Sabtu, 19 Agustus 2017

Mengubah Video m3u8 Ke Mp4 di Android

Pernahkan Anda mengunduh sebuah vieo atau film dalam format m3u8? Atau Anda baru pertama kali mendengar video dengan format m3u8? Saya sendiri baru pertama kali mengetahuinya dan sempat dibuat bingung olehnya. Saya membutuhkan beberapa jam untuk mengatasi masalah ini. Mengapa saya katakan masalah? Karena saya kesulitan memindahkannya ke perangkat lain. Apa itu m3u8? Bagaimana cara mengubah video m3u8 ke mp4 di Android? Berikut ulasannya!

Sebelum membahas cara mengubah video m3u8 ke mp4 di Android, saya ingin sedikit menceritakan pengalaman saya saat mengunduh video dalam format m3u8. Pengalaman yang terjadi secara kebetulan hingga akhirnya saya memposting artikel ini

Latar Belakang

Pada zaman dahulu kala.. Eh maksud saya ketika itu, saya sedang mencari film Hollywood yaitu serial X-Men. Kebetulan juga saya sedang berupaya mengoleksi X-Men series mulai dari film pertama hingga yang terbaru yaitu X-Men : Apocalypse.

Akhirnya ketemu juga. Dan selanjutnya saya masuk di sebuah situs unduhan film. Lalu setelah mengunduhnya, saya dapat memutarnya dan menonton film tersebut dengan lancar tanpa suatu hambatan apapun.

[Baca juga : Cara Memutar Film M3U8]

Setelah menontonnya, saya berniat memindahkannya ke laptop agar dapat dimasukkan berkas dokumen dan ditata dengan rapi. Dan akhirnya masalah muncul,
saat saya selesai memindahkan film tersebut. Film sempat saya buka dan bukannya terbuka di aplikasi pemutar video malah terbuka di Winamp (aplikasi pemutar musik). Loh?! What's wrong?

Penasaran. Saya lihat film yang saya pindahkan ternyata file tersebut berformat m3u8 dan hanya memiliki ukuran 4 MB saja, padahal saat saya mengunduh film tersebut memiliki ukuran hingga 1,3 GB. Fakta lain yang saya temukan adalah sebuah folder yang berisikian mungkin sekitar ratusan potongan video yang berdurasi sekitar 30 detik dan tidak berurutan. Artinya, film X-Men Apocalypse yang saya unduh ternyata sumbernya dari folder tersebut.

Apa itu file M3U8?

Akhirnya saya mencari referensi di Mbah Google dan sedikit demi sedikit saya berhasil mengubah film tersebut ke bentuk mp4. Jujur, butuh beberapa waktu untuk mencari referensi mengenai file m3u8. Rata-rata artikel yang membahasnya adalah situs berbahasa inggris.

Lalu apa itu format m3u8? Kesimpulan dari yang saya baca, format ini adalah format yang berisikian urutan list dari folder tadi.
Jadi kita tidak akan dapat melihat sebuah video di format m3u8. Untuk lebih jelasnya, silahkan cari di pencarian apa itu m3u8.

Dalam sebuah situs berbahasa inggris dikatakan kita dapat mengubah format tersebut apabila mengerti alamat list sumber video yang terdapat dalam file format m3u8. Dan akhirnya saya dapat menemukan versi mudahnya di situs luar negeri dengan menggunakan sebuah aplikasi di Android. Apa itu?

Nama aplikasi tersebut adalah MediaConverter. Silahkan unduh aplikasi tersebut di Playstore. Apabila Anda sudah mengunduhnya maka cari file format m3u8 tersebut dan klik Convert. Proses pengubahannya cukup mudah. Saat saya pertama kali mencoba juga langsung paham. Tidak bertele-tele dan kita hanya tinggal menunggu hasilnya selesai.

Hasil Akhir convert film dari m3u8 ke mp4
Saat selesai mengubah film tersebut, saya menemukan bahwa ukuran film tersebut berubah menjadi naik dari awalnya 1,3 GB menjadi 1,73 GB seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. Proses konversi film tersebut memakan waktu hingga 10 menit lebih. Mungki proses lamanya tergantung dengan besarnya video yang dikonversi.

Masalah

Perlu diperhatikan beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam merubah video m3u8 ke mp4 di Android ini. Klik gambar di bawah ini
Memutar M3U8 Saya memperoleh beberapa keluhan dalam tema m3u8 ini. Teliti dan baca dengan seksama.

Pertama. Hasil konversi (merubah file) harus diletakkan di memori internal. Jangan ditaruh di memori eksternal. Kasus yang terjadi menyebabkan proses konversi gagal di tengah jalan.

Kedua. Jangan pernah pindah letak folder konten m3u8 berada. Karena file m3u8 akan membaca folder konten sesuai dengan letak yang disimpan dalam m3u8

Cukup demikian. Apabila Anda mengalami masalah maka Anda tulis di komentar atau hubungi saya. Artikel ini telah mengalami beberapa revisi demi kebaikan bersama dan kemudahan. Terima kasih.

Catatan : Revisi terbaru, Anda dapat melihat video cara mengubah video m3u8 di android Anda di sini Dan tolong uraikan pengalaman masalah Anda sehingga saya bisa mencobanya dan mencarikan solusinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar