Senin, 31 Desember 2018

Kilas Balik Blog Cerita Madya 2018

Cerita Madya Selama 2018 | Trafik Blog Madya 2018 | Tinggal menghitung jam, tahun akan berganti. Tahun yang akan dilewati ini tentu memiliki sejarah bagi blog ini sendiri. Bagaimana kilas balik selama tahun 2018 ini?

Tahun 2018 diisi dengan berbagai peristiwa menarik, entah itu dari dunia maya maupun dunia nyata. Namun di sini, yang akan kita bahas adalah peristiwa yang dilewati blog Cerita Madya ini. Anda juga bisa lihat kilas balik tahun 2017 di blog ini juga.

[Baca juga : Kilas Balik dan Artikel Paling Dicari Di Blog Madya 2017]

Frekuensi Post

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, yang pertama perlu dicatat adalah perkembangan atau statistik postingan atau artikel yang terbit setiap bulannya. Nah, data singkatnya bisa Anda lihat di bawah ini, berapa artikel yang muncul tiap bulannya.

  1. Januari : 2 artikel
  2. Februari : 4 artikel
  3. Maret : 4 artikel
  4. April : 6 artikel
  5. Mei : 3 artikel
  6. Juni : 5 artikel
  7. Juli : 6 artikel
  8. Agustus : 16 artikel
  9. September : 16 artikel
  10. Oktober : 7 artikel
  11. November : 13 artikel
  12. Desember  : 9 artikel

Total keseluruhan artikel yang dimuat pada tahun 2018 (termasuk artikel ini) sejumlah 91 artikel. Ini tentu jauh dari target pencapaian (sebulan 10 artikel) dari target 120 artikel menjadi 91 artikel, berarti kurang 29 artikel.

Daftar bulan yang dilatarbelakangi warna merah (bulan) berarti bulan yang kritis penulisan karena dibawah 5 artikel. Sedangkan yang diwarnai kuning (bulan) berarti bulan tersebut tidak memenuhi target 10 artikel sebulan.

Cek Rank

Selanjutnya, adalah cek posisi atau ranking blog Cerita Madya hingga akhir tahun 2018 atau hari ini. Cara cek rank atau posisi blog, biasanya saya mengandalkan situs dari Alexa. Meskipun saya tidak tahu bagaimana cara kerja tools nya, namun situs itu masih menjadi patokan dalam cek rank blog.

Source : Alexa
Nah, Anda bisa cek gambar di atas untuk hasil dari Alexa. Dibandingkan akhir tahun 2017, posisi blog Cerita Madya mengalami peningkatan. Misal posisi global dari 4.404.443 menjadi 2.099.404 sedangkan posisi di Indonesia dari 65.573 menjadi 39.616. Lumayan jika dilihat setahun yang lalu.

Namun kalau dibandingkan dengan waktu ulang tahun blog ini (sekitar bulan September) maka bisa dikatakan mengalami penurunan. Misal posisi global waktu itu sekitar 2.096.349 sekarang jadi 2.099.404 sedangkan posisi blog di wilayah Indonesia sempat menyentuh 29.992 sekarang menjadi 39.616....

Dalam tahun 2018 ini juga ada beberapa artikel yang berhasil menjadi trending di blog ini. Bahkan ada yang sejak tahun 2017 tetap menduduki posisi teratas sebagai artikel populer selama tahun 218. Bagi Anda yang penasaran, baca "Artikel Paling Dicari Di Blog Selama 2018"

Penjelasan Kategori

Yang tak kalah penting nya, bagi Anda yang baru mengunjungi blog ini, sudah banyak artikel yang telah diangkat dan dibagi ke dalam beberapa kategori atau label. Anda bisa memilih kategori-kategori tersebut sesuai dengan tema apa yang sedang Anda cari.

Mungkin bagi Anda yang kebingungan, berikut ini adalah penjelasan kategori yang ada di dalam Blog Cerita Madya ini, baik kategori baru maupun kategori yang sudah lama.

  1. AdSense : Berisi artikel-artikel seputar tata cara atau pengalaman dalam mendalami AdSense. Label ini jarang ditambah artikelnya karena blog ini tidak (belum) menargetkan sesuatu dalam dunia AdSense
  2. Blog : Berisi artikel-artikel seputar perkembangan dan tutorial untuk merubah atau mempercantik blog
  3. Cara : Berisi artikel-artikel seputar tutorial di luar dunia blog. Misalnya cara membuat akun F@cebook, cara beli, dan lain-lain.
  4. Film : Berisi artikel-artikel seputar review atau alur cerita dari film yang sudah ditonton
  5. Game : Berisi artikel-artikel seputar game atau permainan baik di smartphone, laptop, maupun tablet.
  6. HTML : Berisi artikel-artikel seputar kode-kode HTML
  7. Infinix Hot 2 : Berisi artikel-artikel seputar tata cara atau informasi yang bisa digunakan dalam Infinix Hot 2
  8. Jagaaaaan : Berisi artikel-artikel seputar manga baru bernama Jagaaaan. Label ini agak jarang karena kami juga sudah jarang mengikuti manga satu ini.
  9. Kartun : Berisi artikel-artikel seputar informasi atau pengetahuan tentang kartun baik kartun dalam negeri maupun luar negeri (termasuk kartun jepang alias anime)
  10. Laptop : Berisi artikel-artikel seputar per-laptop-an. Label ini jarang diisi karena kurang mendalami masalah dunia laptop 
  11. Lirik : Berisi artikel-artikel seputar lirik lagu-lagu yang sedang populer. Label ini nantinya jarang karena hanya lirik lagu tertentu yang ditarget untuk ditulis
  12. Lumia 520 : Berisi artikel-artikel seputar handphone Windows Phone secara umum, dan Lumia 520 secara khusus
  13. Manga : Berisi artikel-artikel seputar dunia manga atau komik jepang
  14. Pengalaman : Berisi artikel-artikel seputar pengalaman yang pernah penulis alami. Label pengalaman berbeda dengan travel. Misalnya pengalaman masuk kampus, pengalaman masuk stadion
  15. Travel : Berisi artikel-artikel seputar pengalaman jalan-jalan ke suatu tempat atau review perjalanan wisata yang penulis jalani. Label ini ditargetkan hanya diisi destinasi wisata, misalnya kebun binatang, pantai, museum, dan lain-lain
  16. Zenfone 3 : Berisi artikel-artikel seputar smartphone Zenfone 3
  17. Umum : Berisi artikel-artikel seputar informasi di luar topik yang disediakan
  18. Buku : Berisi ulasan buku. Namun sudah tidak terbit artikel lagi karena sudah ada blog khusus
  19. ShareIt : Berisi artikel mengenai masalah dan cara mengatasi ShareIt baik PC atau ponsel

Nah, dari sekian banyak kategori, mungkin Anda ingin memberi saran atau usulan, silahkan tulis di kolom komentar. Mungkin kategorinya terlalu banyak dan memang ini suatu keniscayaan karena blog ini adalah blog gado-gado alias campur dari semua pengalaman Madya.

Data Analitik

Data analitik adalah data pengunjung blog ini yang diambil dari Google Analytics. Dari setahun perjalanan Cerita Madya, cuku banyak pengunjung yang bersedia mengunjungi blog ini. Rata-rata trafik pengunjung di blog ini sekitar 500 pengunjung.

Selama tahun 2018, dari sekian banyak pengunjung khususnya Indonesia, berikut jumlah dan persentasi nya sebagaimana yang dikutip dari Google Analytics :

  1. Jakarta : lebih dari 60.000 
  2. Surabaya : lebih dari 45.000
  3. Medan : lebih dari 15.000
  4. Makassar : lebih dari 10.000
  5. Bandung : lebih dari 9.000
  6. (not set) : lebih dari 4.000
  7. Palembang : lebih dari 3.900
  8. Semarang : lebih dari 3.900
  9. Surakarta : lebih dari 2.400
  10. Denpasar : lebih dari 2.300

Itu untuk data pengunjung dari Indonesia saja, sedangkan jika kita lihat dari sisi negara maka tentu negara Indonesia yang terbanyak, mengingat blog ini berbahasa Indonesia. Selanjutnya dari Amerika, Malaysia, dan Singapura.

Harapan Baru

Kenapa harapan baru, bukan target baru? Tiada yang ditargetkan saat membuat blog ini, blog Cerita Madya hanya sekedar iseng dan dokumentasi dari sedikit aktifitas atau pengalaman yang penulis bagi di blog ini.

Blog ini hanya gambaran kecil dari pengalaman yang Madya jalani. Ada blog-blog lain yang juga merekam pengalaman yang berbeda. Maka dari itu, blog ini berharap tahun depan blog ini semakin bermanfaat bagi para pembaca meskipun ini sekedar iseng.

Semoga bisa memenuhi harapan dalam sebulan dapat membuat 10 artikel. Semoga pengunjung per harinya bisa mencapai 1000 pengunjung tiap harinya. Dan terpenting, semoga blog ini bermanfaat baik bagi pembaca maupun penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar