Rabu, 23 Januari 2019

7 Widget Shalat Keren di Blog

Widget Waktu Sholat Adzan Blogger | Cara Pasang Widget Shalat Keren Blog | Widget waktu shalat atau waktu adzan merupakan salah satu cara untuk memperindah penampilan blog. Lalu widget shalat apa saja yang keren dan cocok dimasukkan blog?

Dalam artikel sebelumnya, Madya sudah membagikan artikel berjudul "Cara Pasang Widget Shalat di Blog". Meskipun artikel tersebut berisi tutorial, namun variasi widget yang dibagikan hanya 2 macam. Tapi, jika Anda masih bingung cara memasang nya, silahkan kunjungi tautan di bawah ini.

[Baca : Cara Pasang Widget Shalat di Blogger]

Artikel kali ini akan membahas total 7 widget shalat keren yang bisa Anda tampilkan dalam blog Anda. Widget-widget keren tersebut bisa Anda pilih sesuai selera Anda. Dan ketujuh widget tersebut, dibagikan oleh beberapa situs yang berbeda.

Standarisasi widget shalat, biasanya di dalamnya terdapat informasi waktu shalat yang totalnya ada 5 waktu yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Kelima waktu itu merupakan standarnya, namun jika ingin lebih maka Anda dapat memilih widget yang memuat lebih dari 5 waktu.

1. Prayer Time

Widget pertama berasal dari situs Prayer Time atau Anda bisa langsung klik di sini. Widget ini cukup menarik dan keren karena ada gambar ka'bah yang diletakkan di atas. Lebih jelasnya, Anda dapat melihat gambar di bawah ini

Selain gambar Ka'bah, widget ini juga menyediakan waktu shalat sebelum dan sesudah hari dengan menekan tombol "Prev" atau "Next". Waktu yang disediakan sejumlah 6 waktu yaitu dengan tambahan Shrook atau waktu terbit.

Widget ini menggunakan bahasa Inggris dan tidak dapat diubah ke bahasa Indonesia. Selain itu, gambar matahari yang berada di tengah-tengah, bisa membuat menarik widget tersebut dan bisa juga membuat widget ini semakin lebar dan panjang.

Selain bentuk widget di atas, situs Prayer Time juga menyediakan widget shalat simpel yang tidak menggunakan gambar dan matahari. Lebih jelasnya Anda bisa cek di situsnya. Satu lagi, di situsnya Anda akan disuruh memilih penghitungan waktu shalat nya menurut lembaga-lembaga lain di luar Indonesia misalnya penghitunga Liga Muslim Dunia, Ummul Qura, dan lain-lain.

2. Al-Habib Info

Widget selanjutnya disediakan oleh situs Al-Habib Info atau Anda bisa langsung mencoba widget nya dengan klik di sini. Widget ini memiliki fitur unik yaitu mengenai arah kiblat (bukan kompas) yang menggunakan derajat.


Dapat dilihat gambar di atas, tampilan widget yang dihasilkan lebih simpel daripada yang disediakan Prayer Time dan juga terdapat opsi penggunaan bahasa Indonesia. Informasi yang dimuat juga sama yaitu 6 waktu.

Yang menjadikan sedikit berbeda adalah fitur kiblat yang disediakan. Untuk menampilkan fitur arah kiblat ini memerlukan detail posisi yang hendak dijadikan sebagai patokan untuk mengarah ke kiblat. Cara ini mungkin akan sedikit menyulitkan sebagian orang.

3. Islamic Finder

Selanjutnya widget yang berasal dari situs Islamic Finder atau Anda bisa langsung coba dengan klik di sini. Widget ini memiliki tampilan yang menurut Madya agak flat atau biasa saja. Tidak ada gambar atau corak warna yang menonjol dalam widget ini.


Bisa Anda lihat di atas, bagaimana model widget di atas? Sangat sederhana, bukan?! Meskipun begitu, widget ini menampilkan keunggulan lain yaitu penanggalan yang jelas baik dari masehi maupun hijriah.

Adapun waktu shalat yang ditampilkan sama yaitu 6 waktu. Sisanya, semuanya tampak biasa. Oh iya, selain menyediakan widget shalat, situs tersebut juga menyediakan widget kalender hijriah yang bisa ditempel di blog. Dan satu lagi, widget ini menggunakan penghitungan dari lembaga Islam yang berpusat di Singapura.

[Baca juga : Lirik Lagu Sabyan - Syukron Lillah Indonesia Lengkap]

4. Muslim Pro

Berikutnya berasal dari situs yang aplikasi Androidnya menjadi aplikasi wajib bagi Madya. Yup, dia adalah Muslim Pro. Lalu bagaimana widget Muslim Pro untuk blog? Desain atau tampilan widget nya menurut Madya cukup menarik.


Lihat gambar di atas, perpaduan warna yang cukup menarik ditambah warna logo Muslim Pro yang cukup memanjakan mata. Adapun informasi yang disediakan juga sama dengan sebelumnya yakni 6 waktu.

Adapun dari segi lainnya, justru tidak ada. Misalnya tanggalan hijriah dan pilihan hari. Sedangkan bahasa nya dapat diatur dengan merubah kode widget nya. Untuk mengatur kode widget nya sendiri cukup mudah, meski ada satu yang cukup ribet yaitu atur kode kotanya dimana Anda diharuskan menggunakan g00gle terlebih dahulu untuk melihat kode yang disediakan.

5. Times Prayer

Widget satu ini yang menurut Madya cukup unik dan menarik. Yaitu disediakan oleh situs Times Prayer atau Anda bisa langsung coba dengan klik ini. Dari cara atau langkah-langkah pembuatan nya juga cukup mudah.

Madya sendiri terkesan dengan tampilan dan kemudahan dalam membuat dan mengatur widget ini. Metode penghitungan nya pun bermacam-macam dan metode hisab rukyat Indonesia juga disediakan dalam widget ini.


Beberapa fitur menarik misalnya hitung mundur waktu shalat berikutnya. Jadi, Anda bisa mengetahui kira-kira tinggal berapa jam menit lagi akan masuk waktu shalat selanjutnya (ditandai di "Remaining").

Selain itu, di pengaturan nya juga dimasukkan fitur suara adzan. Wah, ini malah semakin lengkap. Di sisi lain, informasi waktu nya sama yaitu 6 waktu. Pilihan warna dapat diubah dan bisa diatur perubahan kota atau tanpa perubahan kota.

Situs Times Prayer ini juga menyediakan bentuk widget lain yang bisa Anda cek sendiri. Namun widget yang menurut Madya paling keren di Times Prayer adalah widget ini.

[Baca juga : Fitur Aplikasi Android Muslim Pro]

6. Jadwal Shalat

Widget yang satu ini merupakan widget yang Madya tempel di situs Madya lainnya. Widget ini disediakan oleh Jadwal Shalat atau Anda bisa langsung klik di sini. Widget ini hanya menampilkan 5 waktu saja.


Meskipun begitu, terdapat pilihan kota dimana Anda dapat merubah nya. Fitur Qibla dan fiqh juga menjadi keunikan sendiri. Yang paling menarik adalah fitur cetak jadwal shalat selama sebulan yang terletak di pojok kiri bawah.

Selain itu, widget ini terkesan simpel dan sederhana. Fitur Qibla nya pun juga menggunakan format bujur lintang (bukan kompas). Penanggalan menggunakan tanggalan masehi. Adapun cara penghitungan nya, Madya belum menemukan, namun kemungkinan menggunakan sistem Indonesia.

7. Kemenag Indonesia

Terakhir, dan ini yang direkomendasikan, widget yang disediakan resmi oleh Kementrian Agama Indonesia. Tampilan widget nya juga cukup menarik. Anda bisa langsung mencobanya dengan klik di sini.


Fiturnya juga tak kalah menarik. Terdapat tanggal masehi yang dibarengi dengan jam live (aktual). Waktu yang disediakan sejumlah 8 waktu yaitu 5 waktu, imsak, terbit, dan dhuha. Cukup lengkap dan sesuai ala Indonesia.

Font tulisannya juga membuat semakin keren dan menarik. Terutama font tulisan jadwal shalat yang disamping nya terdapat logo Kemenag. Demikian 7 widget shalat keren yang bisa Anda tempel di blog atau situs Anda.

Oh iya, ke-7 widget tersebut tidak semuanya Madya coba. Mungkin baru setengahnya karena sudah cocok dengan widget nya sehingga widget lain masih dalam pantauan. Nah, widget manakah yang menurut Anda keren dan menarik?

[Baca juga : Alamat Gudang J&T Surabaya Barat]

Perbandingan

Di akhir artikel ini, Madya akan membuat perbandingan dari ke-7 widget di atas dengan beberapa rincian fitur. Dan bisa jadi setelah artikel ini ditulis, fitur-fitur widget tersebut ada yang berubah. Untuk penilaian warna dan desain, itu tergantung selera.

No. Nama Widget - Total Waktu - Tanggal - Jam - Hijriah - Opsi Kota - Kesulitan

1. Prayer Time - 6 waktu - hari tanggal lengkap - jam tidak - hijriah tidak - kota tidak - tidak sulit
2. Al-Habib Info - 6 waktu - tanggal tidak - jam tidak - hijriah tidak - kota tidak - tidak sulit
3. Islamic Finder - 6 waktu - hari tanggal lengkap - jam tidak - hijriah ya - kota tidak - tidak sulit
4. Muslim Pro - 6 waktu - hari tanggal singkat - jam tidak - hijriah tidak- kota tidak - lumayan sulit
5. Times Prayer - 6 waktu - hari tanggal lengkap - jam live - hijriah tidak - kota ya - tidak sulit
6. Jadwal Shalat -  5 waktu - tanggal saja - jam tidak - hijriah tidak - kota ya - tidak sulit
7. Kemenag - 8 waktu - hari tanggal lengkap - jam live - hijriah tidak - kota tidak - tidak sulit

Dari ketujug widget di atas, yang Madya rekomendasikan berdasarkan kelengkapan fitur nya adalah Times Prayer dan Kemenag. Bagaimana kalau menurut Anda? Silahkan tinggalkan saran dan komentar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar