Senin, 01 Juni 2020

Cerita Anime Oresuki Indonesia (2019)

Review Ore wo Suki nano wa Omae dake ka yo | Cerita anime Ore wo Suki nano Indonesia | Salah satu anime bergenre romansa (romance) dan sekolah (school) yang dalam episode pertama langsung menarik minat Madya. Bagaimana alur ceritanya?

Perhatian : Artikel ini beisi full spoiler!!! Bagi Anda yang belum menonton animenya dan tidak ingin spoiler, maka Anda bisa menutup artikel ini. Namun jika Anda penasaran dengan jalan cerita sekaligus review dari Madya, maka silahkan lanjutkan baca artikelnya.

Prolog

Anime yang berjudul lengkap "Ore wa Suki nano wa Omae dake ka yo" ini biasa disingkat menjadi OreSuki. Anime oresuki ini dirilis pada musim gugur tepatnya bulan Oktober hingga Desember di tahun 2019 dengan total 12 episode.

Jouro saat berdansa dengan Pansy

Anime ini menceritakan seorang pelajar bernama Amatsuyu Kisaragi yang biasa dipanggil Jouro. Pengisi suara Jouro cukup familiar dan saat dicek ternyata benar. Seiyuu (pengisi suara) Jouro sama dengan Midoriya Izuku (Boku No Hero Academia) dan Sakamichi Onoda (Yowamushi Pedal). Oh iya, sebelum Madya sampaikan kesan dan reviewnya, ada baiknya Anda membaca sinopsis yang ada di MAL yang sudah diterjemahkan sebagai berikut :

Amatsuyu "Jouro" Kisaragi adalah siswa SMA tahun kedua yang memiliki dua kencan selama satu akhir pekan⁠ — dengan presiden dewan siswa Sakura "Cosmos" Akino pada hari Sabtu, kemudian dengan teman masa kecilnya Aoi "Himawari" Hinata pada hari Minggu. Sedihnya bagi Jouro, kedua gadis itu menyatakan cinta mereka pada sahabatnya Taiyou "Sun-chan" Ooga, kartu as dari tim baseball. Menerima setiap permintaan mereka untuk nasihat dan bimbingan, dia sekarang bertanggung jawab untuk membantu kedua gadis itu memenangkan hati pria yang sama.

Tanpa diketahui oleh teman-temannya, citra Jouro yang ramah dan baik hati hanyalah tipuan yang dirancang untuk menampilkan dirinya sebagai protagonis yang tidak mengerti tentang komedi romantis buku teks. Seorang pengatur siasat di bawah tampilannya yang ceria, ia membuat yang terbaik dari pergantian peristiwa tak terduga ini dengan rencana baru: membuat Sun-chan jatuh cinta pada Cosmos atau Himawari dan mengambil yang lain sebagai hadiahnya sendiri. Tetapi upaya terakhir Jouro terancam oleh Sumireko "Pansy" Sanshokuin yang bermata empat, yang mengejutkan Jouro dengan tidak hanya mengetahui tentang kepribadian rahasianya tetapi juga pengakuan pada diri sejati yang ia sembunyikan selama ini.

Terjebak dalam situasi yang sangat kacau ini, masing-masing dari lima siswa harus menavigasi kebohongan yang tak terhitung jumlahnya, perangkap, dan kesalahpahaman untuk keluar di atas.

Sudah kebayang ceritanya? Kalau masih belum, di sinilah waktunya Madya menceritakan episode pertama yang langsung membuat Madya tertarik untuk meneruskan episode nya, bahkan ingin menamatkan anime ini secepatnya.


Di awali dengan perkenalan Amatsuru Kisaragi namun biasa dipanggil Jouro. Jouro adalah seorang pelajar SMA kelas dua. Terlihat Jouro ini seperti anak baik yang mudah bergaul dan murah hati. Ia memiliki teman laki-laki yang cukup populer karena menjadi ace tim baseball sekolahnya. Temannya itu bernama Taiyoo Ooga atau biasa dipanggil Sun-chan.

Di keseharian sekolahnya, setiap berangkat sekolah, Jouro selalu berangkat bersama teman masa kecilnya, perempuan, bernama Aoi Hinata yang biasa dipanggil Himawari. Himawari ini digambarkan sebagai gadis periang dan cukup imut. Himawari sangat dekat dengan Jouro sehingga Jouro sempat kepikiran apakah Himawari punya rasa khusus dengannya.

Keseharian lainnya, setiap sampai di ruang kelas, ia selalu dicari oleh ketua OSIS yang cukup cantik bernama Sakura Akino yang biasa dipanggil Cosmos. Kalau ditanya kenapa Cosmos setiap hari mendatangi kelas Jouro, maka jawaban Cosmos karena memang Jouro adalah sekretarisnya sehingga wajar ia datang menemuinya.

Masih menceritakan episode awal. Ternyata kedua wanita yang satu imut dan yang satu cantik ini merencanakan ingin jalan bareng dengan Jouro. Apakah ini sebuah kencan ganda? Itulah yang dipikirkan Jouro. Tentu sekalipun Jouro berpenampilan baik, ia juga berharap banyak pada keduanya.

Namun siapa sangka, momen-momen ala penyampaian ungkapan cinta yakni dengan sang wanita mengajak sang lelaki duduk bersama di sebuah bangku taman yang kemudian disusul saat mendebarkan dalam pengungkapan isi hati, ternyata berubah 180 derajat.

Baik Cosmos dan Himawari, keduanya mengajak Jouro duduk di bangku taman. Dikiranya keduanya akan menyatakan cinta kepada Jouro. Eh, keduanya malah suka dengan orang yang sama yaitu teman dekat Jouro yang dipanggil Sun-chan.

Kok bisa sama? Sama-sama dalam momen duduk di bangku taman, sama-sama dalam orang yang dicintai, dan sama-sama pertama kali suka karena waktu kejuaraan bisbol tahun lalu. Dari sini, segala hal yang berbau bangku taman dan bisbol selalu menghantui Jouro.

Lalu apa yang dilakukan Jouro saat kedua wanita meminta bantuan padanya untuk mendekati yang dicintai? Jouro pun membantunya. Namun Jouro yang baik hanyalah tampilan luarnya, jati diri sebenarnya adalah ia seorang yang blak-blakan dan terkesan ngawur. Yah, meskipun sebenarnya ada baiknya juga.

Dari momen di bangku taman itulah yang membuat Madya cukup tertawa dan menarik untuk melihat kelanjutan ceritanya. Dan sejak saat itu, Jouro sebisa mungkin membantu keduanya untuk nyomblangin ke sun-chan dengan harapan salah satunya ditolak dan bisa menjadi miliknya.


Harem

Awal menonton atau search anime ini, Madya tidak mengetahui kalau salah satu genre anime ini adalah Harem. Waktu melihat poster anime nya memang ada banyak wanita, tapi Madya kira main karakter atau fokus cerita nya mengarah ke shoujou, ternyata bukan.

Apakah harem nya membuat cerita anime ini bisa ditebak dan membosankan? Kalau sudah bicara harem, biasanya alur ceritanya tidak unik, kebanyakan sama, dan mudah ditebak. Namun harem di anime ini berbeda. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan anime Oresuki ini.

Kalau pembaca masih ingat dengan sinopsisnya, di situ tertera ada kalimat "Terjebak dalam situasi yang sangat kacau ini, masing-masing dari lima siswa harus menavigasi kebohongan yang tak terhitung jumlahnya, perangkap, dan kesalahpahaman untuk keluar di atas".

Bisa dikatakan, ada lima siswi atau cewek yang naksir dengan Jouro. Bukannya di poster anime ada 6 cewek? Iya, satu cewek memang tertarik dengan Jouro namun yang satu itu hanya sekedar mengagumi dan mengikuti atau bahasa lainnya mengakui Jouro.

Siapa saja lima ceweknya? Dua dari lima cewek itu adalah Cosmos dan Himawari. Loh, bukannya keduanya suka dengan sun-chan? Iya, itu awalnya. Nantinya keduanya akan melihat siapa yang sosok Jouro yang sesungguhnya. Kalau sudah tahu niat dan jati diri Jouro, menurut Pansy, semua cewek akan tertarik padanya.

Siapa pansy? Pansy adalah nama panggilan untuk Sumeriko Sanshokuin. Dan Pansy inilah yang menjadi main heroin di anime ini. Kalau sudah main heroin, biasanya main heroin yang paling cantik. Begitu juga dengan Pansy. Bisa dikatakan paras cantik Pansy memikat banyak orang bukan hanya satu sekolah saja. Omong-omong, Sun-chan pun tertarik dan jatuh hati pada Pansy.

Tersisa dua cewek lagi. Siapa mereka? Hina Hanetachi dan Asaka Mayama. Hina Hametachi merupakan salah satu anggota jurnalis sekolah, sedangkan Asaka Mayama merupakan pimpinan dari geng cewek gaul di sekolah. Bagaimana keduanya bisa dekat dengan Jouro juga merupakan salah satu cerita menarik dari genre harem di anime ini.


Konflik

Konflik yang terjadi di anime ini bisa dikatakan terjadi di setiap episode nya. Loh kok bisa? Bisa dikatakan itu menurut Madya ya. Peralihan dan konsep cerita yang tidak bisa ditebak bisa Madya katakan sebagai konflik yang tidak terduga.

Kita tahu bahwa Himawari dan Cosmos menyukai Sun-chan, namun berikutnya momen bangku taman kembali terjadi pada Sun-chan. Sun-chan mengatakan pada Jouro bahwa ia menyukai Pansy dan minta Jouro nyomblangin.

Sedangkan Pansy yang di akhir episode pertama dikenal sebagai siswi yang menunggu perpustakaan. Memakai kacamata dan berparas biasa-biasa lalu tiba-tiba mengetahui jati diri Jouro yang bersifat urakan dan blak-blakan membuat Jouro terdesak.

Perpindahan titik poin cerita ini yang membuat Madya keterusan mengikuti alur ceritanya. Belum lagi Hina yang berusaha mendekati Jouro dengan cara ekstrim berupa berita hoaks dan Asaka Mayama yang seorang pentolan geng cewek. Wah, masing-masing unik.

Selain unik, konflik dalam anime ini juga diidentikkan dengan hal-hal khusus seperti bangku taman dan kejuaraan bisbol. Baik Pansy, Himawari, Cosmos, dan Sun-chan berhubungan karena adanya kejuaraan bisbol. Kalau bangku taman itu adalah mimpi mengerikan milik Jouro saja.

Kalau dari sekian banyak konflik, manakah konflik yang paling menarik? Semuanya cukup menarik. Bagian yang paling Madya suka adalah bagaimana Pansy membuka kebobrokan Sun-chan di perpustakaan. Yup, Pansy selain cantik, ternyata sangat cerdas. Namun ia lemah pada sifat hati.

Dan konflik yang terakhir bisa dikatakan sebagai penutup konflik yang terbaik. Di bagian akhir, akan terjadi pertemuan antara Hosu dan Pansy. Kedunya kenal karena satu SMP. Saat SMA, Hosu masih melanjutkan SMA yang sama, sementara Pansy pindah SMA. Yang unik, Hosu cinta mati dengan Pansy.

Lalu bagaimana dengan Pansy? Pansy membenci salah satu sifat Hosu yaitu tidak memikirkan perasaan wanita lainnya dan hanya memikirkan atau memfokuskan perasaan nya pada wanita yang disukainya.

Bisa dibayangkan, bukan? Pertarungan antara Jouro dan Hosu untuk memperebutkan Pansy. Tapi tetap jelas, Pansy benar-benar menyukai Jouro. Ini bisa terlihat sejak episode awal. Dan memang yang kurang dari Jouro ini dia seperti bukan karakter utama yang memiliki sifat keren, kadangkala ia lebih terlihat seperti pecund4ng.

Well, dengan 12 episode dan penutup yang baik, menurut Madya tidak perlu lagi ada season kedua. Akhir anime ini bisa dikatakan happy ending. Pansy dan Jouro sudah menyatakan rasa suka nya, begitu juga dengan para harem juga tak mau kalah.

Kalau di situs MAL, dari yang terakhir Madya lihat, anime Oresuki ini mendapat skor 7,46 dari nilai 10. Sedangkan kalau menurut Madya sendiri, skor untuk anime Oresuki dari nilai 10 adalah 8,5. Anime ini direkomendasikan untuk ditonton. Selamat menikmati. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar