Sabtu, 10 November 2018

Cara Hapus Akun Mendeley

Delete Akun Mendeley | Cara Tutup Mendeley | Halo pembaca Cerita Madya. Tentu menarik bisa menggunakan Mendeley dengan maksimal. Namun jika Anda merasa ingin menghapus akun Mendeley, berikut adalah langkah-langkahnya

Bagi Anda yang belum mengerti apa itu Mendeley, sedikit kita ulas di sini. Mendeley. Mendeley adalah salah satu software yang berfokus pada “citation dan reference manager”.  Nah, citation atau bahasa Indonya adalah kutipan, merupakan salah satu elemen penting dalam membuat tulisan ilmiah.

[Baca juga : Cara Blokir Nomor dan Panggilan Infinix Zero 4]

Bagi Anda yang merupakan mahasiswa, peneliti, atau yang hobi menulis tulisan ilmiah, perlu nih untuk menggunakan aplikasi Mendeley ini. Karena salah satu tujuannya adalah untuk melacak kutipan atau sitiran yang digunakan.

Jadi, Mendeley ini seperti pelacak status sumber yang dikutip oleh peneliti. Nantinya kita juga dapat mengelompokkan berbagai kutipan tersebut dalam beberapa kategori yang berbeda. Nah, yang jadi masalah, saya merasa masih belum "perlu" menggunakan Mendeley dan sudah membuat akun Mendeley.

Otomatis, saya pun berinisiatif menghapus akun Mendeley terlebih dahulu karena untuk efisiensi data internet saya. Mungkin jika nanti merasa butuh untuk membuat akun Mendeley lagi, maka cukup membuat akun baru kembali.

Di samping itu, ada banyak aplikasi citation yang dibuat dan dikembangkan tetapi yang sedang digandrungi saat ini adalah Mendeley. Jadi Anda dapat menggunakan aplikasi selain Mendeley. Lalu bagaimana cara menghapus akun Mendeley? Berikut langkah-langkahnya

1. Masuk ke situs Mendeley atau www.mendeley.com

2. Setelah Anda membuka situs Mendeley, maka silahkan masukkan email dan kata sandi untuk Sign In akun Mendeley Anda

3. Setelah berhasil Sign ini, maka tampilannya harusnya seperti di bawah ini


Langkah selanjutnya adalah klik gambar arah bawah yang terletak di pojok kanan atas seperti yang dilingkari warna merah pada gambar di atas (tulisan merah Langkah ke 1). Setelah itu, terdapat beberapa tab dan pilih "Settings & privacy" (tulisan merah Langkah ke 2)

[Baca juga : Lirik Lagu Sabyan - Allahumma Labbaik]

4. Setelah masuk ke Settings & privacy, harusnya dan pastinya Anda juga sudah masuk ke tab Account. Jika sudah, silahkan scroll bawah dan temukan "Close Mendeley Account" seperti gambar di bawah ini


Jika sudah ketemu, silahkan klik tombol "Close Mendeley Account". Namun ingat, ketika Anda ingin hapus akun berarti Anda siap untuk kehilangan data yang Anda simpan di sistem Mendeley. Itulah kata peringatan yang ditulis di atas tombol Close tersebut.

5. Selanjutnya akan muncul notifikasi peringatan, tentu yang Anda tekan tinggal klik "Yes" seperti pada gambar di bawah ini

Isi peringatan tersebut artinya kurang lebih seperti ini : "(Penghapusan akun) Ini akan menyebabkan data pribadi Anda menjadi anonim atau dihapus dari sistem. Beberapa kontribusi publik mungkin tidak terhapus tetapi akan menjadi anonim dan tetap muncul"

6. Terakhir, Anda diminta untuk konfirmasi penutupan akun dengan cara ketik kata "CLOSE" seperti pada gambar di bawah ini


Nah, seperti gambar di atas, silahkan ketik kata "CLOSE" (huruf kapital semua) di bawahnya. Lalu silahkan klik tombol "Close Mendeley Account" maka akun Anda sudah berhasil dihapus. Bagaimana? Mudah, bukan?!

Mungkin yang menjadi pertanyaan saya adalah biasanya setelah menghapus sebuah akun maka akan muncul email pemberitahuan bahwa akun telah ditutup atau dihapus. Nah, di penghapusan akun Mendeley ini, email pemberitahuan tidak muncul. Apakah penghapusan akun gagal?

Ternyata, di akhir setelah kita menghapus akun Mendeley, terdapat beberapa pemberitahuan yang isinya kurang lebih seperti ini artinya "Kami telah berhasil menutup akun Mendeley Anda dan secepatnya akan menjadi anonim....bla bla bla...... Nama dan email Anda akan tetap menjadi bagian data dari akun global Elsevier dan untuk menutup penuh akun Elsevier Anda, silahkan hubungi Mendeley Support"

[Baca juga : Cara Mengetahui Chat WhatsApp Yang Telah Dihapus]

Nah, ketahuan dari situ bahwa saat kita mendaftar akun Mendeley maka otomatis kita juga punya akun Elsevier. Apa itu Elsevier? Saya kurang begitu tahu dan belum cari tahu. Namun yang jelas, setelah itu saya berusaha menghubungi Mendeley Support.

Intinya, kita berhasil menghapus akun Mendeley. Mungkin setelah beberapa hari baru akan muncul email pemberitahuan tersebut. Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar