Senin, 05 November 2018

Cara Connect Modem Telkomsel Flash SpeedUp

Connect Modem Telkomsel Lama | 3.5G HSPA SpeedUp Telkomsel Flash | Apakah Anda memiliki modem lama yang sudah tidak pernah dipakai lagi? Saran saya, gunakan modem Anda. Berikut ini adalah artikel mengenai cara connect modem Telkomsel Flash

Sekilas sebelum membahas cara connect modem Telkomsel Flash, saya ingin sedikit bercerita bahwa saya tidak sengaja menemukan modem Telkomsel Flash yang kelihatan usang di rak barang-barang bekas.

Melihat hal itu, saya berinisiatif untuk kembali memanfaatkan modem tersebut. Mengingat, seringkali saya berselancar di dunia maya, terutama aktivitas blogging, menggunakan laptop dan sambungan internet nya menggunakan hotspot tethering dari ponsel saya.

[Baca juga : Cara Mengetahui Chat WhatsApp Yang Dihapus]

Tentu, menggunakan tethering hostspot dari ponsel akan membuat ponsel saya cepat panas dan habis baterai karena ponsel tidak bisa digunakan untuk hotspot terus menerus. Dan juga, yang terpenting, ponsel bukanlah modem.

Itulah alasan saya mencoba untuk memanfaatkan modem yang sudah lama itu. Seingat saya, modem itu dibeli pada tahun 2009. Artinya sudah hampir 9 tahun umur modem tesebut. Dan sudah 5 tahun modem tersebut tidak terpakai.

Program saya untuk memanfaatkan modem Telkomsel Flash pun dimulai. Artikel utama dibahas dari sini dengan gaya bercerita. Diawali dengan mengecek kondisi fisik modem yang masih terlihat bagus. Lalu saya lanjutkan cek software nya dengan cara meng-connect-kannya ke laptop.

Hasilnya, software nya masih berjalan seperti biasa. Namun saya masih belum puas hingga menggali tombol-tombol dalam aplikasinya. Salah satu yang saya temukan adalah situs modem nya yang beralamatkan di SpeedUp ternyata sudah tidak beroperasi.

Selesai mengecek dan melihat kondisi modem yang cukup memadai, saya pun berfikir ke langkah selanjutnya yakni mempersiapkan kartunya. Nah, kebetulan saya juga memiliki beberapa kartu Telkomsel yang sudah tidak terpakai.

Perlu diperhatikan, saya tidak terburu-buru langsung memasukkan kartu ke modem. Melainkan membeli paket internet terlebih dahulu via ponsel baru kemudian kartunya dimasukkan ke modem. Jadi, saya belum mencoba apakah berhasil membeli paket internet via modemnya.

Belakangan saya coba perpanjangan internet via modem ternyata juga bisa. Namun untuk yang masih baru melangkah, sebaiknya beli paket internet via ponsel saja karena sudah berhasil saya coba. Jika Anda berhasil, silahkan komentar di bawah ini.

Modem siap. Paketan internet siap. Sekarang tinggal disambungkan modemnya ke laptop. Jika sudah disambungkan, harusnya tampilan aplikasinya seperti gambar di bawah ini.

Tampilan Aplikasi/Software Modem
Anda bisa saksikan beberapa tanda yang saya lingkari pada gambar di atas. Yang pertama Anda cek adalah kondisi kartunya yang dilingkari warna merah. Jika sudah seperti gambar di atas (yang ada gambar sinyalnya) maka modem Anda sudah hampir berhasil. tetapi kalau belum berarti ada yang salah dengan kartunya.

Jika kondisi kartu sudah terpasang dengan baik, selanjutnya Anda tinggal klik connect seperti yang dilingkari warna hitam (bergambar bola dunia). Setelah diklik, akan muncul pilihan jenis koneksi antara Time-Based atau Unlimited, itu terserah Anda. Biasanya saya pilih Time-Based.

[Baca juga : Lirik Lagu Allahumma Labbaik oleh Sabyan]

Setelah diklik pilihan Anda, maka modem akan berusaha bekerja untuk menyambungkannya. Dimulai dari muncul tulisan "Connecting....." lalu muncul tulisan "Authenticating......" dan kalau berhasil akan muncul tulisan "Authenticated"

Berhasil. Modem Telkomsel Flash berhasil digunakan. Biasanya ada indikator jumlah data internet yang kita gunakan terletak di pojok kanan bawah layar laptop. Caranya cukup mudah, bukan?! Mungkin sebagian besar kendala terletak di lingkaran merah karena bisa saja ada program yang menghalangi status kartu yang ada di modem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar