Rabu, 04 September 2019

Cara Daftar Akun di filmindonesia.or.id

Cara Daftar Anggota filmindonesia.or.id | Daftar Member Situs Katalog Film Indonesia | Halo sahabat Madya. Pernahkah Anda mengunjungi situs filmindonesia.or.id? Jika pernah, lalu bagaimana cara membuat atau mendaftar akun di filmindonesia.or.id?

Bagi para peminat film Indonesia, tentunya tidak asing dengan situs Film Indonesia yang beralamatkan di filmindonesia.or.id yang konsisten menerbitkan katalog-katalog film Indonesia. Madya sendiri mencari informasi seputar film Indonesia di sana.

Profil filmindonesia.or.id

Secara singkat, bisa dikatakan situs filmindonesia.or.id adalah situs katalog film Indonesia. Atau kalau boleh Madya sebut sebagai IMDb nya film-film Indonesia. Menurut Madya juga, situs ini menyediakan data informasi film hingga penonton bioskop nya.

Jika dilihat dari halaman Tentang Kami, situs filmindonesia.or.id digagas oleh seorang wartawan dan kritikus film bernama JB Kristanto. Iniasitif dan ide nya cukup cemerlang dan patut diapresiasi. Dengan data yang ada di situs filmindonesia.or.id, kita jadi tahu film apa yang paling banyak ditonton.

[Baca juga : Cerita Film Polar 2019 Indonesia]

Berikut ini adalah cuplikan mengenai sejarah pembuatan situs filmindonesia.or.id atau Anda bisa baca secara lengkap dengan klik di sini.

Oleh karena itu, JB Kristanto beserta Lisabona Rahman dan Yayasan Konfiden berinisiatif untuk membuat FILMINDONESIA.OR.ID (FI). Situs web ini menyajikan data dan informasi lengkap tentang perfilman Indonesia yang tersedia dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Pengubahan bentuk publikasi data film Indonesia dari format buku ke bentuk online bertujuan agar informasi tentang film Indonesia dapat diakses oleh publik secara lebih mudah, cepat, dan murah dengan cakupan informasi yang lebih luas dan lengkap.

Inisiatif ini tentu tidak bisa berjalan tanpa adanya sebuah organisasi yang menaungi seluruh proses pengerjaan, pengembangan, dan operasional situs web ini. Maka, para inisiator sepakat untuk menjadikan situs web FILMINDONESIA.OR.ID sebagai program dari Yayasan Konfiden

Selain data mengenai penonton, juga disediakan sinopsis sekaligus lengkap dengan informasi film nya. Pokoknya cukup komplit lah. Selain itu, juga ada trailer dan polling mengenai dunia per film an di Indonesia.

Terakhir, tak ketinggalan kita dapat memberikan rating dan komentar pada sebuah film. Rating yang dipakai adalah menggunakan bintang dari 1 hingga 10. Kita juga bisa melihat berapa orang yang telah memberikan rating.

Fitur kolom Debat di situs filmindonesia.or.id juga menarik diperbicangkan. Dengan adanya kolom debat ini, para pembaca atau penonton film bisa ikut menyuarakan pendapatnya melalui polling yang di adakan.

Misalnya apakah bioskop sudah memihak ke film nasional, jumlah penonton berkurang karena tiket bioskop mahal, dan penghargaan film belum bisa menjadi acuan untuk kualitas film itu sendiri. Ini menarik dan patut dikembangkan untuk industri perfilman.

Terakhir, anggota redaksi dari situs filmindonesia.or.id ada 10 orang yaitu JB Kristanto, Lisabona Rahman, Totot Indrarto, Dedy Amov, Agus Mediarta, Arie Kartikasari, Adrian Jonathan Pasaribu, Amanila Sekarjati, dan Deden Ramadani.

[Baca juga : 15 Film Indonesia Telaris Pada Tahun 2017]

Cara Daftar Anggota

Lalu bagaimana cara mendaftar menjadi anggota di situs filmindonesia.or.id? Caranya cukup mudah, kok. Tidak sampai memakan waktu 1 menit dari proses pendaftaran dan juga tidak perlu autentifikasi via email. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka situs filmindonesia.or.id atau klik di sini.

2. Jika sudah masuk ke situsnya, silahkan klik "Mendaftar" seperti gambar di bawah ini

daftar akun filmindonesia.or.id

3. Jika sudah klik tombol "Mendaftar", Anda akan dibawa ke halaman data dan silahkan isi data sesuai kolom yang tersedia, seperti gambar di bawah ini

daftar akun filmindonesia.or.id

Jika sudah, silahkan klik "Daftar"

Apabila pendaftaran akun berhasil, akan muncul pemberitahuan jika pendaftaran berhasil dan bisa melanjutkan untuk Log ini.

Sedangkan tanda pendaftaran tidak berhasil adalah halaman akan stuck di situ dan tidak ada pemberitahuan.

Jika gagal, coba ulangi lagi dengan cara dan metode yang sama.  Jika masih gagal, coba daftar kembali tetapi dengan kata sandi yang berbeda.

Masih gagal meskipun sudah ganti kata sandi? Maka cara terakhir adalah silahkan daftar kembali dengan kata sandi yang tidak ada simbol nya.

Gagal Daftar

Kebanyakan faktor gagal mendaftar akun di situs filmindonesia.or.id adalah ketentuan-ketentuan yang tidak diikuti. Sedangkan, ketentuan-ketentuan nya tidak ditulis di pemberitahuan situs sehingga wajar saja para pengguna baru merasa kesulitan untuk mendaftar.

Madya sendiri ketika pertama kali mendaftar gagal, dicoba hingga 5x masih saja tetap gagal. Hingga akhirnya percobaan ke-6 berhasil. Saat masih uji coba gagal, Madya coba mengkontak admin via email dan masih menunggu respon.

[Baca juga : Cara Cek Blog Ada Notifikasi Cookie]

Jika Anda gagal mendaftar, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan (ini masih sebatas perkiraan dan sebagian sudah berhasil dicoba):
  1. Kata sandi minimal 6 digit
  2. Kata sandi tidak boleh terdiri dari simbol, seperti simbol &, @, %, dan lain-lain
Demikian artikel singkat mengenai Cara Daftar Akun di filmindonesia.or.id dan semoga bermanfaat. Silahkan komentar apabila ada pertanyaan seputar Cara Daftar Akun di filmindonesia.or.id. Artikel ini akan diupdate bila sudah mendapat balasan dari admin nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar