Sabtu, 11 Januari 2020

Apa Yang Dilakukan Saat Zenfone 3 Tenggelam

Cara Mengatasi Zenfone 3 Kena Air | Pengalaman Zenfone 3 Kena Air | Akhirnya terjadi. Peristiwa hape atau ponsel kecebur telah dirasakan. Tak tanggung-tanggung, hape langsung mati dan tak berfungsi. Apa yang dilakukan?

Peristiwa hape kena air ini baru sebulan yang lalu. Hape yang Madya pakai saat itu adalah Asus Zenfone 3. Ponsel android yang tipe non-removabled battery (baterai tanam/tidak bisa dilepas) tersebut tiba-tiba jatuh ke dalam ember yang berisi air.

Cuma pemanis gambar, bukan ponsel Madya
Sontak, Madya bergegas mengambil hape yang sudah tercebur itu dengan cepat. Terlihat jelas bahwa keseluruhan body nya sudah masuk ke dalam air, sehingga judul artikel ini diberi kata "tenggelam" karena benar-benar sudah nyemplung.

Lalu apa yang harus dilakukan? Sudah barang tentu, hape yang tenggelam harus segera diangkat dan diambil. Namun setelah itu apa lagi yang harus dilakukan? Berikut ini cerita pengalaman Madya ketika asus zenfone 3 nya tenggelam.

[Baca juga : Setahun menjajal Asus Zenfone 3]

Hape Rusak

Dalam kondisi panik, setelah mengangkat ponsel Asus Zenfone 3 yang tenggelam, Madya segera mengulap atau mengeringkan ponsel tersebut. Setelahnya baru lah ketahuan ponsel Asus Zenfone 3 ini mengalami kerusakan. Apa saja kerusakan nya? Berikut list nya.

Pertama, ponsel mati. Ini cukup wajar, kondisi ponsel Asus Zenfone 3 yang Madya miliki sudah berumur 3 tahun. Dan kondisi di bagian belakang bodinya, sudah terbuka sedikit. Madya tidak bisa membayangkan apakah air nya sudah masuk ke body hape nya melalui celah tersebut.

Kedua, setelah sempat hidup, layar masuk safe mode. Beruntung setelah ponsel Asus Zenfone 3 ini sempat mati total. Kemudian berangsur hidup. Namun dalam kondisi booting atau masuk ke mode sejenis safe mode.

Ketiga, flash atau lampu ponsel mati. Meskipun ponsel nya berhasil hidup namun lampu senter atau flash nya tidak menyala. Tombol nya ada namun tidak dapat ditekan atau merespon. Mungkin air nya benar-benar masuk ke dalam body ponsel sehingga merusak lampu flash nya.

Keempat, kamera terganggu. Setelah kaget mengetahui flash nya mati, Madya coba buka kamera. Ternyata juga ikut terganggu alias tidak bisa dibuka. Di klik icon kamera masuk, namun langsung keluar.

Kelima, mode getaran hilang. Selanjutnya, tidak terasa getaran saat menggunakan tombol back atau home. Setelah dicoba-coba, dalam pengaturan mode getar sudah on atau nya namun ternyata tetap tidak dapat bergetar.

Keenam, selalu mode headset. Kerusakan berikutnya yang cukup berpengaruh adalah ponsel Asus Zenfone 3 ini selalu dalam mode headset. Padahal headset nya tidak ada. Akibatnya, segala jenis suara tidak muncul dari ponsel ini.

Ternyata cukup banyak kerusakan yang dialami ponsel Asus Zenfone 3 saat kemasukan air. Terutama jika cover body bagian belakang nya sudah mulai terbuka sedikit. Sangat bahaya jika air benar-benar masuk lewat celah itu.

[Baca juga : Aplikasi Game Favorit di Ponsel Asus Zenfone 3]

Apa Yang Dilakukan

Lalu apa yang harus dilakukan setelah ponsel Asus Zenfone 3 kemasukan air? Ini merupakan pengalaman Madya, jadi ini bukan tutorial pasti work melainkan sebatas berbagi pengalaman tentang apa yang harus dilakukan ketika ponsel Anda tenggelam.

Pertama adalah tenang. Jangan selalu panik dan khawatir. Panik boleh, tetapi tetap tenang dan ambil sisi positifnya. Saat ponsel sudah diangkat dari air, segera lap ponsel Anda dengan hati-hati.  Gunakan kain yang mudah menyerap air.

Kedua, setelah itu biarkan ponsel Anda meskipun sudah mati. Taruh di tempat yang aman dari air. Apakah harus di taruh di bawah sinar matahari? Menurut Madya tidak perlu, cukup biarkan saja ponsel Anda sambil menunggu kering.

Karena ponsel Asus Zenfone 3 yang Madya miliki sudah agak terbuka body belakang nya, maka ketika proses mengeringkan, posisi ponsel dibuat berdiri sehingga air nya turun dari atas ke bawah. Tetapi kalau body nya tidak terbuka, cukup lentang kan saja ponsel nya.

Ketiga, sabar. Proses pengeringan air dari ponsel tidak jarang membutuhkan waktu yang lama. Jangan mudah berharap dalam waktu singkat sudah selesai. Minimal sehari atau lebih dari itu lebih baik agar ponsel benar-benar dalam kondisi kering.

Apakah di taruh di dalam beras? Silahkan saja. Cuma Madya tidak menerapkan hal demikian karena cover body nya sudah terbuka sehingga khawatir beras nya juga ikut masuk ke dalam body ponsel nya.

Dalam waktu minimal sehari, ponsel sudah bisa dicek atau dinyalakan kembali. Pengalaman dalam ponsel Asus Zenfone 3 ini, dalam sehari sudah menyala namun masih ada kerusakan-kerusakan sebagaimana dijelaskan di atas.

Dari sekian kerusakan yang terjadi, kerusakan yang paling mengganggu adalah ponsel selalu dalam mode headset. Kalau sudah begitu, segala jenis suara tidak akan muncul. Entah itu musik, nada panggilan, dan lain sebagainya.

Segala cara sudah dicari tetapi tidak berhasil atau tidak sesuai. Akhirnya Madya putuskan untuk membiarkan ponsel Asus Zenfone 3 ini lebih lama lagi. Dalam proses pembiaran itu, ponsel nya dibuat dalam keadaan mati.

Sehari atau maksimal dua hari sekali, ponsel Asus Zenfone 3 itu di-charge. Ternyata proses pembiaran itu membuahkan hasil. Sekitar 3 hari kemudian, berbagai kerusakan yang ada menghilang semua, kecuali mode getar yang tetap tidak muncul.

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel berjudul "Apa Yang Harus Dilakukan Saat Zenfone 3 Tenggelam" adalah keringkan ponsel nya sampai benar-benar kering. Jangan lupa bagian luar nya dilap dan dikeringkan. Tunggu beberapa jam atau sehari untuk kembali menyalakan ponsel nya.

Jika ada beberapa kerusakan, jangan buru-buru di bawa ke counter atau di servis, biarkan hape dalam proses pengeringan total hingga beberapa hari. Minimal 3 hari. Cek kembali apakah kerusakan nya masih ada atau sudah hilang.

Kalau memang masih ada, silahkan di servis. Atau kalau ada dana lebih, berarti sudah waktunya Anda untuk ganti hape yang baru, hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar