Selasa, 27 November 2018

Cerita dan Ulasan Film Insya Allah Sah (2017)

Review Film Insya Allah Sah | Alur Film Insya Allah Sah | Insya Allah Sah merupakan salah satu film yang dibintangi oleh Pandji Pragiwaksono yang dikenal dengan komedinya. Bagaimana alur cerita film Insya Allah Sah ini?

Film Insya Allah Sah ini merupakan film yang memiliki genre drama dan komedi. Dirilis pada 25 Juni 2017 dan dibintangi oleh Pandji, Titi Kamal, Richard Kyle, dan masih banyak lagi. Film ini memiliki durasi waktu sekitar 83 menit.

Film ini berpusat pada tiga tokoh utama yaitu Raka (yang diperankan Pandji), Silvi (yang dipentaskan oleh Titi Kamal) dan Dion (yang dimainkan oleh Richard Kyle). Cerita film ini disutradari oleh Benni Setiawan, diproduseri Manoj Punjabi, dan dibawah naungan rumah produksi MD Pictures.


Peringatan bagi yang membaca artikel ini, bahwa artikel ini sarat akan spoiler dan bocoran cerita. Jadi bagi Anda yang ingin penasaran dan tidak ingin spoiler maka jangan lanjutkan baca artikel ini.

Cerita Film

Film diawali dengan perkenalan Silvi. Silvi merupakan cewek cantik yang memiliki usaha pakaian atau fashion. Diceritakan Silvi sedang pergi untuk menemui pacarnya yaitu si Dion. Dalam perjalanan, ia ditimpa banyak kesialan.

[Baca juga : 8 Fitur Dream League Soccer 2019]

Dimulai dari diganggu pengamen yang banci, kena tilang polisi, ban mobil bocor, hingga digoda ojek. Dion yang terlalu lama menunggu akhirnya balik ke Kantornya. Dion mengirimkan chat ke Silvi bahwa sebenarnya ia ingin melamarnya.

Tak pelak, Silvi mati-matian berusaha menemui Doni karena beberapa pacar sebelumnya gagal melamar Silvi. Nah, sampai di perusahaan Dion, Silvi naik lift bersama Raka. Raka merupakan pemuda polos yang rajin dan suka mengingatkan ibadah.

Tak lama naik lift, tiba-tiba lift macet dan mati. Sontak keduanya kaget. Karena perbedaan sifat, membuat suasana agak mencekam. Silvi yang marah dan teriak-teriak minta tolong, sedangkan Raka menyuruhnya ingat-ingat Tuhan dan berdoa.

Lama lift tak kunjung hidup dan khawatir lift jatuh, Raka bernadzar (berjanji ke Tuhan) akan selalu rajin ibadah dan mengingatkan lingkungannya bila ia selamat. Sementara Silvi ikut bernadzar akan menjadi wanita solihah, rajin ibadah, dan membantu anak yatim.

Beberapa detik setelah bernadzar, lift langsung nyala dan terbuka. Silvi pun berhasil keluar dan langsung bertemu Dion. Di depan lift itu, Dion langsung melamat Silvi dan diterima. Setelah senang dilamar, Dion dan Silvi hendak berciuman namun ditahan oleh Raka.

Ternyata Raka adalah karyawan si Dion dan Raka dikenal rajin sekaligus berhasil dalam mengerjakan tugasnya. Oleh karena itu, Silvi saat hendak menemui Dion sering bertemu Raka dan Raka selalu berusaha mengingatkan Silvi akan nadzarnya.

Sepanjang film, Raka selalu muncul saat Silvi ingin berduaan dengan Dion. Hal ini tentu mengganggu Silvi. Raka pun terus mengingatkan bahwa nadzar atau janji itu harus ditunaikan. Jika tidak akan muncul hal-hal yang tidak diingingkan.

Benar saja. Sepanjang rencana mau menikah dengan Dion, Silvi terus menerus ditimpa musibah. Mulai dari tokonya yang dibobol pencuri, tertipu oleh calo tempat pernikahan, dan lain sebagainya. Hal ini pun membuat Silvi tersadar.

Cerita film ini pun diakhiri dengan happy ending dimana Silvi sudah hijrah dan memakai jilbab. Dion pun menerima keadaan Silvi, meskipun awalnya ia tidak setuju dan menolak perubahan Silvi.

[Baca juga : Cerita Film The Equalizer 2 (2018)]

Ulasan

Film yang bergenre drama-komedi ini memang berisi komedi-komedi umum biasa. Kalau menurut Cerita Madya, komedi yang ada dalam film Insya Allah Sah ini masih dalam kategori standar. Atau kalau memakai istilah dalam lomba stand up, lucunya belum gerrrrr....

Dan masih menurut kesubjektifan Cerita Madya, pembawaan Raka yang diperankan Pandji memang menjadi sumber komedi di film ini, selain Silvi yang juga memberikan porsi komedi. Namun entah kenapa, sosok Raka yang "katanya" digambarkan polos dan lugu tidak muncul dibenak Cerita Madya.

Mungkin karena Pandji nya yang terlalu bersemangat atau kepolosan Raka yang belum muncul. Yang jelas, Raka dalam kacamata Cerita Madya merupakan pemuda soleh yang memang sudah dewasa alias tidak polos. Mungkin contoh pemeran polos bisa dilihat di Cecep.

Selain itu, di film ini juga muncul Youtuber bernama Bayu Skak yang memerankan Anto. Anto memiliki istri bernama Diah yang diperankan Alexa Key. Keduanya hanya muncul satu dua scene saja yaitu saat Silvi akan ditipu calo pernikahan.

[Baca juga : Cara Menaruh Iklan Matched Content di Bawah Post]

Yang menarik adalah saat Anto memegang kedua bahu Diah, entah kenapa terlihat Diah ogah dan ingin tangan Anto segera lepas. Apakah itu memang skenarionya atau Alexa Key nya yang terlihat risih dipegang Bayu Skak hehehe

Anyway, Diah dan Anto tidak begitu singifikan meskipun terasa janggal di mata Cerita Madya. Sisi lain, keseluruhan film layak ditonton atau kalau diberi nilai 1 sampai 5 maka nilai cerita Insya Allah Sah menurut Cerita Madya adalah 3. Sekian...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar