Rabu, 17 Juni 2020

Apa itu MPL Invitational?

MPL Invitational Lengkap | Tim Peserta MPL Invitational | Sebentar lagi, gelaran turnamen format baru Mobile Legends Bang Bang (MLBB) yang bernama MPL Invitational akan digelar. Artikel ini dibuat bagi yang penasaran dan bertanya apa itu MPL Invitational?

Apa itu MPL Invitational? Singkatnya, MPL Invitational adalah pengganti dari MSC 2020. MSC merupakan kepanjangan dari MLBB Southeast Champions atau turnamen MLBB Asia Tenggara. MSC merupakan ajang pertarungan antar juara dari masing-masing region atau wilayah.

[BACA JUGA : Juara MPL Season 5 Di Indonesia, Malaysia-Singapura, dan Filipina]

Namun, MSC 2020 batal diselenggarakan karena adanya pandemi yang sedang dialami seluruh dunia. Batalnya MSC 2020 tentu mengecewakan banyak penggemar MLBB mengingat turnamen ini merupakan gengsi antar negara.

Pihak moonton, selaku pengembang game dan penyelenggara, mendengar kekecewaan tersebut dan membuat turnamen pengganti yang bernama MPL Invitational. Bagaimana sistem pertandingan MPL Invitational dan siapa saja peserta nya? Berikut ulasannya.
MPL Invitational

Turnamen MPL Invitational, bila diterjemahkan bebas, artinya turnamen undangan untuk tim-tim MPL (MLBB Professional League). Dari nama nya saja, kita tahu bahwa tim-tim yang ikut dalam turnamen ini merupakan tim yang diundang oleh pihak Moonton.

Dengan kata lain, tidak semua tim yang berlaga di seluruh region diundang dan menjadi peserta di MPL Invitational. Misalnya dari 10 tim yang bermain di MPL region Malaysia - Singapura season ke-5, hanya 8 tim yang diundang (termasuk juara yaitu Resurgence dan runner up yaitu Geek Fam).

Dua tim MPL Malaysia - Singapura Season 5 yang tidak diundang adalah Orange Esports dan AXIS Esports. Sedangkan 8 tim MPL region Indonesia season 5, seluruhnya diundang dan menjadi peserta (termasuk juara yaitu RRQ Hoshi dan runner up yaitu EVOS Legends)

Bukankah MPL Invitational itu pengganti MSC 2020? Mengapa kebanyakan hanya tim dari region Indonesia dan Malaysia-Singapura? Nah, dari informasi yang Madya cari, MPL Invitational ini dibagi menjadi 2 server atau 2 turnamen yang terpisah.

MPL Invitational memiliki 2 turnamen. Turnamen pertama bernama MPL Invitational 4 Nations Cup. Turnamen kedua bernama MPL-PH Champions Invitational. Dari sini jelas, ya?! Atau kalau yang bacanya terlewat, Madya tulis besar-besar di bawah ini

MPL INVITATIONAL ADA 2:
1. MPL INVITATIONAL 4 NATIONS CUP
2. MPL PH CHAMPIONS INVITATIONAL

MPL Invitational 4 Nations Cup diikuti tim MPL dari 4 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Myanmar. Sedangkan MPL Champions Invitational hanya diikuti negara dari Filipina saja, dan mempertandingkan juara dari masing-masing season di Filipina.

Apakah sudah jelas?! Intinya, MPL Invitational merupakan pengganti dari MSC 2020. Meskipun tidak semua region berkumpul dalam satu turnamen, tetapi setidaknya ini merupakan obat bagi kekecewaan para peminat MLBB.

Mengapa dipisah menjadi 2 turnamen? Kemungkinan besar, dari informasi yang Madya cari, alasan kenapa turnamen nya dipisah menjadi 2 adalah turnamen ini diadakan online sehingga ping server berbeda dan dikhawatirkan terjadi masalah koneksi atau lag.

Apa beda nya MPL Invitational dengan MLI? Tentu para penggemar MLBB pernah mendengar turnamen MLI. Madya sendiri awalnya menganggap MPL Invitational (disingkat MPLI) itu sama dengan MLI (Mobile Legends Invitational). Tetapi setelah ditelusuri, keduanya berbeda.

MPL Invitational diselenggarakan oleh Moonton dan digelar di masing-masing server sesuai jadwal yang nanti akan ditulis di bawah. Sedangkan MLI digelar oleh ONE Esports dan diikuti 12 tim dimana 6 dari kualifikasi asia tenggara dan 6 sisanya dari undangan ONE Esports. (sumber oneesports[dot]gg).

[BACA JUGA : Hero Yang Dipakai RRQ Lemon Selama MPL Season 5]

Jadwal MPL Invitational

Jadwal untuk MPL Champions Invitational atau turnamen untuk negara Filipina adalah sebagai berikut ini (semuanya digelar setiap hari Sabtu dan Ahad) :

Total Peserta : 4 tim

1. 20-21 Juni 2020
2. 27-28 Juni 2020
Jadwal untuk MPL Invitational 4 Nations Cup atau turnmaen untuk negara Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Myanmar adalah sebagai berikut ini (semuanya digelar setiap hari Jumat, Sabtu, dan Ahad) :

Total Peserta : 17 tim

1. Babak Penyisihan : 19-21 Juni 2020 dan 26-28 Juni 2020
2. Babak Play-off     :3-5 Juli 2020

Peserta MPL Invitational

Lalu siapa saja peserta tim MPL Invitational? Untuk MPL Invitational Filipina atau MPL PH Champions Invitational akan diikuti masing-masing juara MPL Filipina dari setiap season nya. Ada 4 tim karena ada tim yang juara 2 kali. Siapa saja 4 tim tersebut?

Juara MPL Filipina Season 1 : Aether Main
Juara MPL Filipina Season 2 : Cignal Ultra
Juara MPL Filipina Season 3 : ArkAngel
Juara MPL Filipina Season 4 dan 5 : Sunsparks

Itu kan pemain dulu, sekarang tim dan pemain nya mungkin sudah pindah. Apakah pemain nya sama dengan waktu juara dulu? Menurut informasi yang Madya cari, pemain yang bertanding adalah pemain sesuai waktu juara dulu. Berikut formasi pemain yang dikutip dari vpesprots[dot]com :

Season 1 champions : RIBO, PEIN, COCO, 666, YELLYHAZE, YUJI
Season 2 champions : YAKOU, DEE, ESON, PHEWW, TETS, DYSANIA
Season 3 champions : RYO, JAY, JEFFQT4EVER, KILLUASH, LUSTY
Season 4 champions : FUZAKEN, RAFFLESIA, ESKII FLEXX, KIELVJ, RENZIO, JAYPEE

Lalu siapa saja peserta tim MPL Invitational 4 Nations? Sebagaimana yang disinggung di awal, total ada 17 tim yang mengikutinya. Dari tim MPL Indonesia season 5, seluruhnya ikut. Dari tim MPL Malaysia-Singapura, 8 tim yang ikut dari total 10 tim MPL. Sedangkan sisanya adalah juara MPL Myanmar.

Dari 17 tim kemudian dikurangi juara dan runner up MPL (RRQ Hoshi, EVOS Legends, Resurgence, GEEK FAM, dan juara MPL Myanmar), menjadi 12 tim akan saling bertarung di babak penyisihan yang digelar pada tanggal 19-21 Juni 2020 dan 26-28 Juni 2020.

Ke-12 tim itu sendiri terbagi menjadi 3 grup. Babak penyisihan menggunakan sistem round robin atau pasti ketemu satu kali di satu grup  dengan format Best of 3. Dan hanya juara grup yang lolos ke babak Playoff. Lebih jelasnya lihat gambar berikut

Sumber : FB MPL Indonesia
Nah, nanti yang berhasil menjadi juara grup berhak melanjutkan ke babak Play off dan masuk ke lower bracket serta akan bertemu. Di sisi lain, para juara MPL di masing-masing region akan masuk ke upper bracket dan saling jegal.
Sedangkan runner up harus bertanding dulu atau kualifikasi (EVOS Legends melawan GEEK FAM). Yang menang akan melanjutkan ke upper bracket, sedangkan yang kalah akan melanjutkan ke lower bracket. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Sumber : FB MPL Indonesia
Demikian artikel singkat mengenai "Apa itu MPL Invitational". Jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan atau meluruskan informasi, silahkan tulis komentar di bawah ini ya. Kira-kira siapa jagoan Anda di MPL Invitational 4 Nation? Tulis juga di kolom komentar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar