Sabtu, 23 Februari 2019

Cara Memasang Lemari Gantung Plastik Naiba

Tutorial Pasang Lemari Naiba | Cara Susun Lemari Plastik Naiba | Beberapa hari lalu, Madya sempat membeli lemari plastik dengan merek Naiba. Saat membuka kardus nya, Madya tidak menemukan buku panduan sehingga harus memasang sendiri.

Padahal, komponen-komponen nya sendiri lumayan banyak. Parahnya, apabila Anda salah merakit nya maka yang susah adalah ketika mencabut atau membongkarnya kembali. Cukup memeras keringat karena khawatir patah dan rusak.

[Baca juga : Lirik Lagu Galau- Yowis Ben 2 Versi Indonesia]

Tapi selama proses pemasangan, baik rakit atau mencabut, alhamdulillah lemari plastik Naiba ini cukup kuat. Lah kok jadi promosi. Artikel ini tidak disponsori oleh merek lemarinya. Hanya sekedar berbagi pengalaman cara memasang lemari Naiba.

Lalu bagaimana Madya bisa merakitnya padahal tidak ada panduannya? Caranya sendiri ternyata cukup mudah. Dengan catatan mau sedikit berfikir dan membayangkan mau ditaruh dimana kerangka atau komponennya.

Bisa juga dibantu dengan cari video di Youtube, meskipun sependek yang Madya cari, belum ada video terlengkap yang membahas cara memasang lemari gantung plastik Naiba. Setelah merakit sendiri, lemari nya berhasil tersusun seperti gambar di bawah ini.

cara pasang lemari plastik naiba
Lemari Naiba
Perhatian : Artikel ini tidak memuat gambar secara detail, karena Madya lupa mendokumentasikan proses perakitan lemari Naiba. Agak menyedihkan dan mungkin artikel ini hanya sedikit memberikan informasi mengenai tips dan trik memasangnya saja.

1. Pasang Kunci

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memasang kunci pada lubangnya. Terdapat 4 pintu yang memiliki lubang kunci, namun cukup tiga yang dipasang. Anda bisa lihat di gambar bahwa kuncinya nanti dipasang di gagang warna kuning.

Kenapa mesti kuncinya dulu? Karena kalau memasang kunci pada pintu yang sudah paten maka Anda tidak akan leluasa memasang kunci tersebut. Gerakan Anda akan sulit karena harus menyesuaikan lemari.

[Baca juga : Cara Ganti Nomor HP Aplikasi BSM Android]

Tetapi sebelum dipasang, Anda pasang dulu gagang nya yang berwarna kuning tersebut. Cara pasangnya bagaimana? Kaitkan gagang tersebut menggunakan baut panjang yang disediakan. Total ada 8 baut untuk 4 gagang (masing-masing gagang sejumlah 2 baut). Ingat, baut yang panjang, bukan yang pendek.

Sebelum dipasang, biasanya gagangnya belum ada lubangnya (sudah ada tinggal membuka saja). Maka Anda tinggal cari silet untuk membuka sisa plastik lubangnya. Langkah-langkahnya kalau diruntut seperti ini :
  • Cari dan siapkan 8 baut panjang
  • Siapkan juga obeng minus
  • Lepaskan atau buat lubang pada gagang
  • Pasang 2 baut pada 1 gagang
  • Untuk jaga-jaga, pasang juga kepala/penutup kunci
Jika gagang tidak dipasang baut, maka hasilnya gagang akan mudah goyah dan cepat lepas. Sekali tarik sudah copot. Maka hati-hati saat memasang gagangnya.

Apabila sudah selesai urusan gagang, barulah Anda memasang kunci pada lubang gagang tersebut. 2 kunci untuk lemari atas atau lemari gantung, 1 kunci untuk lemari bawah dan silahkan pilih yang gagang bawah kanan.

Untuk memasang kunci tersebut, sudah tersedia 12 baut. Jadi masing-masing kunci mendapatkan 4 baut lengkap. Usahakan saat memasang bautnya, posisinya sudah pas. Karena pengalaman Madya, dari 12 lubang baut, ada 1 yang ekstra hati-hati karena posisinya yang kurang pas.

2. Pasang kaki lemari

Yang ini juga kadang luput dari perhatian. Madya sendiri yang mengalaminya. Setelah lemarinya sudah jadi, baru mulai pasang kakinya dan otomatis lemarinya harus ditidurkan. Maka dari itu, pasang terlebih dahulu kaki lemarinya.

Bagian mana yang kaki lemari itu? Di sana sudah disediakan plastik yang isinya kaki lemari berbentuk tabung plastik. Kalau tidak salah, terdapat 6 kaki lemari dan 6 penutup atas lemari. Kesemuanya itu dipasang di papan plastik yang menjadi dasar dan atap lemari.

Bingung? Ya wajar karena tidak ada gambarnya. Madya yakin Anda nanti paham sendiri, dengan cara mencari lubang-lubangnya.

3. Mulai rakit lemari

Setelah selesai memasang kunci dan kaki lemari, tiba saat nya untuk memulai merakit bagian lemarinya. Cukup banyak video yang menjelaskan semacam hal itu. Proses perakitan dimulai dari memasang alas atau bagian bawah lemari.

Lalu dihubungkan dengan sisi kanan kiri dan belakangnya. Kemudian baru memasang bagian lemari gantungnya. Intinya, Anda harus menyelesaikan tiap tahap atau tingkatan lemari baru ke tahap selanjutnya.


Anda juga bisa menyelesaikan memasang pinggirnya baru dalamannya, namun pengalaman Madya agak menyulitkan, sehingga ikutilah video yang memaparkan pemasangan dari petugas toko Naibanya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar