Minggu, 20 Januari 2019

Pasang Widget Shalat Di Blog

Cara Memasang Widget Shalat | Jadwal Waktu Sholat Blog | Bagi blog yang cenderung berisi pengetahuan tentang agama, widget shalat merupakan hal penting yang harus ada di blog tersebut. Nah, bagaimana cara memasang widget shalat di blogger?

Sebenarnya, widget shalat tidak hanya khusus untuk blog agama (religion) melainkan juga blog-blog lain boleh memakai widget shalat. Alasan kenapa disebut penting bagi blog agama adalah untuk mengingatkan si pengunjung agar tidak lupa waktu shalat.

[Baca juga : Fitur Aplikasi Waktu Shalat Android Muslim Pro]

Nah, banyak sekali situs-situs yang menyediakan kode untuk memasang widget shalat di blog-blog atau situs-situs Anda. Tentu setiap widget yang ditawarkan memiliki keunikan nya masing-masing. Anda bisa memilih nya sesuai kebutuhan dan selera Anda.

Di blog Madya ini, penulis sengaja tidak memasukkan karena sudah banyak widget yang ditampilkan blog ini sehingga akan menjadi semakin ruwet kalau ditambahkan. Anda bisa melihat contoh jadi salah satu widget shalat dengan mengunjungi situs yang lain atau klik di sini.

Widget Shalat Kemenag

Kode widget shalat pertama adalah milik pemerintah, dalam hal ini adalah Kemenag atau Kementrian Agama Indonesia. Widget yang ditampilkan cukup sedap dipandang. Beberapa informasi yang dimuat dalam widget nya pun juga lengkap.

Misalnya terdapat informasi live (aktual) mengenai tanggal, jam, provinsi, dan kabupaten. Informasi waktu shalat pun mencapai 8 waktu yaitu selain shalat 5 waktu juga ditambahkan waktu imsak, terbit, dan dhuha.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat hasil widget yang dibuatkan oleh Kemenag RI seperti gambar di bawah ini


Cukup keren widget yang disediakan oleh pihak Kemenag. Lalu bagaimana cara memasang widget shalat Kemenag di atas? Cukup mudah. Anda tinggal mengikuti langkah demi langkah yang akan dipaparkan berikut ini :

1. Buka situs di https://bimasislam.kemenag.go.id/widget/jadwalshalat.php/ atau klik di sini.

2. Apabila sudah masuk, Selanjutnya silahkan masukkan dan pilih data tempat yang dituju untuk waktu shalat yang terdiri dari nama Provinsi dan nama Kota/Kabupaten. Langkah pengisiannya sudah tertera di situs Kemenag.

3. Jika sudah ditentukan nama Povinsi dan Kota/Kabupaten, klik tombol "Buat Kode Widget"

4. Di bawahnya akan muncul kotak yang berisi kode dan silahkan salin kode tersebut untuk ditempelkan di blog Anda.

[Baca juga : Lirik Lagu Sabyan -Sukron Lillah Indonesia Lengkap]

Widget JadwalSholat.org

Widget Shalat selanjutnya yang juga dapat dijadikan referensi untuk blog Anda adalah widget shalat dari situs jadwalshalat.org yang berisi informasi berbeda dengan widget Kemenag. Widget ini memuat hanya tentang waktu shalat 5 waktu.

Berbeda dengan widget Kemenag yang cukup lengkap hingga 8 waktu. Selain itu, widget ini (widget JadwalSholat.org) tidak menyediakan jam live, dan hanya ada tanggal live. Meskipun di bagian ini merupakan kekurangan widget JadwalSholat.org, namun di bagian lain ada keunggulannya.

Misalnya, widget ini bisa menampilkan jadwal shalat sesuai kota yang Anda pilih. Artinya, seluruh Indonesia bisa dapat Anda ketahui waktunya. Berbeda dengan widget Kemenag yang hanya bisa menampilkan waktu shalat satu kota saja.

Selain itu, disediakan juga informasi arah kiblat (bukan kompas) dan alat untuk mencetak jadwal shalat selama sebulan penuh. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat bentuk widget nya seperti gambar di bawah ini.


Cukup sederhana baik bentuk maupun warnanya. Lalu bagaimana kode widget di atas? Cukup mudah. Anda bisa langsung menyalin kode di bawah ini atau jika ingin lebih detail bisa kunjungi situsnya di https://www.jadwalsholat.org/widget-jadwal-sholat# atau klik di sini.


Silahkan salin kode di atas. Anda bisa merubah kota default (tetap/awal) yang tertera sesuai kota yang Anda inginkan. Cara merubahnya dengan mengganti kode id=265 ke kode kota yang dituju. Kode 265 merupakan kode surabaya.

[Baca juga : Artikel Paling Dicari Di Blog Selama 2018]

Misalnya dirubah menjadi kota Bandung maka ganti kodenya menjadi 14. Kode 2 untuk Ambon, kode 307 untuk Yogyakarta, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui kode tersebut, silahkan kunjungi situs JadwalSholat.org atau tautan yang kami bagikan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar