Sabtu, 30 Maret 2019

Cerita Film Master Z : Ip Man Legacy (2018)

Review Film Master Z | Ulasan Film Ip Man Legacy | Kembali lagi dengan film aksi gaya tarung China. Apalagi judul film dengan embel-embel Ip Man. Kali ini, Madya telah menonton film berjudul "Master Z: Ip Man Legacy". Bagaimana jalan ceritanya?

Perhatian! Artikel ini berisi spoiler. Membaca lanjutan artikel ini berarti siap menerima bocoran cerita film. Film ini merupakan spin-off dari film Ip Man. Apa itu film spin off? Karakter pembantu dalam sebuah film utama, dibuatkan film sendiri dan menjadi pemeran utamanya. Tentu masih ada hubungannya.

[Baca juga: Cerita Film Mojin The Worm Volley 2019]

Saat melihat film Ip Man 3 dimana Master Ip melawan Zhang Tian Zhi, Madya sendiri berfikir akan sangat menarik jika Zhang memiliki film nya sendiri. Mengapa bisa begitu? Ada beberapa alasan. Pertama, ia juga merupakan ahli kungfu Wing Chun yang sama dengan Master Ip.

Kedua, karakter dan kehebatan Zhang terlihat jelas dalam film Ip Man 3. Dengan mudah ia mengalahkan para pimpinan perguruan dan menjadi terkenal dalam sekejap. Ketiga, wibawa dan karakter teguh menempel dalam diri Zhang. Terlihat saat ia mengaku kalah duel dengan Master Ip.

Nah, saat film ini muncul di akhir Desember 2018, tentu Madya terlihat antusias. Film ini dinamakan Master Z karena nama Zhang diawali huruf Z dan dia juga master ahli kungfu Wing Chun. Film ini bercerita seusai film Ip Man 3.

Awal Film

Diawali dengan hilangnya Zhang dari dunia kungfu membuat media bertanya-tanya kemana perginya orang yang berani menantang Ip Man secara terbuka. Di awal film dijelaskan bahwa Zhang memutuskan meninggalkan dunia kungfu dan fokus hidup normal.

Menjalani hidup normal, Zhang juga sambil bekerja sebagai pembunuh bayaran. Dia setuju dengan pekerjaan tersebut asalkan targetnya memang benar-benar orang yang sangat buruk dan kejam. Sebagaimana yang disinggung oleh bos nya yang mengatakan bahwa Zhang adalah orang yang berprinsip baik.

Selesai menjalankan tugas, ia pamit dan ingin pensiun dari dunia pembunuh bayaran. Si Bos yang kelihatan baik ini pun tidak memaksa kehendak dan mempersilahkan Zhang menjalani apa yang dia inginkan.

Sebelum keluar gerbang rumah si Bos, si Bos menantang Zhang manakah yang lebih cepat antara orang yang bawa pistol dengan orang ahli kungfu. Wah, sudah mau duel saja di awal film. Scene ini secara tidak langsung merangsang Madya untuk terus mengikuti film ini.

Zhang mengatakan bahwa dalam 7 langkah yang menjadi pemenang ialah ahli kungfu. Namun lebih dari 7 langkah, maka pemegang pistol yang menang. Kondisi saat itu berjarak 7 langkah, duel pun terjadi dan Zhang berhasil menggagalkan pistolnya.

Setelah itu, muncul seseorang berbaju hitam berduel mewakili si Bos itu. Jujur saja, Madya merasa pernah melihat wajah orang itu. Setelah searching di Google, ternyata orang berjaket hitam itu adalah pemain utama film Ong Bak alias Tony Jaa. Wah seru nih duel beladiri Thailand lawan Wing Chun.

[Baca juga : Hero Fighter Mobile Legends 2 Role Lengkap]

Tony Jaa

Tony Jaa berperan sebagai Sadi atau orang suruhan si Bos itu. Berjaket hitam dan topi hitam layaknya detektif, ia beberapa kali duel dengan Zhang. Pertama saat insiden tembakan 7 langkah tadi. Kedua saat rumah Zhang dibakar oleh mafia.

Di pertarungan kedua itu merupakan duel paling greget. Dan dalam film ini, Madya tidak bisa menangkap identitas Sadi. Bahkan namanya saja Madya tidak tahu. Nama Sadi diketahui setelah buka situs IMDb.

Gaya bertarungnya juga masih misteri. Apakah pakai gaya seperti di Ongbak atau Muay Thai juga entahlah. Namun dalam pertarungan kedua itu, terlihat jurus yang dipakai Zhang dan Sadi mirip. Apakah itu berarti Sadi juga pengguna Wing Chun?

Banyaknya misteri dan keren nya karakter Sadi membuat bertambahnya rasa penasaran dan berharap film ini ada sekuelnya. Mungkin nanti judulnya "Master Z 2: Vs Sadi The Warrior". Keren juga, hehehe

Michelle Yeoh Jadi Bos Mafia

Selain Tony Jaa yang masuk dalam list pemain film ini, ada juga Michelle Yeoh yang turut meramaikannya. Meskipun sudah sepuh, Michelle Yeoh tetap mumpuni menjadi karakter yang ahli kungfu.

Diceritakan ada keluarga Mafia bernama keluarga Zhang Lee yang dipimpin Jun (Michelle Yeoh). Ia mempunyai adik laki-laki bernama Ji (Kevin Cheng). Jun ingin berbisnis secara bersih sehingga keluarga Zhang Lee tidak terkenal akan keburukan lagi.

Namun adiknya berbeda. Ia dikenal temperamen dan punya sifat ingin menguasai. Beberapa kali ia terlibat dalam sebuah pertengkaran. Salah satunya juga pernah berurusan dengan Zhang bahkan sampai membakar rumahnya.

Beruntung ia punya kakak Jun yang berusaha menolong adiknya dalam kesulitan. Jun pun pernah terlibat adu kungfu, termasuk waktu Zhang dan Fu datang balas dendam atas kematian Nana (tunangan Fu).


Jun pun duel dengan Zhang dan dinyatakan seri. Zhang hendak membunuh Ji, namun Jun menolongnya dan memotong tangan kanan adiknya sebagai balas atas nyawa Nana. Di akhir cerita, Jun dan Ji pergi keluar kota dan memulai bisnis baru.

Drax Jadi Bandar

Drax? Bukannya dia karakter Avengers atau karakter di film Guardians of Galaxy? Benar. Pemain yang memainkan Drax yaitu Dave Bautista juga berperan dalam film Master Z ini. Ia berperan sebagai Owen si pemilik restoran steak.

Owen ini awalnya terlihat sebagai karakter baik. Terbukti dari peran yang dimainkannya. Misalnya ia menjadi inisiator penggalangan dana untuk korban bencana alam. Dia juga mengatakan sebagai pembina panti asuhan.

[Baca juga : Pengalaman Air Terjun Dlundung Trawas]

Tapi ternyata di balik itu, dia adalah bandar Narkoba di Hongkong. Seluruh obat terlarang yang ada di kota bersumber darinya. Restoran steaknya, tepatnya di lemari daging, tersimpan obat-obat terlarang yang sangat banyak.

Dan siapa sangka, dia juga ahli bertarung. Owen ini juga bekerjasama dengan polisi korup yang nantinya akan menjaga operasi bisnisnya. Kebobrokan Owen terungkat setelah kematian Fu yang menggenggam gelang Batman yang biasa dipakai Owen.

Akhirnya, film ini ditutup dengan duel Zhang melawan Owen. Sebagaimana peran utama yang awalnya kalah, kemudian berhasil memenangkan pertarungan. Namun sebelum ditangkap, Owen keburu kabur dan ia ditusuk racun oleh Sadi saat kabur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar