Minggu, 29 April 2018

Cerita dan Ending Film Annihilation

Alur Cerita Film Annihilation | Review Film Annihilation | Lama vakum dari mengunduh dan menonton film barat, kali ini saya dibuat bingung dan heran oleh film satu ini. Kenapa? Simak ulasannya berikut ini!

Film ini yang memiliki durasi sekitar 115 menit ini memiliki judul "Annihilation" yang dalam bahasa Indonesia berarti Pengikisan. Jujur saya kira, awal melihat poster dan trailer film ini saya berfikir film ini membahas tentang tema horor atau hantu. Ternyata salah, film ini bertema sci-fi atau ilmu pengetahuan.

Poster Film by Netflix
Satu lagi, selama mengecek list film yang ada di bioskop saya belum atau tidak menemukan film ini. Usut punya usut, film ini memang sengaja batal tayang di Indonesia. Alasannya, seperti yang ditulis di portal-portal berita, film ini "terlalu pintar" bagi orang awam.

Loh kok bisa?! Tidak percaya?! Silahkan ditonton filmnya dan saya jamin kebanyakan dari Anda kebingungan memahami film ini. Saya sendiri juga bingung. Apakah berarti saya termasuk orang awam?! hehehe

[Baca juga : Alur Cerita Film Ruqyah The Exorcism]

Pemain dan Sinopsis

Film ini berpusat pada satu perempuan yang sekaligus istri tentara bernama Lena yang diperankan oleh Natalie Portman. Tidak kenal atau penasaran Natalie Portman? Ia juga main sebagai kekasih Thor di film superhero Thor Marvel. Film ini tayang pada akhir Februari 2018. Masih baru dan gress film nya.

Lena bekerja sebagai Professor biologi di sebuah universitas. Setahun suaminya tidak pernah kembali pulang setelah mengikuti misi, tiba-tiba pulang ke rumah dan hanya terdiam saat ia tanyai. Dan juga, keluar darah di gelas yang diminum suaminya.

Usut punya usut, suaminya telah mengikuti misi atau ekspedisi yang cukup berbahaya. Lena pun memutuskan untuk ikut ekspedisi tersebut ke dalam zona misterius dimana hukum alam tidak berlaku sama sekali. Apakah Lena akan selamat dan pulang kembali?

Lena tidak sendiri. Ia ditemani oleh Dr Ventress, Anya, Cass Sheppard, dan Josie Radek (Tessa Thompson yang juga main di Thor Ragnarok sebagai Valkryie). Masing-masing juga memiliki latar belakang ilmu sains berbeda-beda.

Alur Cerita

Film ini beralur mundur. Di awal film, Lena duduk dan diinterogasi oleh Lomax mengenai pengalamannya masuk ke zona misterius itu. Sebenarnya apa zona misterius itu? Zona itu disebut The Shimmer.

The Shimmer digambarkan sebagai daerah yang dikelilingi oleh dinding berwarna-warni seperti pelangi. Mengapa diinterogasi? Karena siapa saja yang masuk di sana, semuanya tidak kembali alias mati. Makanya Lena diinterogasi bagaimana ia masih bisa selamat. Akhirnya ia pun mulai bercerita. Dimulai lah alur mundur.

Sesaat setelah suaminya baru pulang dari misi (setelah satu tahun tidak pulang-pulang), suaminya mengalami kejang-kejang. Dibawa lah suaminya ke rumah sakit terdekat dengan ambulans. Tetapi di tengah jalan, ambulans dicegat oleh beberapa mobil yang menyerupai mobil FBI atau mata-mata.

Ia dan suaminya dibawa di area X. Di sana ia bertemu Dr Ventress dan berbicara mengenai suaminya. Suaminya setahun lalu mengikuti misi masuk ke area The Shimmer tetapi tidak kembali-kembali sebagaimana relawan sebelumnya. Tetapi tiba-tiba suaminya pulang ke rumah. Makanya Lena dan suaminya dijemput paksa oleh tim.

Lena shock. Mengapa? Semua yang masuk ke The Shimmer adalah relawan dan mereka diberitahu bahwa jika mereka masuk maka mereka tidak kembali. Ada dua teori yang menyebutkan alasan mereka tidak kembali yaitu mereka bunuh diri atau saling membunuh. Artinya relawan yang bersedia masuk di The Shimmer sudah rela mati alias ini jelas sebuah misi bunuh diri.

Mengapa suaminya bunuh diri? Mengapa suaminya mau menjadi relawan? Dalam flashback diceritakan ternyata Lena selingkuh dengan sesama Professor di kampusnya yaitu Daniel. Mungkin, suaminya tahu bahwa Lena selingkuh dan sudah tidak tahu bagaimana cara mempertahankan hubungannya akhirnya ia memilih bunuh diri dengan menjadi relawan. Padahal suaminya sayang dan perhatian (humoris) kepada Lena.

Mengetahui hal tersebut, Lena pun akhirnya memutuskan masuk ke The Shimmer juga untuk menguak misteri zona yang katanya datang dari luar angkasa alias alien. Diceritakan ada "meteor" yang jatuh di mercusuar dekat pantai setelah itu memunculkan zona yang dikelilingi dinding dan terus meluas. Pemerintah merahasiakan hal ini dan mengatakan hanya kebocoran zat kimia padahal area yang terdampak semakin luas.

Singkat cerita, Lena masuk ke zona misterius itu dengan 4 orang lainnya yang sudah saya sebutkan di atas. Setelah masuk, fakta demi fakta terkuak. Pertama, semua orang yang masuk atau relawan memiliki masa lalu yang buruk. Kedua, di dalam The Shimmer, hukum biologi tidak berlaku karena terjadi persilangan gen yang dengan cepat membelah. Ketiga, mereka yang masuk ke zona itu, sudah lupa hari kemarin (bukan keseluruhan masa lalu, hanya lupa jangka beberapa hari saja).

Mereka yang masuk zona The Shimmer berfikir bahwa mereka cuma beberapa hari saja di sana tetapi aslinya mereka sudah berbulan-bulan bahkan tahunan. Dan mitos mengenai matinya para relawan benar terjadi, tim Lena bergantian mati. Pertama Sheppard mati digigit beruang lalu Anya juga digigit beruang. Kemudian Radek menjadi tumbuhan dan Dr Ventress mati melawan kloning nya.

Sedikit demi sedikit, misteri terkuak mengenai sosok The Shimmer. Ia merupakan alien yang memiliki gen yang dapat membelah dan meyilang antar gen. Bukan hanya gen manusia, tetapi binatang hingga tumbuhan. Saat masuk, Lena kaget banyak persilangan tumbuhan yang aneh dan mustahil. Bagaimana bisa satu pohon memiliki banyak daun yang berbeda dan dari jenis beda pula.

Tim Lena juga sempat melawan buaya besar yang memiliki gigi aneh. Paling aneh, beruang dapat menirukan suara manusia. Scene paling horor adalah Sheppard yang seharusnya mati digigit beruang, tiba-tiba bersuara meminta tolong. Saat Anya datang membantu, malah beruang yang muncul dan bersuara seperti suara Sheppard. Ini artinya gen Sheppard masuk ke tubuh beruang. (Ini hipotesa ngawur ala Cerita Madya).

Ngeri, tubuh beruang tetapi suara cewek minta tolong. Help... Help.... Kok bisa ya?! Mungkin hipotesa ngawur tadi bisa jadi alasannya. Bisa juga itu mungkin disebabkan beruang itu hanya menggigit dan merobek leher Sheppard jadi saat Sheppard digigit dan minta tolong, pita suaranya dimakan oleh beruang itu. Huek.... Ngeri coy...

[Baca juga : Alur Cerita Film Cahaya Cinta Pesantren]

Ending Film

Ending film ini mungkin harus dimulai dan dipahami dari final fight atau pertempuran lawan bos terakhir seperti dalam game. Yaitu melawan kloningnya. Saat Lena masuk mercusuar, ia melihat sebuah kamera video yang terletak di depan jasad manusia yang gosong.

Saat Lena melihat rekaman ulangnya, ia kembali kaget dan tidak percaya jika jasad gosong itu adalah suaminya. Lalu yang pulang ke rumahnya itu siapa? Hantu? Tapi jelas-jelas suara dan tubuhnya sama dan bisa dipegang.

Tapi dalam rekaman itu, jelas-jelas suaminya berkata bahwa ia sudah tidak ada niatan hidup dan berkata dengan "seseorang" untuk menemui Lena. Seseorang yang disebut ternyata juga ada dalam video itu. Jadi bingung siapa dan mana yang asli.

Usai melihat video, Lena masuk ke sebuah gua yang kelihatan dibuat oleh alien. Saat di dalam, Lena kaget melihat Dr Ventress sudah ada di dalam dan berbicara hal yang tidak jelas.
Tiba-tiba, Dr Ventress berubah menjadi gak tahu bentuk makhluk apa mungkin seperti lingkaran bulat. Saat setetes darah Lena masuk dalam "lingkaran gak jelas" itu, tiba-tiba makhluk itu berubah menjadi sebuah sosok manusia yang bentuk badannya mirip Lena.

Di sini lah pertarungan dimulai. Saat Lena memukul sosok itu, sosok tersebut balas memukul Lena. Lena mundur, sosok itu mundur. Lena jatuh, sosok itu juga jatuh. Saya menyimpulkan bahwa itu adalah kloningan Lena meski sosoknya masih belum ada warnanya.

Hasil duel itu, Lena jelas kalah. Setelah mengamati gerakan sosok itu, Lena pun pelan-pelan mengambil granat fosfor dan menyerahkannya ke tangan sosok itu. Lah, di momen Lena menggenggam tangan sosok itu, tiba-tiba sosok itu ada warna nya dan seutuhnya mirip Lena. Lena berdarah, sosok itu ternyata juga berdarah.

Singkat cerita, sosok itu pun meledak gara-gara granat fosfor itu. Walhasil, api yang muncul akibat granat fosfor menyebar dan menyebabkan The Shimmer hilang. Begitu lah cerita mundur yang diutarakan Lena saat interogasi.

[Baca juga : Alur Cerita Film Cinta Laki-Laki Biasa]

Di akhir scene film, Lena dan suaminya berpelukan tetapi kedua matanya (Lena dan suaminya) berubah warna nya. Apakah maksudnya? Apakah keduanya masih manusia atau kloningan? Anda perlu dua kali menonton filmnya.

Tapi yang bisa saya simpulkan dari apa yang saya tonton adalah Lena masih manusia dan satu-satunya yang berhasil selamat dari The Shimmer. Sedangkan suaminya adalah kloningan. Kesimpulan saya mungkin berbeda dengan Anda. Itu terserah Anda karena saya bukan ahli film. Bagaimana pendapatmu???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar