Sabtu, 22 Februari 2020

Cerita Anime Enen no Shouboutai (2019)

Review Anime Fire Force Indo | Cerita Enen no Shobotai 2019 | Salah satu anime terbaru dan salah satu anime terbaik yang muncul di tahun 2019 adalah Enen no Shouboutai atau dikenal dengan nama Fire Force. Bagaimana alur cerita anime Enen no Shouboutai?

Anime yang memiliki judul asli "Enen no Shouboutai" juga dikenal dengan sebutan Fire Force yang artinya Pasukan Api. Madya sendiri lebih suka menyebut judul versi jepangnya (Enen no Shouboutai) daripada versi bahasa Inggrisnya (Fire Force).

Dari Kiri-Kanan : Iris, Hinawa, Arthur, Shinra, Maki, Obi

Anime Enen no Shouboutai ini dirilis pada tahun 2019 dan memiliki 24 episode. Anime Enen no Shouboutai ini diproduksi oleh rumah produksi bernama David Production. Berikut sinopsis anime Enen no Shouboutai seperti yang dikutip dari MyAnimeList:

Spontaneous Human Combustion (SHC): merupakan sebuah fenomena kacau yang telah menjangkiti umat manusia selama bertahun-tahun, secara acak mengubah orang-orang biasa menjadi makhluk yang ganas dan ganas yang dikenal sebagai Infernals (Manusia Api). 

Sementara Infernals (Manusia Api) merupakan akun generasi pertama dari Human Combustion, generasi kedua dan ketiga dikenal sebagai pirokinetik — orang-orang berbakat dengan kemampuan untuk memanipulasi dan mengendalikan api mereka sambil tetap menjadi manusia. Untuk memerangi ancaman Infernal dan menemukan penyebabnya, Angkatan Bersenjata Tokyo, Badan Pertahanan Kebakaran, dan Gereja Suci Sol menghasilkan jawaban mereka: Angkatan Api Khusus.


Pirokinetik generasi ketiga yang bersemangat dan bersemangat, Shinra Kusakabe, dijuluki Jejak Setan karena kemampuan eksplosifnya untuk menyalakan kakinya sesuka hati, menjadi anggota Perusahaan Pasukan Pemadam Kebakaran Khusus yang semarak 8. Mengangkat tugas brigade untuk memadamkan para Infernals yang menyala-nyala dan menyerahkan jiwa mereka kepada istirahat, Shinra bertekad untuk menjadi pahlawan yang akan menyelamatkan nyawa orang-orang yang terancam oleh nyala api.

Namun, ini bukan permainan pahlawan yang dibayangkan Shinra. Fire Force adalah kekacauan yang pecah dari brigade yang berseteru, penampakan abnormal yang meningkat di seluruh Tokyo, dan kelompok bayangan mengklaim memiliki jawaban atas api aneh yang menyebabkan kematian keluarga Shinra 12 tahun yang lalu. Menghadapi banyak rintangan di dalam dan di luar Fire Force, Shinra berjuang untuk mengungkap kebenaran di balik misteri yang membara yang membuatnya tetap dalam kegelapan.

Bagaimana? Apakah Anda paham? Mungkin kebanyakan dari Anda akan bilang tidak, karena sebagian terjemahan ini telah Madya ambil dari G00gle Translate. Bagaimanapun, dari sinopsis sudah menggambarkan akan menariknya anime satu ini.

Awal Cerita

Sebagaimana dijelaskan di sinopsisnya, anime ini berfokus pada Shinra Kusakabe (baca: Kusakabe Shinra) seorang pemuda yang baru masuk ke salah satu Pemadam Kebakaran Khusus. Apa bedanya Pemadam Kebakaran Biasa dengan Pemadam Kebakaran Khusus?

Di dunia Enen no Shouboutai, terjadi fenomena yang disebut Spontaneous Human Combustion (disingkat dengan SHC) atau Perubahan Manusia Api. Jadi tiba-tiba seseorang berubah menjadi manusia api dan mengeluarkan api dari tubuhnya.

Perubahan Manusia Api atau SHC pada awalnya memiliki tiga tingkatan. Tingkatan pertama merupakan perubahan manusia api yang tak bisa dikendalikan. Orang yang mengalami perubahan jenis pertama ini akan mengamuk dan tidak mengalami kesadaran alias sudah jadi monster api.

Manusia yang sudah jadi monster api ini nantinya akan diurusi oleh para Pemadam Kebakaran Khusus. Sedangkan kebarakan yang disebabkan oleh monster api ini akan diselesaikan oleh Pemadam Kebakaran Biasa. Jadi kedua Pemadam Kebakaran ini saling membantu.

Perubahan Manusia Api selanjutnya adalah jenis kedua dan ketiga (pirokinetik). Perubahan Manusia jenis kedua dan ketiga berbeda dengan pertama, mereka dapat mengendalikan kekuatan api mereka dan masih memiliki kesadaran manusia biasa. Manusia Api jenis kedua dan ketiga inilah yang mengisi slot di pasukan Pemadam Kebakaran Khusus.

Apa bedanya Manusia Api jenis kedua dan ketiga? Manusia Api jenis kedua merupakan tipe manusia yang mengendalikan api. Mereka tidak bisa mengeluarkan api sesuka hati mereka tetapi mereka bisa mengendalikan nya sesuka hati.

Sedangkan Manusia Api jenis ketiga merupakan manusia yang bisa mengeluarkan api dari tubuhnya. Karakter utama anime ini yakni Shinra Kusakabe juga masuk dalam manusia api jenis ketiga ini. Oh iya, agar mudah memahami jenis-jenis manusia api, akan diubah kata jenis menjadi generasi. Manusia api generasi pertama (nantinya disebut Monster Api), kedua, dan ketiga.

Apa motif Shinra Kusakabe ingin masuk ke pasukan Pemadam Kebakaran Khusus? Motifnya adalah ingin balas dendam. Dua belas tahun lalu, keluarga Shinra mati akibat monster api. Ibu dan adiknya yang bernama Shou terbakar dalam rumahnya. Dalam insiden kebakaran itu, Shinra melihat jelas ada monster api yang ia yakini merupakan dalang di balik matinya keluarganya.

Pasukan Pemadam Kebakaran Khusus

Pasukan Pemadam Kebakaran Khusus (agar lebih singkat disebut Spesial Fire Force) dibentuk oleh tiga lembaga besar yakni Militer, Badan Pemadam Kebakaran, dan Gereja Suci Sol. Senjata-senjata Fire Force sendiri dipasok oleh perusahaan Haijima

Jumlah pasukan di Spesial Fire Force ada 8 pasukan. Masing-masing pasukan dipimpin oleh ketua dan wakilnya. Shinra masuk di pasukan ke-8. Pasukan Spesial Fire Force ke-8 dipimpin oleh ketua bernama Akitaru Obi dan wakilnya bernama Takeshi Hinawa.

Saat Shinra pertama kali masuk dan menjadi anggota Pasukan ke-8, Pasukan ke-8 sudah memiliki beberapa anggota yakni Obi, Hinawa, Iris, Maki. Obi merupakan manusia biasa alias tidak memiliki kekuatan api. Begitu juga dengan Iris. Iris bertugas mendoakan karena ia adalah suster gereja. Sedangkan Hinawa dan Maki merupakan manusia api generasi kedua.

Dalam perjalanannya, pasukan ke-8 juga diisi oleh Arthur Boyle (generasi ketiga), Viktor Licht, dan Vulcan Joseph. Arthur merupakan rekan seangkatan Shinra. Keahlian Arthur adalah pedang api plasma. Viktor merupakan ilmuan yang cukup gila, sedangkan Vulcan adalah si jenius mekanik.

Selama menonton anime di season pertama ini, setidaknya semua ketua dari Spesial Fire Force sudah diperkenalkan. Namun pasukan yang banyak tampil dan bersinggungan dengan Pasukan ke-8 adalah pasukan 1 (ketua Leonard Burns), pasukan 5 (ketua Hibana), dan pasukan 7 (ketua Benimaru Shinmon).

Dalam kronologi animenya, Shinra yang masuk ke pasukan ke-8 mulai mencari dalang kematian keluarga dan mulai terkuaknya beberapa misteri. Kapten pasukan 1, Leonard Burns, merupakan salah satu anggota yang menyelamatkan Shinra pada kejadian 12 tahun lalu (kematian keluarganya).

Shinra ingin menanyakan fakta-fakta lain seputar kematian keluarganya, namun kapten Burns terlihat mengelak dan menyembunyikan sesuatu dari Shinra. Selanjutnya, kapten pasukan ke-5 Hibana terlibat perseteruan dengan pasukan ke-8 mengenai penelitian monster Api.

Siapa sangka ternyata Iris dan Hibana pernah tinggal di satu gereja. Iris mengagumi kekuatan api milik Hibana dan menganggap Hibana sebagai kakaknya. Hibana merupakan manusia api generasi ketiga dan kekuatannya berupa bunga api. Pada akhirnya, Shinra berhasil mengalahkan Hibana dan Hibana jatuh hati pada Shinra.

Berikutnya salah paham dengan pasukan ke-7 yang dipimpin oleh Kapten Shinmon. Shinmon dikatakan sebagai manusia api terkuat yang ada di Spesial Fire Force. Kehebatan Shinmon dibuktikan bahwa ia manusia api generasi kedua sekaligus generasi ketiga.

[Baca juga : Kata Bijak Anime One Punch Man Season 1]

Kekuatan Api

Yang unik dari anime Enen no Shouboutai adalah kekuatan api. Setidaknya, manusia terbagi menjadi dua : manusia biasa dan manusia api. Manusia api terbagi ke generasi kedua dan ketiga. Generasi kedua hanya mengendalikan, sementara generasi ketiga mengeluarkan atau membuat.

Apa yang menarik dari manusia api? Jika di anime lain, biasanya kekuatan bisa bermacam-macam, ada api, angin, es, pasir, dan lain-lain, maka di anime ini semua kekuatan berdasarkan api. Apakah api itu jenisnya banyak? Apakah api nya memiliki nama-nama tertentu.

Satu hal yang harus diketahui, api yang dikeluarkan manusia api di anime ini merupakan api terbatas dan menjadi kekuatan masing-masing karakter. Tidak ada atau belum ada pembagian jenis-jenis atau nama-nama api. Lebih jelasnya, berikut kekuatan api dari sebagian karakter yang ada di anime ini :

  1. Shinra Kusakabe (Generasi 3) : Mengeluarkan Api dari kedua kakinya
  2. Hinawa (Generasi 2) : Mengendalikan api pada senjata api misal percikan api dan bubuk mesiu
  3. Maki Oze (Generasi 2) :Mengendalikan api jarak jauh terutama bola api
  4. Hibana (Generasi 3) : Mengeluarkan api berbentuk bunga
  5. Arthur (Generasi 3) : Mengeluarkan api berbentuk pedang plasma
  6. Karim Flam (Generai 2) : Mengendalikan api berupa sumber panas dan mengubahnya menjadi es dengan alat musiknya

Mana yang lebih kuat? Generasi kedua ataukah ketiga? Menurut Madya, yang kuat adalah siapa yang dapat menguasai kekuatannya semaksimal mungkin. Meskipun generasi kedua, namun bisa saja sangat berbahaya dan luar biasa.

Bagaimanapun, kekuatan generasi kedua (mengendalikan) dan generasi ketiga (mengeluarkan) yang Madya sebut sebelumnya hanya sebagian besar jenis kekuatan apinya. Dari situ, seseorang dapat mengembangkan dan melatih kekuatan apinya secara signifikan. Intinya, semuanya tentang kekuatan api dengan beragam jenisnya.

[Baca juga : Cerita Anime UQ Holder]

Tudung Putih (White Hoods)

Di setiap cerita pasti ada musuhnya. Begitu juga di anime ini, organisasi musuh yang bernama White Hoods atau Tudung Putih ternyata merupakan dalang di balik meninggalnya keluarga Shinra. Dinamakan Tudung Putih karena hampirsemua anggotanya memakai tudung putih.

Fakta-fakta menarik lainnya juga berkaitan dengan White Hoods. Misalnya, Shou, adik nya Shinra, ternyata masih hidup dan menjadi komandan di White Hoods. Kejadian perubahan manusia api juga ulah dari White Hoods. Menarik untuk diikuti.

Monster api yang muncul saat kebakaran 12 tahun lalu ternyata ibunya Shinra. Fakta itu disampaikan oleh kapten Burns setelah melihat Shinra sudah cukup kuat untuk menghadapi kenyataan. Alasan kapten Burns menyembunyikannya karena ingin menyelamatkan Shinra dan menjauhkannya dari dunia api.

Selain adanya White Hoods, keberhasilan Shinra menyingkap kebenaran dan fakta-fakta lainnya berkat bantuan dari antihero bernama Joker. Joker ini masih belum jelas memihak Spesial Fire Force atau White Hoods, namun ia sering membantu Shinra mengatasi kebuntuan.

Apa alasan White Hoods ikut campur dan berusaha menghancurkan dunia? Ternyata muncul fakta lain. Diketahui dari semua kekuatan api terdapat satu jenis api dimana apinya merupakan api suci yang dinamakan Adora. Hanya beberapa orang saja yang memiliki api Adora atau api dari dunia Adolla.

Adolla Link, Adolla Burst, dan Adolla lainnya masih belum Madya tangkap dengan jelas alias masih bingung. Silahkan pembaca yang ingin berkomentar. Yang Madya tangkap, Adolla adalah api suci yang merupakan api terkuat.

Para manusia api yang memiliki api adolla sanggup memasuki dunia Adolla dan dapat mengembangkan kekuatannya hingga maksimal. Misalnya Shou, dengan kekuatan api Adolla nya, ia dapat memuaikan alam semesta sehingga ia dapat menghentikan waktu untuk beberapa saat.

Shinra juga memiliki api Adolla. Saat berhadapan dengan adiknya, Shinra berhasil mengembangkan kekuatan api adollanya sehingga ia bisa mempercepat dengan kekuatan api. Kecepatannya bahkan melebihi suara. Gila. Jadi penasaran bagaimana kekuatan api Adolla milik pengguna lainnya.

[Baca juga : Cerita Anime Dororo 2019]

Penutup

Kesimpulannya, menurut Madya, anime berjudul Enen no Shouboutai merupakan anime aksi yang patut ditonton dan memiliki cerita luar biasa. Saat menonton anime ini, Madya belum pernah membaca manganya sehingga belum tahu apakah anime dengan manganya sama atau ada perubahan cerita.

Saat mencari-cari chapter terakhir yang sesuai dengan anime nya, Madya menemukan anime episode terakhirnya dengan manga nya ada di antara chapter 90 dan chapter 91. Jadi jika Anda ingin membaca kelanjutan cerita dari animenya, Anda bisa baca chapter 90 atau chapter 91.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar