Jumat, 15 Mei 2020

AdSense Ditolak Karena Inventaris Berharga: Tidak ada konten

Cara Mengatasi Masalah AdSense Inventaris Berharga: Tidak ada konten | Cara Mengetahui AdSense Ditolak karena Inventaris Berharga: Tidak ada konten | Halo, kembali bersama admin. Kali ini akan membagikan pengalaman sesuai judul artikel ini. Bagaimana mengatasinya atau solusinya?

Sesuai judul, artikel ini adalah curahan pengalaman penulis a.k.a admin blog saat mendaftarkan adsense untuk salah satu situs penulis dan hasilnya ditolak terus menerus dengan alasan yang sama yakni "Inventaris Berharga: Tidak ada konten".

Sebelumnya, penulis juga seringkali ditolak dengan alasan-alasan yang berbeda. Bahkan setiap situs yang penulis daftarkan untuk adsense, masing-masing ditolak karena alasan yang berbeda-beda. Misalnya untuk blog Madya ini, dulu sempat ditolak karena masalah Navigasi.

[BACA JUGA : Mengatasi AdSense Ditolak Karena Masalah Navigasi]

Untuk penjelasan tentang solusi dari ditolak AdSense karena masalah navigasi, Anda bisa baca link atau tautan artikel di atas. Penulis juga pernah ditolak AdSense karena masalah pelanggaran kebijakan, untuk solusinya sendiri bisa dibaca tautan artikel di bawah ini.

[BACA JUGA : Mengatasi AdSense Ditolak Karena Melanggar Kebijakan]

Nah, kemudian penulis juga pernah ditolak karena masalah Inventaris Berharga: Tidak ada konten. Sudah tak terhitung berapa kali penulis mencoba memahami dan mengirim pendaftaran kembali AdSense, namun selalu ditolak dengan alasan yang sama.

Karena bingung, penulis pun segera meng-go0gling. Saat mencari-cari caranya, maka akan muncul banyak artikel lainnya yang membahas masalah ini. Jadi jika Anda ditolak AdSense karena masalah  Inventaris Berharga: Tidak ada konten maka setidaknya berikut ini masalah yang ada dan solusinya:


1. Situs atau blog Anda tidak siap

Yang dimaksud ini adalah kemungkinan situs atau blog Anda masih baru atau seumur jagung. Kalau seperti ini, maka tetaplah konsisten dan rajin dalam mem-posting artikel. Sampai kapan blog atau situs dikatakan siap? Belum ada parameter pasti.

Namun, dari pengalaman penulis, setidaknya umur nya minimal satu tahun untuk blog yang kadang-kadang memposting artikel, misal 3-5 artikel per bulan. Bisa minimal 2 atau 3 bulan untuk blog yang sering membuat artikel, misal setiap hari posting artikel.

2. Masih belum banyak artikel yang dimiliki situs atau blog Anda

Ini masih sama dengan masalah nomor 1. Jumlah artikel dikatakan sedikit kemungkinan 10 artikel sehingga perbanyak lah membuat artikel. Setidaknya kirim lah pendaftaran AdSense jika jumlah artikel blog atau situs Anda sebanyak 30-50 artikel.

Bagaimana jika kurang dari 30 artikel? Ada kemungkinan bisa. Namun yang menjadi kunci, jika jumlah artikelnya masih sedikit, adalah jumlah pembaca artikelnya. Jika pembaca setiap artikel nya mencapai ribuan maka bisa segera mendaftar AdSense.

3. Bisa jadi konten atau artikel di blog atau situs Anda kurang menarik

Selanjutnya adalah masalah konten menarik. Mungkin parameter menarik atau tidaknya suatu konten adalah dilihat dari jumlah pengunjung atau viewer. Usahakan buatlah artikel yang menarik, meskipun tema nya sudah umum, dengan bahasa atau gaya yang unik dari diri sendiri.

4. Jumlah kata-kata dalam artikel blog atau situsnya banyak yang sama atau duplikat

Dalam pembuatan artikel, usahakan jumlah katanya cukup banyak sehingga pihak AdSense merasa konten atau artikel Anda bisa dimanfaatkan untuk iklan AdSense. Jika jumlah artikel sedikit maka itu akan mempengaruhi ke SEO serta kegunaan penempatan iklan AdSense itu sendiri.

Berapa jumlah kata dalam setiap artikel? Untuk pastinya masih belum penulis ketahui. Setidaknya usahakan membuat 200-300 kata dalam satu artikel. Semakin banyak kata maka akan semakin tinggi peluangnya.

5. Terdapat beberapa gambar yang memiliki hak cipta

Untuk yang ini mungkin tidak perlu penjelasan lagi. Jika Anda kedapatan oleh pihak AdSense menggunakan konten atau gambar yang memiliki hak cipta, maka segera lah menggantinya supaya tidak diklaim hak cipta lagi.

Kalau Anda sudah mengidentifikasi masalah yang Anda alami, maka segera lakukan perubahan dan jalankan solusi. Setelah itu, Anda dapat mengirimkan kembali pendaftaran AdSense dan melihat hasilnya. Jika masih ditolak, silahkan pelajari dan teliti baik-baik alasan yang diberikan AdSense.
_ _ _ _ _ _

Lalu bagaimana dengan kasus penulis? Setelah mengirim berkali-kali dan meneliti alasannya, entah mengapa setiap mengirim pendaftaran, tetap saja ditolak oleh AdSense. Padahal penulis sudah yakin semua masalah sudah diatasi. Bahkan setengah tahun, penulis bolak balik mengirim namun tetap ditolak.

Untuk kasus penulis mungkin sedikit berbeda. Karena situs yang mau didaftarkan merupakan situs kedua yang menggunakan akun email yang sama. Jadi penulis sudah mendaftarkan situs dengan akun email A, lalu karena punya 2 situs maka penulis ingin mendaftarkan adSense untuk situs ke-2 dengan menggunakan email A.

Ternyata, dari yang penulis pahami, masalah nya adalah antara situs 1 dan 2 memiliki konten yang mirip sehingga dianggap duplikat konten oleh AdSense. Jadi karena dalam satu email, situs 1 dengan situs ke-2 harusnya berbeda tema.

Dan benar saja. Penulis pun membuat email baru dan kembali mendaftarkan ke AdSense. Hasilnya? Diterima. Ternyata kalau ingin menggunakan satu akun AdSense untuk 2 situs, maka situsnya harus berbeda tema. Kalau sama temanya, maka akan dianggap duplikat dan pengulangan saja.

Oleh karena nya, menurut pengalaman penulis, jika Anda ingin mendaftarkan beberapa situs ke AdSense, maka sebaiknya setiap situs yang didaftarkan menggunakan akun AdSense yang berbeda-beda untuk menjaga peluang terhindar dari adanya konten plagiat.

Bagaimana? Mudah, bukan? Demikian artikel singkat berjudul "AdSense Ditolak Karena Inventaris Berharga: Tidak ada konten". Semoga bermanfaat. Untuk pertanyaan dan saran, silahkan tulis di kolom komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar