Rundelhous Code dengan Isuzu. Krusty dengan Putri. Dan masih banyak lagi.

Demikian yang bisa saya ulas. Sebenarnya masih belum cukup, tetapi dicukupkan segini saja biar Anda bisa melihat animenya dengan seksama. Adapun alur cerita cukup mudah dipahami karena penyajian peristiwanya diangkat secara pelan-pelan. Alur konflik dan keseruan cerita juga muncul ketika menonton anime ini. Kalau diibaratkan angka 1-10 maka Cerita Madya memberi nilai 7,5. Terima kasih atas kunjungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar