Selasa, 01 September 2020

Ciri Fans Karbitan

Apa itu Fans Karbitan? | Ciri-ciri Fans Karbitan | Hampir di semua dunia olahraga, termasuk di dunia esports, memiliki fans. Dan dari sekian fans tersebut, ada beberapa oknum fans yang tidak baik atau biasa disebut Fans Karbitan. Apa itu Fans karbitan? Dan apa ciri-ciri fans karbitan?

Fans karbitan secara singkat merupakan fans yang tidak baik. Lawan dari fans karbitan adalah fans sejati. Kenapa bisa ada pembagian fans seperti ini? Padahal dulu nya kata fans itu satu kesatuan dan merupakan hal yang positif.


Terjadi perpecahan atau pembagian fans ini muncul karena ada beberapa fans yang ternyata tidak murni mendukung idola atau timnya, membenci dan memprovokasi tim lawan, bahkan mengejek idola nya sendiri ketika idola nya dalam kondisi jatuh.

[BACA JUGA : Juara Mytel International Championship Series 2]

Jenis-jenis fans tersebut tentu bukan lah arti fans yang dikenal sebelumnya, dimana fans itu merupakan hal posititf dan selalu ada untuk mendukung tim idolanya. Muncul lah fans karbitan. Lalu apa saja ciri-ciri fans karbitan? Terutama di dunia mobile Legends yang merupakan salah satu dunia esports terbesar di Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Muncul Hanya Saat Menang

Normal nya, seorang fans akan menampakkan diri nya baik kondisi tim idolanya sedang menang atau kalah. Namun, fans karbitan hanya muncul di saat tim nya menang. Jika tim nya kalah, mereka seolah-olah menghilang ditelan oleh bumi.

Mungkin bisa juga mereka bukan fans karbitan jika tidak muncul ketika tim nya kalah. Namun bisa diduga sebagai fans karbitan, jika selalu dalam kondisi demikian. Artinya, ketika tim nya menang terus, mereka muncul. Tetapi jika tim nya kalah, mereka terdiam.

2. Menghina Tim Lawan

Kalau yang ini jelas bukan sebuah perilaku yang pantas bagi seorang fans. Bukan hanya fans, sebagai manusia juga dilarang menghina orang lain. Begitu pula sebagai fans. Suka menghina adalah ciri orang yang lemah dan iri.

[BACA JUGA : Apa Itu MPL Invitationals?]

Selain itu, menghina menimbulkan banyak kerugian. Misalnya, seseorang menghina orang lain ketika orang lain itu sedang terpuruk. Lalu bisa jadi roda berputar. Nantinya justru orang lain itu yang menghina seseorang ketika seseorang itu sedang terpuruk. Intinya, menghina itu jelek.

3. Provokasi Tim Lawan

Selanjutnya adalah masalah memprovokasi. Apa itu provokasi? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, provokasi adalah perbuatan untuk membangkitkan kemarahan; tindakan menghasut; penghasutan; pancingan.

Tentu saja tindakan provokasi itu tidak dibenarkan. Namun memang banyak yang suka memprovokasi. Karena provokasi bisa menimbulkan efek lanjutan. Bisa jadi orang yang diporvokasi akan termakan provokasi itu dan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

Di sisi lainnya, kadang ada yang membuat provokasi sebagai bahan bercanda atau sarkas. Bahaya dari provokasi memang tergantung dari orang yang diprovokasi. Namun memang sebaiknya tidak usah memulai atau menyebarkan kata-kata provokasi. Sebarkan kata-kata positif saja.

4. Menyalahkan Tim Idola

Ini adalah contoh fans yang tidak tahu arti kata fans. Fans merupakan orang yang mendukung tim atau idolanya. Bagaimana ceritanya seorang fans menyalahkan bahkan menghina idola nya sendiri. Jelas-jelas itu bukan fans sejati.

Sekalipun idola nya mengalami kondisi buruk, fans sepatutnya memberikan dukungan. Contoh lain jika idola nya memilih keputusan yang mungkin dinilai buruk, hendaknya fans nya cukup memberikan komentar tanpa menyalahkan atau menghujat idolanya sendiri.

5. Merasa Paling Benar

Terakhir adalah sikap sok tahu atau merasa yang paling benar. Sifat ini benar-benar merusak dan kadang sulit dihilangkan. Perasaan demikian muncul jelas-jelas disebabkan oleh kesombongan yang ada pada dirinya sehingga menilai orang lain itu pasti salah.

Hal ini juga bisa terjadi pada fans karbitan. Fans karbitan yang sudah terkena gejala atau perasaan sok benar, akan terus mencari kesalahan baik dari tim lawan maupun tim idolanya sendiri. Padahal belum tentu yang mereka katakan benar. Dan yang lebih parah lagi, mereka tidak berada di posisi orang lain.

[BACA JUGA : Total El Clasico RRQ vs EVOS Selama MPL 1-5]

Penutup

Itulah 5 ciri-ciri fans karbitan yang Madya rangkum. Fans karbitan bisa muncul di mana saja. Misalnya di dunia game Mobile Legends. Oknum fans tim A menghina tim B, atau sebaliknya. Itu jelas-jelas menunjukkan bahwa oknum fans itu adalah fans karbitan.

Atau misalnya oknum fans tim A menyalahkan salah satu player dari tim A atau menghina performa nya, padahal mereka sudah berusaha semaksimal mungkin, maka jelas itu adalah fans karbitan. Contoh terakhir, fans karbitan suka memprovokasi antar tim lainnya selain tim nya sendiri.

Dari 5 ciri-ciri di atas, apakah ada salah satu ciri yang ada di diri Anda? Kalau ada, yuk segera dihilangkan dan jadilah fans sejati. Fans yang selalu mendukung tim nya apapun yang terjadi. Dan tentunya menjadi good people!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar