Jumat, 11 September 2020

Cara Mematikan Fitur Guest Messenger Facebook

Cara Menonaktifkan Guest Mode di Messenger | Menghilangkan Mode Guest Messenger Facebook | Dalam artikel kali ini, Madya akan membagikan artikel tentang "Cara Mematikan Fitur Guest yang ada di Messenger Facebook"

Aplikasi Messenger adalah salah satu aplikasi yang biasa dipakai untuk chat. Dulunya, messenger adalah kotak pesan yang ada di Facebook. Namun sekarang, Messenger sudah menjadi aplikasi sendiri dan memiliki fitur-fitur khusus.

[BACA JUGA : Ulang Tahun Ke-4 Blog Cerita Madya]

Salah satu fitur nya adalah aplikasi messenger dapat digunakan sebagai salah satu tombol live chat untuk situs ataupun blog sehingga pengunjung blog atau situs dapat berinteraksi dengan admin atau pemilik dari situs atau blog tersebut.

Artikel ini tidak memuat cara membuat tombol live chat atau cara memasang tombol live chat Messenger di blog, melainkan akan membahas Cara Mematikan Fitur Guest yang ada di aplikasi Messenger Facebook.

Bagi Anda yang sudah menggunakan tombol live chat Messenger di blog atau situs, saat itu belum dikenalkan adanya fitur guest atau mode tamu. Nah, saat ini fitur guest mode sudah ditambahkan secara default di tombol live chat nya.

Guest mode atau mode tamu adalah salah satu cara yang dikenalkan Facebook agar para pengunjung blog atau situs dapat mudah menghubungi admin tanpa harus memiliki akun Facebook. Berbeda jika tanpa mode guest, maka orang yang tidak memiliki akun Facebook tidak dapat melakukan chat terhadap admin.

Fitur guest mode ini tentu bagus dan memudahkan para pengunjung tanpa harus log ini (masuk) terlebih dahulu ke akun facebook nya. Atau bahkan tidak perlu memiliki akun facebook untuk sekedar chat kepada Admin. Fitur ini memiliki keunggulan nya.

Namun di sisi lain, fitur ini juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan yang Madya rasakan adalah banyak nya orang yang melakukan spam saat menggunakan fitur Guest Mode. Banyak yang chat hanya sekedar basa-basi atau tidak sopan.

Ditambah lagi, karena fitur mode guest bisa digunakan semua orang tanpa harus punya akun Facebook, banyak orang berfikir mereka itu anonim dan dapat melakukan seenaknya tanpa di luar kendali, seperti spam, chat tidak sopan, pishing, dan lain sebagainya.

Tentu hal itu merugikan dan sangat disayangkan, mengingat banyak juga yang chat sopan dan menanyakan sesuatu. Namun jumlah orang yang spam lebih banyak sehingga admin tentu merasa terganggu dan tidak nyaman.

Oleh karena itu, fitur Guest mode memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan jika kekurangan dari fitur guest mode ini banyak Anda rasakan atau alami, maka lebih baik untuk menghilangkan fitur mode guest tersebut. Lalu bagaimana cara mematikan fitur guest mode tersebut?

[BACA JUGA : Mengatasi Pelanggaran Kebijakan AdSense Masalah Konten Dewasa]

Cara Mematikan Fitur Guest Messenger Facebook

Sebelum membahas Cara Mematikan Fitur Guest Messenger Facebook, perlu diketahui bahwa tombol live chat yang dibahas di sini adalah tombol live chat untuk Fanpage atau Halaman Facebook. Sedangkan untuk live chat akun pribadi, belum dicoba atau tidak tahu. Mungkin bisa work, atau bisa tidak.

Dan satu hal lagi, tombol live chat Messenger nya sudah terpasang di blog atau situs Anda, sehingga pembahasan di sini tidak terkait cara memasang tombol live chat. Melainkan cara mengatur untuk mematikan fitur Guest Mode.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mematikan fitur Guest Mode di Messenger :

1. Buka Akun Facebook Anda

2. Buka Halaman atau Fanpage Facebook Anda

3. Di bagian kiri terdapat tab-tab di bawah KELOLA HALAMAN dan  silahkan cari dan klik tab PENGATURAN.

4. Di bagian tab PENGATURAN HALAMAN, silahkan cari dan klik tab PENGIRIMAN PESAN (lihat gambar)

5. Silahkan cari TAMBAHKAN MESSENGER KE SITUS WEB ANDA (lihat gambar)


6. Jika sudah ketemu TAMBAHKAN MESSENGER KE SITUS WEB ANDA (lihat gambar), silahkan klik tombol MULAI yang ada di samping kanan nya.

[BACA JUGA : Juara Mytel International Championship Seri 2 Mobile Legends]

7. Setelah Anda klik MULAI, akan muncul jendela untuk mempersiapkan tombol live chat. Silahkan klik SELANJUTNYA.

8. Setelah menekan tombol SELANJUTNYA, Anda akan dibawa menuju persiapan tombol live chat nya seperti gambar di bawah ini


9. Perhatikan yang terdapat dalam kotak merah. Untuk mematikan Guest Mode, pastikan dalam keadaan OFF. Jika ingin mengaktifkan fitur Guest Mode, pastikan dalam keadaan ON. Karena Anda ingin mematikan fitur Guest Mode, tentunya pilih OFF.

10. Jika sudah memastikan OFF, maka klik SELANJUTNYA untuk menyimpan.

11. Klik SELANJUTNYA lagi sampai muncul tombol SELESAI.

Selamat, Anda telah mematikan fitur Guest Mode di Messenger Anda. Caranya cukup mudah, bukan?! Jika ingin mengaktifkan kembali fitur nya, Anda juga bisa menggunakan cara yang sama. Perbedaan nya hanya di OFF atau ON saja.

Demikian artikel singkat berjudul "Cara Mematikan Fitur Guest Messenger Facebook". Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar. Jika Anda ingin bertanya, silahkan tinggalkan komentar juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar