Minggu, 21 Juli 2019

Cerita Film Escape Plan 3 The Extractors (2019)

Review Escape Plan 3 Indo | Ulasan Film Escape Plan The Extractors | Escape Plan kembali lagi hadir di tahun ini setelah tahun kemarin sudah hadir Escape Plan 2 Hades. Dalam jangka waktu 1 tahun saja, bagaimana isi dan cerita dari film Escape Plan 3?

Film "Escape Plan 3" memiliki judul resmi di IMDb yaitu "Escape Plan: The Extractors" dan dirilis pada 2 Juni 2019. Film berdurasi sekitar 1 jam 37 menit ini masih melanjutkan cerita dari seorang pakar keamanan bernama Ray Breslin (Sylvester Stallone).

[Baca juga : Cerita Film Ketika Cinta Bertasbih 1]

Berharap para pemain di Escape Plan 2 seperti Shu dan Luke juga hadir di film ketiga ini, malah tidak nampak sama sekali. Dan sepanjang film, tidak ada clue sedikit pun tentang mereka. Apakah film ini masih merupakan kelanjutan dari Escape Plan sebelumnya atau bukan? Di sini Madya mulai bimbang.

Zhang Technology

Adegan-adegan awal diperlihatkan para pemain baru atau karakter baru yang akan menjadi inti cerita dari film ini. Adalah keluarga Zhang Technology yang dipimping oleh Zhang dan memiliki seorang putri bernama Daya Zhang.

Ray Breslin saat bertemu Shen
Mengunjungi sebuah kota di Amerika, Daya berusaha menanam investasi di sana dan berhasil. Menjelang pulang atau saat memasuki hanggar pesawat, si pengawal pribadi Daya yang bernama Bao, mencium kejanggalan-kejanggalan.

Benar saja, sontak terjadi perkelahian dan tembak menembak. Beberapa pegawai atau staff Zhang terbunuh. Bao pingsan, sedangkan Daya diculik. Saat Bao pingsan, seorang pria keluar dari pesawat dan memasukkan sebuah flashdisk di saku Bao.

Siapa Zhang Technology? Ternyata, Zhang Technology adalah perusahan yang menyuplai alat-alat di penjara pada film Escape Plan yang pertama. Yup, Escape Plan pertama menceritakan penjara yang terletak di dalam kapal yang berlayar.

Lalu siapa yang menculi putri Zhang? Apakah Breslin? Bukan. Yang menculik putri Zhang adalah putra dari rekan kerja Ray yaitu Lester Clark atau di film disebut Lester Clark Junior.

Selain bercerita mengenai penculikan putri Zhang, adegan berpindah ke sebuah gedung dimana terjadi perkelahian antara seorang pria dan para pegawai di sana. Pria tersebut bernama Shen (Jin Zhang).

Usut punya usut,  Shen ini adalah mantan kepala keamanan di Zhang Technology. Ia beretkad membalas dendam kepada perusahan Zhang karena urusan pribadi. Entah apa urusannya, Madya masih belum menangkapnya.

[Baca juga : Anime One Punch Man Season 2 Dari Chapter Berapa]

Walaupun punya dendam ke perusahaan, faktanya Shen sangat peduli saat Daya Zhang diculik. Hipotesa Madya, keduanya mungkin pernah memiliki suatu hubungan sangat dekat. Setelah bertemu Breslin, Shen pun juga ikut menyelamatkan Daya.

Kesan

Secara singkat, cerita film ini menurut Madya, agak berbeda greget nya dibanding film-film sebelumnya. Apakah film ke-3 ini bukan mengenai penjara? Masih kok. Masih ada hubungan dengan penjara.

Bahkan di film ini, penjara yang terletak di Belarusia tersebut memiliki julukan Devil Station atau stasiun iblis. Banyak sekali yang dipenjara di sana. Namun, yang agak membuat sedikit kecewa, alur atau konsep escape plan (misi kabur) dari penjara tidak hadir di film ini.

Film ke-3 ini malah sekilas memperlihatkan kerapuhan Ray Breslin saat kekasihnya dibunuh di depan matanya (meski lewat video call). Emosi Breslin pun memuncak dan ia merasa putus asa. Beruntung karena ia pemeran utama, maka Breslin dengan cepat memulihkan mental dan berhasil membunuh Lester Clark Junior.

Itulah poin pertama mengenai film ini. Yakni alur cerita yang berbeda dari masuk ke penjara lalu kabur, sedangkan di film ini berkonsep rush (gerilya) ke penjara dan menghancurkan penjahatnya. Aksinya dapat, namun khas atau ciri utama dari film Escape Plan tidak ada.

Apakah mungkin ada kaitannya dengan judul film? Di film ke-2, masih berjudul "Escape Plan 2: Hades", sedangkan di film ke-3 langsung "Escpale Plan: The Extractors". Kemungkinan, tidak diberikannya nama judul Escaple Plan 3 karena isi cerita nya tidak sama konsep dengan film Escape Plan sebelumnya. Entahlah.

Lalu bagaimana inti cerita film ini? Ya begitulah. Saat Daya diculik, Lester Clark ternyata juga menculik kekasih Breslin di markasnya. Kok bisa tahu markasnya? Flashdisk yang ada di saku Bao, diberikan ke Breslin sehingga bisa dilacak dimana markas Breslin.

Bao yang memiliki watak terburu-buru akhirnya mati dibunuh penjahat. Sedangkan Shen dengan kungfunya berhasil menyelamatkan Daya dan keluar dari penjara. Alur dari cerita film ini (yang sama dengan film-film sejenis lainnya) dengan mudah dibaca Madya sejak pertengahan film.

Apakah akan ada film ke-4 nya? Entahlah. Jika di akhir film Escape Plan 2 secara jelas akan muncul film 3, namun di akhir scene film ke-3 ini tidak diperlihatkan tanda-tanda adanya film ke-4. Bahkan jika menilik perbincangan Breslin dengan De Rosa mengenai liburan (tanda istirahat), bisa dikatakan film ini berakhir menjadi trilogi saja.

[Baca juga : Cerita Film Ip Man Legacy : Master Z]

Namun sekali lagi, film ini masih ada kemungkinan untuk dilanjutkan? Mengapa? Dari kacamata penonton seperti Madya, ada beberapa karakter yang perlu dikembangkan dan masih ada karakter yang misteri. Misalnya siapa yang mendanai penjara Hades di film Escape Plan 2.

Di film escape plan 3 ini, Madya jadi tahu siapa yang mendanai penjara di Escape Plan 1. Namun misteri murid Breslin seperti Shen dan Luke juga masih belum jelas ke mana. Padahal dari segi ke-khas-an cerita, film Escape Plan ini patut ditunggu dan ditonton. Segitu saja. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar