Minggu, 27 Januari 2019

Notifikasi Muslim Pro Tidak Muncul di Huawei Honor 8x

Adzan Muslim Pro Tidak Muncul | Adzan Muslim Pro Tidak Berfungsi | Di beberapa ponsel android, kadang notifikasi (pemberitahuan) aplikasi Muslim Pro tidak muncul. Terutama di ponsel pabrikan Huawei. Apa solusinya?

Ponsel Huawei yang Madya gunakan adalah Huawei Honor 8x baru dibeli awal 2019 ini. Lalu apa yang terjadi dengan aplikasi Muslim Pro? Aplikasi ini memang kadang membutuhkan sedikit perubahan di pengaturan agar notifikasi nya muncul.


Notifikasi yang dimaksud di sini adalah adzan. Dengan fitur adzan 5 waktu, tentu aplikasi ini diharapkan memberikan peringatan waktu yang tepat dan teratur. Di pengaturan aplikasi Muslim Pro sendiri sudah dijelaskan bahwa ada beberapa cara jika notifikasi tidak muncul atau tidak berfungsi.

[Baca juga : 7 Widget Waktu Shalat Keren di Blog]

Bagi Anda yang ingin menguji apakah notifikasi Muslim Pro berjalan dengan benar atau tidak, caranya mudah yaitu dengan menekan "Tes Adzan" yang ada di pengaturan. Untuk menekan tombol "tes Adzan", Anda perlu masuk di aplikasi Muslim Pro terlebih dahulu.

Tes Nofitikasi

Lebih detail nya, setelah masuk ke Muslim Pro (lalu klik) > titik tiga "Lainnya" > Pengaturan > Waktu Shalat & Azan > Pemberitahuan Azan > Tes Adzan.

Tes Adzan akan membuat aplikasi memunculkan notifikasi adzan dalam waktu 10 detik kemudian. Untuk melihat apakah notifikasinya berfungsi atau tidak, maka setelah menekan "Tes Adzan" segera tutup aplikasi Muslim Pro.

Apabila setelah ditutup dan ditunggu 10 detik, suara atau notifikasi adzan telah muncul maka notifikasi nya sudah berjalan lancar. Sebaliknya, jika tidak muncul berarti notifikasi nya belum berfungsi.

Satu lagi yang perlu diingat, saat menutup aplikasi Muslim Pro itu bukanlah sekedar menekan tombol home dan kembali ke beranda. Namun Anda perlu menghapus atau menutup aplikasi nya saat di mode Overview juga.

Dari tes sederhana seperti di atas, kita dapat mengetahui apakah aplikasi Muslim Pro tetap berjalan di layar belakang meskipun aplikasinya sudah kita tutup. Beberapa ponsel bisa dengan lancar membuat notifikasi Muslim Pro, namun sebagian lain perlu diatur terlebih dahulu.

[Baca : Pengalaman Beli Huawei Honor 8x di Shopee]

Solusi Notifikasi Tidak Berfungsi

Lalu bagaimana jika notifikasi Muslim Pro masih tidak berfungsi? Di dalam pengaturannya sendiri yakni di pengaturan adzan, sudah diberikan beberapa tab penjelasan. Misalnya di bawah "Tes Adzan" terdapat tombol "Atur Ulang Notifikasi".

Jika masih gagal, masih ada solusi terakhir di tombol bawahnya lagi yang bertuliskan "Pemberitahuan tidak berfungsi". Setelah Anda menekan tombol tersebut, muncul artikel yang menjelaskan solusinya. Di sini tidak akan dimuat gambar nya silahkan Anda buka aplikasinya karena di sana sudah jelas.

Solusi nya dimulai dari memastikan pengaturan adzan telah diatur dengan benar, memeriksa volume suara yang digunakan untuk memutar adzan, hingga periksa mode perangkat masing-masing. Di akhir artikel nya, terdapat tambahan pemberitahuan.

Yaitu bahwa beberapa produsen android telah memiliki ponsel yang berada dalam mode daylight saving time seperti Huawei. Dan saat Madya coba di Honor 8x memang notifikasi Muslim Pro tidak berfungsi sama sekali.

Selain Huawei, di artikel tersebut juga menyediakan solusi bagi ponsel pabrikan Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Meizu, dan Sony Xperia. Dari sekian banyak artikel yang disediakan, harusnya sudah menyelesaikan masalah notifikasi yang tidak muncul.

Solusi Honor 8x

Sesuai judul artikel, di sini Madya akan berbagi cara mengatasi notifikasi Muslim Pro yang tidak muncul di ponsel Honor 8x. Artikel ini dibuat karena setelah Madya membaca artikel yang ada di Muslim Pro, masih belum menyelesaikan masalah ini.

Mengapa tidak bisa? Mungkin jenis ponsel Huawei yang berbeda sehingga langkah-langkah yang disediakan pun juga tidak ada di Honor 8x. Artikel yang di Muslim Pro menjelaskan jenis Huawei misalnya P9, Mate9, GR5, dan lain-lain.

Inti dalam artikel tersebut bahwa aplikasi Muslim Pro harus dimasukkan dan diatur ke dalam "Protected Apps" di ponsel Huawei. Nah, hal seperti itu tidak Madya temukan dalam Honor 8x. Lalu bagaimana caranya?

Setelah mengutak-atik ponsel Honor 8x berkali-kali, akhirnya ketemu cara mengatasi masalah ini. Dan ternyata juga masalahnya juga sama yaitu terletak di pengaturan baterai. Ada 2 cara yang boleh dipilih karena sama saja. Langsung saja untuk langkah-langkah nya sebagai berikut :

Cara Pertama : Pengaturan Aplikasi

1. Buka "Pengaturan"

2. Buka "Aplikasi & notifikasi"

3. Buka "Aplikasi"

4. Cari dan Pilih "Muslim Pro"

5. Buka "Baterai"

6. Buka "Peluncuran Aplikasi"

7. Matikan atau non-aktifkan mode "Kelola Secara Otomatis"

Cara Kedua : Pengaturan Baterai

1. Buka "Pengaturan"

2. Buka "Baterai"

3. Buka "Peluncuran Aplikasi"

4. Non-aktifkan Muslim Pro


Tidak ada komentar:

Posting Komentar