Senin, 21 September 2020

Membuat Artikel di Tampilan Baru Blogger (Bag-2)

 Belajar Tampilan Baru Blogger | Menulis Postingan di Blogger Baru | Sudah hampir setahun, Blogger telah memperkenalkan tampilan barunya. Dan puncaknya bulan ini, para pengguna Blogger harus bisa menerima tampilan baru ini. Lalu bagaimana cara membuat artikel di Blogger dengan tampilan baru ini?

Tampilan Blogger ini tentu berbeda bagi yang tidak terbiasa. Madya sendiri juga awalnya tidak menyukai tampilan baru ini. Bahkan, ketika masih ada opsi untuk kembali ke Blogger lama, Madya masih terus menggunakan tampilan lama. Dan mungkin di antara para pembaca lebih menyukai tampilan yang lama daripada yang baru.

[BACA JUGA : Cara Mematikan Fitur Guest di Facebook Messenger]

Kenapa bisa begitu? Alasan utama nya adalah tentu, kebiasaan. Madya sudah terbiasa dengan tampilan lama sehingga kalau disuruh pindah yang baru, maka harus membutuhkan adaptasi. Intinya, harus dibiasakan dan melakukan percobaan berulang-ulang sehingga merasa terbiasa dan paham dengan tampilan Blogger yang baru.

Alasan lain, ini dari Madya sendiri, yang membuat lebih betah dengan tampilan Blogger lama adalah tidak menyukai scroll mode di bagian Postingan. Artikel Madya sudah lebih dari 300-an. Dan jika ingin melihat beberapa artikel tertentu, Madya merasa kesulitan harus menggunakan gilir ke bawah (scroll mode). 


Berbeda dengan tampilan lama, yang menggunakan tabel atau kelompok sejumlah artikel (next mode). Jika kelompok nya 100, maka 300 artikel akan dikelompokkan jadi 3. Jika kelompok nya 25 maka 300 artikel akan dikelompokkan ke 12, dan seterusnya.

Mungkin alasan Madya itu bisa sedikit hilang dengan adanya fitur pencarian artikel. Dan itu bukan yang Madya maksud. Madya kadang iseng-iseng mencari dan melihat ada berapa artikel yang terbit dalam bulan tertentu atau tahun tertentu. Nah, kalau yang dicari waktu nya, maka fitur pencarian harusnya tidak bisa, bukan?!

Kembali ke topik pembahasan. Oleh karena itu, Madya di sini memberikan informasi mengenai fitur-fitur yang ada di tampilan yang baru. Terutama di bagian Postingan atau membuat artikel. Dan informasi ini Madya kulik ketika menggunakan tampilan di versi dekstop. 

Untuk versi mobile, mungkin akan dibahas di artikel berikutnya. Lalu bagaimana cara membuat artikel di tampilan Blogger yang baru ini? Artikel ini adalah lanjutan dari artikel pertama yang membahas tentang membuat postingan dan ubah, draft, dan hapus postingan. Anda bisa KLIK DI SINI jika ingin membacanya.

3. Fitur Di Tampilan Menulis

Melanjutkan dari artikel sebelumnya, yang membahas toolbar di dalam tampilan menulis, berikut sisa-sisa toolbar yang akan dibahas.

Ada lima simbol yang tertera di bagian paling kanan, yaitu, dari kiri ke kenan, adalah emoji, pengaturan rata, inden kanan, inden kiri, dan titik tiga. Emoji atau karakter khusus, dapat Anda tambahkan sesuai yang disediakan oleh Blogger. Berikut ini contoh tampilan emoji nya. Jika emoji tidak ditampilkan dengan benar, biasanya browser nya belum di update.

☝☺✊✋✌❤๐Ÿ‘€๐Ÿ‘‚๐Ÿ‘ƒ๐Ÿ‘„

Selanjutnya pengaturan rata adalah mengatur tulisan Anda berada di bagian kiri, tengah, kanan, atau sama rata. Fitur ini tentu sudah ada sejak lama. Default nya adalah rata kiri. Berikut contoh-contoh paragraf yang diatur rata kiri, rata tengah, rata kanan, dan rata kanan kiri.

Rata kiri rata kiri Rata kiri rata kiri Rata kiri rata kiri Rata kiri rata kiri Rata kiri rata kiri Rata kiri rata kiri Rata kiri rata kiri Rata kiri rata kiri 


Rata tengah rata tengah Rata tengah rata tengah Rata tengah rata tengah Rata tengah rata tengah Rata tengah rata tengah Rata tengah rata tengah Rata tengah rata tengah 

Rata kanan rata kanan Rata kanan rata kanan Rata kanan rata kananRata kanan rata kanan Rata kanan rata kanan Rata kanan rata kanan Rata kanan rata kanan 

Rata kanan kiri rata kanan kiri Rata kanan kiri rata kanan kiri Rata kanan kiri rata kanan kiri Rata kanan kiri rata kanan kiri Rata kanan kiri rata kanan kiri Rata kanan kiri rata kanan kiri Rata kanan kiri rata kanan kiri Rata kanan kiri rata kanan kiri Rata kanan kiri rata kanan kiri Rata kanan kiri rata kanan kiri rata

Indent kiri adalah menambahkan jarak dari batas kiri. Sebaliknya, indent kanan adalah mengurangi jarak ke batas kiri.

Terakhir, terdapat simbol titik tiga yang merupakan pengaturan tambahan atau opsi lainnya. Saat Anda menekan titik tiga, maka akan muncul toolbar tambahan yang berisi beberapa fitur lainnya seperti daftar berbutir, daftar bernomor, kutipan, read more, tata letak kiri ke kanan, tata letak kanan ke kiri, input tools, dan hapus format. Gambar nya di bawah ini

4. Fitur Di Tampilan HTML

Selanjutnya adalah pembahasan mengenai fitur tampilan HTML. Untuk mencari mode HTML, silahkan klik gambar pensil yang terdapat di toolbar paling kiri. Saat diklik, muncul 2 opsi yaitu Tampilan Menulis dan Tampilan HTML. Pilih tampilan HTML.

Setelah memasuki mode HTML, maka tulisan Anda akan berubah dengan tambahan-tambahan kode-kode HTML. Dan biasanya, bentuk tulisan nya digabung semua. Untuk merubah tampilan agar lebih rapi dan mudah dicari, maka silahkan ratakan penulisan nya dengan klik logo yang ada di toolbar nya. Logo nya yang Madya beri warna merah di bawah ini

Setelah di klik, maka tulisan-tulisan nya akan berbaris sesuai perintah kode-kode HTML nya. Tampilan baris ini cukup penting agar mudah dalam mencari kode-kode yang diinginkan dan juga memudahkan dalam perubahan atau jika ingin edit kode-kode HTML.


Selain logo berbaris kode HTML, di samping kirinya terdapat fitur pencarian yang berguna untuk mencari kode-kode yang diinginkan. Selebihnya, semua fitur nya sama dan mudah dipahami. Tinggal Anda para blogger membiasakan tampilan baru ini.

5. Autosave

Saat Anda sedang membuat artikel, maka pihak Blogger akan menyimpan tulisan Anda secara otomatis saat Anda berhenti sejenak mengetik nya. Ini yang dinamakan autosave. Pada tampilan baru ini, fitur autosave lebih diperjelas dengan logo baru.

Logo auto save diletakkan di atas sebelan kanan atau tepatnya di samping tombol Pratinjau dan tombol Publikasikan. Jika tulisan Anda belum tersimpan, maka logo auto save nya akan seperti gambar di bawah ini

Namun jika tulisan Anda sudah tersimpan, maka logo tersebut akan berubah menjadi seperti gambar di bawah ini.

Awan dengan centang

Perhatikan, saat Anda mengetik maka autosave belum terjadi. Namun sekali Anda berhenti maka autosave akan berjalan. Ini berlaku setiap kali Anda mengetik selanjutnya dan kemudian berhenti juga selanjutnya.

Demikian artikel singkat yang berjudul "Membuat Artikel di Tampilan Baru Blogger (Bag-2)". Semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam beradaptasi di tampilan baru blogger kali ini. Jika Anda merasa bermanfaat, silahkan komentar di kolom komentar. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar