Selasa, 29 Januari 2019

Menggunakan Mushaf Madinah di Laptop (2)

Cara Pakai Aplikasi Mushaf Madinah | Aplikasi Mushaf Madinah PC | Melanjutkan artikel sebelumnya, artikel kali ini masih membahas cara memakai atau cara menggunakan aplikasi mushaf madinah yang ada di PC atau laptop

Jika sebelumnya sudah dibahas cara copy paste mushaf madinah, maka pada kali ini yang dibahas adalah sistem pengaturan yang ada di mushaf Madinah. Jika Anda sudah puas dengan copy paste, maka artikel ini tidak jadi masalah.

[Baca : Cara Menggunakan Mushaf Madinah di Laptop - Bag 1]

Namun apabila Anda menginginkan mode copas (copy paste) yang lain, maka Anda perlu untuk merubah setting atau pengaturan nya. Untuk melihat hasil copas mode default, Anda dapat melihat hasilnya pada gambar di bawah ini.


Dalam gambar di atas, copas mode default akan menampilkan tambahan kata "Qaala Ta`alaa", bentuk nomor ayat, dan di belakangnya terdapat nama surah beserta ayat berapa yang dicantumkan. Kesemuanya itu dapat Anda rubah di pengaturan nya.

MENGATUR OUTER : FOOTNOTE, LINE, PEMBATAS, DAN AWALAN

Diawali dengan bagaimana cara mengatur bentuk dan ukuran font yaitu pertama Anda pilih tab bertuliskan "الإضافات" atau Anda bisa lihat gambar di bawah ini (yang dilingkari warna merah)


Pada pengaturan yang ada pada gambar, saya bagi ke 4 kotak berwarna yang masing-masing mempunyai fungsi atau pengaturan masing-masing. Dimulai dari kotak merah adalah pengaturan hasil copas mau ditaruh pada baris selanjutnya atau tidak.

[Baca juga : Notifikasi Muslim Pro Tidak Muncul Di Hape Huawei Honor 8x]

Pengaturan  "الإضافات" ini kemungkinan berfungsi mengatur tambahan-tambahan selain copas ayat nya. Atau mengatur pernak-pernik ayat di mushaf madinah misalnya mengatur baris, footnote (nama surah), pembatas ayat, dan awalan ayat.

1. Mengatur Line/Baris (Kotak merah)

Urutan pengaturan takhrij atau hasil copas nya mau ditaruh dimana sebagai berikut ini :
1. Tanpa. Artinya, hasil copas nya akan ditaruh pas setelah kata yang Anda ketik di Word dan tidak akan menampilkan line baru
2. Satu line. Artinya hasil copas nya sama dengan pilihan pertama, hanya setelah nya akan menampilkan baris atau line baru
3. Line baru. Artinya, hasil copas nya akan ditaruh di baris baru.

2. Mengatur bentuk dan ukuran font keterangan/nama surah (kotak hijau)

Di pengaturan selanjutnya, Anda diberi pilihan mengatur tiga hal yaitu bentuk font, ukuran font, dan warna nama dan nomor surah. Untuk merubah font nya, Anda tinggal klik di tulisan "KFGQPC Uthman" dan merubahnya ke pilihan font lainnya.

Untuk ukuran font nya, tentu nya Anda sudah tahu dengan cara klik nomor yang tertera yaitu 14, untuk diganti ke ukuran font sesuai keinginan Anda. Perlu dicatat : ukuran font ini berlaku untuk font nama surah bukan ukuran font ayat nya. Sedangkan warna hijau di bawahnya adalah warna nama dan nomor surah.

3. Mengatur bentuk pembatas ayat (kotak oranye)

Nah, kalau yang ini lebih sederhana dan simpel. Kolom yang saya beri kotak warna oranye merupakan pengaturan bentuk pembatas ayat atau nomor ayat. Ada banyak pilihan yang disediakan, total 15 pembatas ayat yang berbeda-beda.

Jika Anda tidak menghendaki adanya pembatas ayat, cukup pilih pilihan pertama atau yang bertuliskan "بدون"

4. Mengatur awalan (kotak merah muda)

Yang terakhir juga simpel bin sederhana. Pengaturan keempat (yang diberi kotak warna merah muda) adalah mengatur awalan dari hasil copas nya. Mode default akan menampilkan kata "قال تعالى". Namun Anda bisa mengubahnya menjadi basmalah atau ta'awudz.

MENGATUR TEKS AYAT : UKURAN, WARNA, JARAK

Nah, sekarang yang dibahas adalah mengatur hasil copas itu sendiri alias teks mushaf yang akan disalin. Pengaturan di sini bisa mengatur ukuran teks nya, warna teks, warna waqaf, warna hizb, dan juga jarak antar kata.

Untuk mengatur bentuk font tidak tersedia karena font mushaf madinah merupakan font khusus dan juga sebagai identitas. Jadi jika ada yang tanya apakah font teks mushaf nya bisa dirubah atau tidak maka jawabannya tidak.


Untuk mengatur isi teks quran sendiri terletak pada tab kedua atau tab yang beruliskan "النص القراني". Jika sudah dibuka maka akan muncul pilihan seperti pada gambar di atas. Untuk mudahnya, saya bagi ke 4 kotak berwarna.

[Baca juga : Lirik Lagu Sabyan - Syukron Lillah Versi Indonesia Lengkap]

Untuk lingkaran merah besar merupakan preview dari hasil pengaturan yang sudah disesuaikan. Nah, langsung saja untuk kode dan fungsi pengaturannya sebagai berikut ini :

1. Pengaturan Ukuran Font (Kotak Hijau)

Nah, ini berbeda dengan sebelumnya yang mengatur ukuran font nama surah. Kalau yang ini benar-benar mengubah font ayat atau teks quran yang hendak Anda copas. Tinggal klik saja nomor nya dan ubah ke ukuran sesuka Anda.

2. Pengaturan Bold/Tebal (Kotak Oranye)

Di pengaturan ini secara sederhana hanya memberikan dampak bold atau penebalan pada teks ayat quran yang hendak disalin.

3. Pengaturan Jarak (Kotak Merah Muda)

Yang ini cukup membantu jika terdapat orang yang kesulitan membaca teks quran yang berdempetan maka Anda dapat mengatur jaraknya semakin renggang. Anda tinggal ubah dan geser indikator atau garis nya ke arah kanan. Semakin ke kanan maka semakin renggang.

4. Pengaturan Warna (Kotak Merah)

Sesuai namanya, pengaturan ini hanya merubah warna teks itu sendiri. Terdapat tiga pilihan yang dituju, dimulai dari atas adalah warna teks ayat, warna tanda waqaf, dan warna tanda hizb/sajdah. Cukup mudah, bukan?!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar