Minggu, 06 Januari 2019

Cerita Film Sebelum Iblis Menjemput

Review Sebelum Iblis Menjemput | Ulasan Film Sebelum Iblis Menjemput | Film horor berjudul "Sebelum Iblis Menjemput" ini membuat saya penasaran karena dimainkan dua aktris top yaitu Pevita Pearce dan Chelsea Islan. Lalu bagaimana cerita film nya?

Film berjenis horor ini memiliki durasi sekitar 1 jam 50 menit dan disutradarai oleh Timo Tjahjanto. Dibintangi beberapa artis papan atas seperti Chelsea Islan, Pevita Pearce, Ray Sahetapy, Karina Suwandhi, dan masih banyak lagi.

[Baca juga : Cerita Film Pacific Rim 2 Uprising]

Peringatan bahwa artikel ini berisi spoiler (bocoran) alur cerita film Sebelum Iblis Menjemput. Bagi Anda yang tidak mau spoiler sebelum menonton nya, silahkan tinggalkan artikel ini. Namun, jika siap dengan spoiler maka berikut ini alur cerita film ini.


Adegan Pembuka

Diawali dengan adegan seorang ayah bernama Lesmana (diperankan Ray Sahetapy) yang sedang menunggu seseorang di sebuah rumah yang terletak di gunung atau bukit. Yang ditunggu telah datang, seorang perempuan dengan aura gelap masuk dan berbicara dengan Lesmana.

Ternyata Lesmana sudah janjian dengan perempuan itu dan akan bersama-sama melakukan ritual pesugihan. Supaya mudah, kita sebut saja si perempuan itu dengan sebutan "dukun". Proses ritual pun dijalani.

Tempat yang dibuat ritual adalah di sebuah gudang bawah tanah. Di sana, Lesmana dengan patuh menuruti perintah dukun dan mengikutinya. Ini menandakan bahwa si Lesmana itu bukan orang baik karena ia mengikuti dan meminta bantuan dukun.

Salah satu yang menarik perhatian saya adalah si dukun itu meminta segenggam potongan rambut yang nanti akan dimakannya. Begitu pula sebaliknya, si dukun memberikan rambutnya untuk dimakan Lesmana.

Ritual itu akhirnya berhasil dan uang pun turun bagaikan hujan. Nama Lesmana pun akhirnya terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses dalam waktu singkat. Berbagai penghargaan pun menghampirinya.

Adegan setelah ritual divisualisasikan dengan judul-judul koran yang ditampilkan setelah adegan pesugihan. Selain kesuksesan, berita kesedihan melanjutkan kisah kehidupan Lesmana. Istrinya pun tiba-tiba tewas mengenaskan (dugaan saya, tentu ini sebagai tumbal pesugihan).

Sebelum tewasnya istrinya, Lesmana yang sukses tentu membuat beberapa wanita tertarik. Salah satunya, ia pun menambah istri nya yang seorang mantan aktris bernama Laksmi (diperankan oleh Karina Suwandhi).

Profil Keluarga

Sebelum masuk ke konflik utama film ini, perlu saya ceritakan siapa saja anggota keluarga si Lesmana ini. Mengapa saya ceritakan? Karena setelah menonton film nya, cukup membingungkan mana yang anak kandung dan mana yang anak tiri.

Jadi, profil keluarga ini merupakan teori pribadi dan kemungkinan bisa salah. Anda bisa beri komentar dan memberikan usulan di kolom komentar. Yang jelas, Lesmana punya 2 istri. Istri pertama telah mati dan istri kedua yang bernama Laksmi seorang mantan aktris.

Nama Istri pertama Lesmana tidak disebutkan dalam film (atau mungkin saya yang kelewat). Dari istri pertama, ia memiliki anak perempuan bernama Alfie yang diperankan oleh Chelsea Islan. Nah, kejadian pesugihan di awal film, sempat menampilkan sebuah foto keluarga Lesmana.

Dari situ, saya menyimpulkan bahwa proses pesugihan itu dimulai saat Lesmana sudah punya anak dan masih belum menikahi istri kedua. Setelah pesugihan berhasil dan kaya raya, barulah Lesmana menikahi Laksmi.

Sekarang kita bahas keluarga dari istri kedua, Laksmi mempunyai tiga anak, rinciannya 2 anak perempuan dan 1 anak laki-laki. Anak pertama bernama Maya (diperankan Pevita Pearce), anak kedua bernama Ruben (diperankan Samo Rafael), dan anak ketiga yang paling kecil yaitu cewek bernama Nara (Hadijah Shahab).

Nah, dugaan saya bahwa Maya dan Ruben merupakan anak Laksmi sebelum menikah dengan Lesmana. Sedangkan Nara adalah anak hasil dari hubungan Lesmana dan Laksmi. Mengapa saya katakan demikian? Ada beberapa alasan.

Pertama, saat adegan di rumah sakit (adegan Lesmana sekarat), Maya sempat menyebut ke perawat bahwa Alfie adalah anak kandung pasien (alias Lesmana). Adegan di rumah sakit itu dihadiri Alfie, Maya, Ruben, dan Intan Lily si pacar Ruben (diperankan Clara Bernadeth). Itulah alasan mengapa Maya dan Ruben bukan anak dari Lesmana.

Kedua, tampak di rumah sakit, Nara tidak hadir. Lalu apakah Nara anak kandung atau anak tiri Lesmana? Jawabannya baru muncul saat adegan Maya dirasuki arwah si dukun. Di adegan itu, Maya berbicara ke Ruben bahwa ia harus membantunya untuk melunasi janji Lesmana yaitu tumbal anak kandung. Dan yang disebut hanya dua nama yaitu Alfie dan Nara.

Ketiga, mereka yang merupakan anak kandung (yang otomatis juga tumbal) akan memiliki warna darah di tangannya. Anda bisa lihat, di tangan Alfie ada goresan cakar darah. Sedangkan Nara di kukunya dipenuhi warna darah.

Konflik

Beberapa tahun setelah kematian istri pertama, Lesmana jatuh bangkrut. Puncaknya, ia mengalami sekarat dan dirawat di sebuah rumah sakit. Alfie yang bertahun-tahun tak pernah mengunjungi ayahnya yaitu Lesmana (karena benci) pun akhirnya menjenguk nya.

Di adegan rumah sakit, dimulai lah jumpscare (adegan kejutan horor) pertama. Saat Alfie berdua saja dengan Lesmana, tiba-tiba mati lampu dan pasien di sebelahnya berubah menjadi hantu wanita. Saat mati lampu, saya sedikit kecewa karena ini terjadi di sebuah rumah sakit besar yang tentunya tidak dihuni keluarga Lesmana saja.

Alfie pun ketakutan dan hendak kabur, namun tangannya ditahan Lesmana yang kemudian berubah menjadi wanita hantu tersebut. Adegan pun berakhir dengan menyala nya lampu. Adegan rumah sakit ditutup dengan bangunnya Lesmana yang tiba-tiba mencekit Alfie hingga yang lain masuk ke kamar.

Lesmana pun pingsan setelah menumpahkan muntah hitam ke wajah Lily (pacar Ruben). Ini semakin membuat saya tidak make sense, bagaimana bisa orang sekarat (sakratul maut) tiba-tiba bersemangat mencekik anak kandungnya dan membuat keributan di rumah sakit. Sudah begitu, kejadian tersebut tidak menyebabkan shock bagi keluarganya alias seolah-olah hal biasa.

Panggung utama konflik di film ini terjadi di sebuah villa yang juga merupakan tempat pertama kali Lesmana melakukan ritual pesugihan. Di villa itu, semuanya berkumpul kecuali Lily. Alfie, Laksmi, Maya, Ruben, dan Nara terjebak di villa berhantu tersebut.

Semua keluarga berkumpul
Dari sini, singkat saja, korban banyak berjatuhan. Mulai Laksmi yang diseret setan dan dirasuki setan itu sendiri hingga jadi gila dan kanibal. Maya yang stress ketakutan sampai membunuh ibunya yang kerasukan. Dan Maya pun ikut kerasukan.

[Baca juga : Top 10 Youtuber Asia Tenggara 2018]

Setelah Maya kerasukan, Maya semakin menjadi liar. Ia membunuh Lily dan Ruben. Ia pun tunduk dan menyerahkan dirinya pada hantu itu untuk dikendalikan tubuhnya. Dan terjadilah Alfie versus Maya di akhir-akhir film.

Ending 

Ending film ini bisa dikatakan happy ending meskipun banyak yang mati. Yang selamat hanya alfie dan Nara saja. Alfie berhasil membakar Maya dan ingatan masa lalu tiba-tiba menghampiri Alfie. Dari ingatan itu, Ia tahu bahwa ternyata Lesmana membunuh dukun perempuan itu dan menguburnya di gudang.

Saat mau mati, si dukun itu sempat merapal mantra dan memakan potongan rambut Lesmana. Saya pun memahami bahwa kejadian buruk yang menimpa keluarga Lesmana gara-gara rambut yang dimakan dukun itu.

Alfie pun menggali kuburan itu dan mencari dimana potongan rambut tersebut. Alfie berhasil menemukannya setelah merobek usus mayat dukun itu dan membakar potongan rambut itu. Ending film ini membuat saya sempat lega dan puas.

[Baca juga : Kilas Balik Blog Selama Tahun 2018]

Namun, tiba-tiba roh dukun itu menarik Alfie dan membuatnya jatuh di sebuah lubang kuburan. Ini membuat saya bingung, saya kira hantunya sudah kalah atau mati. Tapi kok malah menjerumuskan Alfie dan mengikat tubuh alfie.

Wah, adegan itu sedikit membuat saya kecewa. Sudah begitu, roh hantunya tidak muncul lagi dan Alfie berhasil selamat setelah meraih tangan Nara. Keduanya pun keluar dari rumah dengan tubuh yang kotor.

Itu saja cerita film horor berjudul Sebelum Iblis Menjemput. Setelah adegan keluarnya Nara dan Alfie dari rumah, sorotan film berganti ke pintu gudang. Apakah hantunya belum mati? Mungkin para pembaca bisa memberi komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar