Jumat, 25 Januari 2019

Cara Install Mushaf Madinah di Windows 7

Tutorial Install Mushaf Madinah | Aplikasi Mushaf Madinah PC | Mushaf Madinah merupakan salah satu mushaf yang banyak digunakan di Indonesia. Selain versi cetaknya, mushaf Madinah juga ada versi aplikasinya. Bagaimana cara install nya?

Sebelum memulai untuk cara meng-install aplikasi mushaf Madinah, terlebih dahulu silahkan unduh aplikasi nya dan font yang dibutuhkan. File aplikasi dan font nya sendiri dapat Anda temukan di situs resmi nya King Fahd Glorious Quran Printing Complex (KFGQPC) atau klik di sini atau di sini.

[Baca juga : 7 Widget Shalat Keren di Blog]

Aplikasi mushaf Madinah disediakan resmi oleh Kerajaan Arab Saudi. Di situs nya tertera bahwa aplikasi ini secara sempurna selesai digarap pada 24 Februari 2016 atau 15 Jumadil Awal 1437. Agar aplikasi semakin indah, Anda juga disarankan memakai font yang telah disediakan (tautan nya sudah ada sebelumnya).

Perlu diketahui juga, sebelum mengunduh nya untuk dipersiapkan paket internet karena aplikasi nya cukup besar yakni sekitar 134 MB. Oh iya, satu lagi, silahkan ubah "Change Local System" nya terlebih dahulu agar aplikasinya bisa terbaca bahasa arab nya.

Local System perlu dirubah karena cukup banyak yang bertanya mengapa setelah install kok muncul pesan "Need arabic". Nah itulah mengapa harus ubah local system dulu. Untuk cara ubah "Change Local System", cukup mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut ini :

1. Buka "Contol Panel"

2. Pilih "Clock, Language, and Region"

3. Pilih "Region and Language" maka akan muncul jendela baru

4. Pilih tab "Administrative"

5. Cari dan klik tombol "Change system locale..."

6. Cari dan Pilih "Arabic (Saudi Arabia)" lalu klik Ok

[Baca juga : Cara Pasang Widget Shalat di Blog]

Selesai. Apabila file aplikasi nya sudah diunduh dan local system sudah dirubah, maka berikut ini langkah-langkah cara install nya yang berhasil Madya praktekkan di laptop Madya yang berbasis Windows 7 64-bit

1. Buka file nya. Apabila file nya masih bentuk RAR maka silahkan diekstrak terlebih dahulu. Jika sudah, silahkan klik file "setup"

2. Jika sudah, proses instalasi akan berjalan. Silahkan tunggu sebentar dan jangan bingung jika seluruh bahasanya memakai bahasa Arab. Lalu silahkan klik tombol di tengah atau yang tulisannya "تالي"

3. Klik terus jika masih muncul tombol "تالي" lalu klik tombol "تركيب"

4. Tunggu proses instalasi hingga muncul tombol "انهاء"

Selesai. Silahkan cari dan buka aplikasinya dan akan muncul seperti gambar di bawah ini

Tampak aplikasi Mushaf Madinah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar