Minggu, 11 November 2018

Cara Hapus Akun Adobe 2018

Delete Adobe ID | Hapus Akun Adobe Permanen | Adobe merupakan perusahan yang berfokus pada desain, grafis, dan pengembangan web misalnya Adobe Photoshop, Adobe Acrobat PDF Reader, dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana cara hapus akun Adobe?

Sebenarnya, saat kita menggunakan aplikasi seperti Photoshop atau PDF Reader, kita tak perlu membuat akun Adobe. Artinya siapapun bisa mengakses dan menggunakan aplikasi Adobe. Mungkin perbedaannya hanya terletak bagi Anda yang ingin membeli lisensi dan mendapatkan full fitur.


Namun jika hanya sebatas penggunaan normal maka tidak perlu membuat akun Adobe. Nah, saya pun baru menyadarinya saat menggunakan ponsel lain. Otomatis, dengan alasan efisiensi, saya pun berencana menghapus akun Adobe.

Lalu bagaimana cara menghapus akun Adobe secara permanen? Seperti biasa, pertama saya cek di pengaturan profil karena biasanya opsi penutupan akun terletak di sana. Sayangnya, yang saya cari tidak ada.

[Baca juga : Cara Hapus Akun Mendeley]

Begitu pula saat saya coba cari di mesin pencari mengenai cara hapus akun Adobe. Mereka merekomendasikan untuk lihat profil dan cari hapus akun seperti cara pada umumnya. Nihil. Mungkin cara yang mereka buat sudah lama dan pengaturan Adobe sudah berubah.

Akhirnya tanpa basa basi. Saya pun menghubungi pihak Adobe support melalui chat. Dari mana saya bisa chat dengan petugasnya? Caranya mudah. Pertama Anda harus login. Lalu, di halaman depan silahkan cari menu "Support" dan pilih tab "Contact Adobe".

Jika sudah masuk di Contact Adobe, silahkan cari fitur chat dan Anda tinggal mulai tuliskan keluhan atau cara hapus akun di chat tersebut. Tak lama kemudian, pihak Adobe akan membalas dan membantu Anda untuk menutup akun.

Berikut ini adalah hasil chat saya dengan pihak Adobe untuk menutup akun Adobe saya. Dan terlihat pihak Adobe cukup cepat respon dan cara menghapus cukup mudah. Chat nya cukup panjang. Berikut ini bagian awal saat saya coba basa-basi dan tanya cara hapus akun.
Adobe: Hello. Welcome to Adobe Membership Services.
Me: Hello. I want to delete my Adobe ID. How to delete it permanently?
Adobe: I will certainly help you with the same.
Adobe: May I know your first and last name along with your email address.
Me: Name : Madya
Me: Email : contoh@contoh.com
Me: i have several Adobe ID, so i want delete some
Adobe: Thank you Madya for the information.
Nah, di awal chat tadi. Pihak Adobe meminta nama dan akun email kita yang akan dihapus. Jadi pihak Adobe sendiri yang akan menghapusnya. Kita tinggal meminta kepada pihak Support- nya untuk menghapus akun kita.

[Baca juga : Cerita Film The Equalizer 2]

Lalu, chat masih berlanjut. Pihak Adobe meminta konfirmasi apakah akun kita benar-benar ingin dihapuskan atau tidak. Berikut lanjutan chant nya.
Adobe: Please share the all the email address which you want to delete.
Me: For now, i want delete one of my ID...
Me: can i delete it? How?
Adobe: Sure I will do that for you./
Adobe: We have received your request to close your account and we are sorry to see you go. When we close your account, you will no longer be able to use this Adobe ID to log into any Adobe apps, services or support services. Any active subscriptions associated with this Adobe ID will be cancelled. Upon closure, your account and its contents automatically will be scheduled for deletion. We will still keep basic information about any contractual agreement we had with you and the products and services you used in accordance with our business record retention obligations. 
Adobe: Account deletion is permanent and irreversible so, before you close your account, please make sure that you have downloaded everything you store with us that you want to keep, like files stored in Document Cloud, photos stored in Lightroom, Learning Services data including training history, contracts stored in Adobe Sign, or projects stored in Creative Cloud.
Adobe: Please confirm that you would like to proceed with the closure and deletion of your Adobe ID account by responding with the text “I AGREE”.
Me: Thanks for your attention before
Adobe: You're welcome Madya.
Me: I AGREE
Adobe: Perfect!!
Adobe: Your account will be deleted maximum in 30 days.
Mantap. Pihak Adobe memberitahukan bahwa akun Adobe saya sudah dihapus. Bisa Anda lihat di chat atas bahwa pihak Adobe meminta konfirmasi dengan menyuruh kita untuk mengetik kata "I AGREE" atau saya setuju untuk penghapusan akun.
Adobe: Is there anything else I can help you with?
Me: so, my Adobe ID can't be access
Me: thanks
Adobe: That's correct.
Adobe: It will take maximum 30 days to delete your account and all the access,.
Adobe: Is there anything else I can help you?
Me: No. Just enough... thanks
Adobe: You are going to receive a customer satisfaction survey. I would appreciate it if you fill it out. Thank you, goodbye!
Di akhir chat, saya kembali menanyakan apakah akun Adobe saya berhasil dihapus dan tidak bisa diakses. Pihak Adobe menjawab "iya" dan akan memakan waktu 30 hari untuk proses penghapusan akun secara permanen. Jadi ditunggu saja.

Demikian cara hapus akun Adobe terbaru untuk 2018. Btw, cara ini saya terapkan pada November artinya masih baru dan berhasil saya coba. Silahkan diterapkan dan apabila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar