Kamis, 16 Januari 2020

Cara Pasang Tombol Live Chat FB Di Blog Terbaru 2020

Cara Memasang Live Chat Facebook di Blogger | Membuat Tombol Live Chat Facebook 2020 | Membuat forum atau tombol chat merupakan hal penting dalam sebuah blog agar komunikasi penulis dan pembaca terhubung. Bagaimana cara pasang tombol live chat facebook di blog?

Salah satu tombol live chat yang cukup populer adalah tombol chat live dari Facebook. Tombol ini cukup simpel dan mudah untuk dipakai. Para pengunjung yang ingin menghubungi, tinggal log-in ke akun facebook mereka.

[Baca juga : Cara Pasang Tombol Bulat WhatsApp dan LINE di Blog]

Artikel ini muncul karena artikel tutorial cara pasang chat live facebook lain nya tidak work. Sebenarnya masih work, yang berbeda adalah langkah-langkah nya. Madya sendiri pusing karena dalam tutorial nya berbeda dengan pengaturan yang ada di facebook nya.

Oleh karenanya, artikel ini sudah dipraktekkan di awal tahun 2020 ini dan berhasil atau work di salah blog milik Madya (bukan blog ini yang dimaksud). Lalu bagaimana Cara Pasang Tombol Live Chat FB Di Blog Terbaru 2020? Berikut langkah-langkahnya.

Langkah Ke-1
Pastikan Anda sudah memiliki blog dan akun Facebook

Langkah Ke-2 
Pastikan Anda memiliki Halaman atau Fan Page (FP), karena chat nya akan terhubung dengan Halaman yang Anda miliki

Langkah Ke-3
Silahkan log-in ke Akun Facebook Anda

Langkah Ke-4
Jika sudah, silahkan masuk ke Halaman Anda

Langkah Ke-5
Jika sudah berada di beranda Halaman Anda, silahkan klik Pengaturan

Langkah Ke-6
Dalam Pengaturan, silahkan cari dan pilih tab Pengiriman Pesan

Langkah Ke-7
Dalam tab Pengiriman Pesan, silahkan scroll atau gulir ke bawah dan cari Tambahkan Messenger ke Situs Web Anda seperti gambar di bawah ini.


Jika sudah menemukan keterangan Tambahkan Messenger ke situs web Anda, silahkan klik tombol Mulai

Langkah Ke-8
Setelah klik tombol Mulai, cari dan klik tombol Selanjutnya seperti gambar di bawah ini


Langkah Ke-9
Setelah itu, Anda diminta untuk melakukan persiapan untuk memasang plugin chat seperti gambar di bawah ini


Perhatikan yang diberi tanda kotak merah. Pertama silahkan klik English (US) dan ubah ke bahasa Indonesia. Kedua, silahkan klik Ubah untuk mengedit kata salam yang tertera. Secara default, kata salam nya adalah Hi! How can we help you? 

Ubah kata salam nya menjadi kata yang Anda inginkan. Misalnya "Halo! Apakah Anda butuh bantuan?" atau "Selamat datang! Ada yang bisa kami bantu?"

Jika semua sudah yakin, silahkan klik tombol Selanjutnya

Langkah Ke-10
Persiapan kedua, Anda diminta untuk memilih warna tombol live chat Messenger nya


Perhatikan yang diberi tanda kotak merah di atas. Secara default, warna tombol live chat Facebook berwarna biru. Anda bisa mengubah nya dengan menekan kode warna nya ke warna yang Anda ingingkan.

Jika sudah sesuai warna nya, silahkan klik tombol Selanjutnya

Langkah Ke-11
Persiapan terakhir adalah akan diberikan kode-kode yang harus dipasang di blog Anda. Lihat gambar di bawah ini.


Perhatikan yang diberi kotak warna merah. Pertama, Anda harus menambahkan domain atau alamat blog Anda. Kolom ini harus diisi, Madya pernah coba tidak mengisi alamat domain ternyata tombol live chat nya tidak muncul maka dari itu Anda harus isi dengan alamat blog yang dituju.

Kedua, silahkan salin kode-kode yang disediakan. Kode-kode nya sengaja tidak Madya beri kotak warna merah. Simpan di file yang aman.

Jika sudah yakin datanya benar, silahkan klik Selesai

Langkah Ke-12
Silahkan buka akun blogger Anda dan klik Tema lalu Edit HTML

Langkah Ke-13
Dalam mode HTML, silahkan copy kode yang diberikan oleh Facebook dan letakkan setelah kode <body>

Jika sudah diletakkan di tempat yang benar, silahkan Simpan

Apabila Anda gagal menyimpan nya, maka Anda harus merubah kode-kode yang diberikan oleh Facebook ke dalam mode parse. Atau klik di sini dan paste kan kode tersebut. Jika sudah di parse, copy kode parse nya dan letakkan kembali di Edit HTML blogger Anda.

Harusnya, Anda sudah bisa klik Simpan dengan nyaman.

Sekarang, silahkan lihat hasil nya. Mudah, bukan?!

Jika Anda masih belum puas dengan model atau efek dari tombol live chat yang disediakan Facebook, Anda bisa merubah nya dengan menambahkan beberapa kode dan atribut berikut ini beserta fungsinya :

theme_color 

Fungsinya : Warna yang akan digunakan sebagai tema untuk plugin, termasuk warna latar belakang ikon plugin obrolan pelanggan dan warna latar belakang pesan yang dikirimkan oleh pengguna. Mendukung kode warna heksadesimal yang diawali dengan tanda nomor (mis. #0084FF), kecuali putih. Kami sangat menyarankan Anda untuk memilih warna yang memiliki kontras tinggi terhadap warna putih.

logged_in_greeting

Fungsinya :Teks salam yang akan ditampilkan jika pengguna saat ini sudah login ke Facebook. Maksimal 80 karakter. (Biasanya sudah ada dalam kode yang diberikan Facebook)

Cara edit nya adalah cari kata logged_in_greeting="ganti kata salam yang Anda inginkan"

logged_out_greeting

Fungsinya : Teks salam yang akan ditampilkan jika pengguna saat ini belum login ke Facebook. Maksimal 80 karakter. (Biasanya sudah ada dalam kode yang diberikan Facebook)

Cara editnya adalah cari kata logged_out_greeting="ganti kata salam yang Anda inginkan"

greeting_dialog_display

Fungsinya : Menetapkan bagaimana tampilan dialog salam. Bisa muncul atau malah hilang. Detail nya, silahkan taruh kode ini dibawah kode greeting yang dibahas sebelumnya

greeting_dialog_display="show" agar dialog salam ditampilkan dan tetap terbuka di desktop dan seluler setelah beberapa detik yang ditentukan

greeting_dialog_display="hide" agar dialog salam disembunyikan hingga pengguna mengklik plugin di desktop dan seluler

greeting_dialog_display="fade" agar dialog salam ditampilkan sekilas setelah beberapa detik yang ditentukan

greeting_dialog_delay

Fungsinya : Menetapkan jumlah durasi penundaan dalam hitungan detik untuk penampilan dialog salam setelah plugin dimuat. Ini dapat digunakan untuk menyesuaikan waktu tampilnya dialog salam. Dipasang satelah atribut greeting display.

Semoga bermanfaat! Silahkan tulis komentar jika bermanfaat atau ada pertanyaan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar