Kamis, 07 Februari 2019

Huawei Honor 8X Tidak Ada NFC

Honor 8x Indonesia Tanpa NFC | Honor 8x Tidak Support NFC | Hampir sebulan menggunakan ponsel baru yaitu Honor 8x, Madya pun mencoba menelusuri apa saja fitur yang dimilikinya. Saat browsing, dikatakan ponsel ini tidak support NFC. Apakah benar?

Halo, sahabat Madya. Hampir sebulan, ponsel ini masih jarang digunakan karena ini memang ponsel kedua yang sedang migrasi menjadi ponsel utama. Nah, saat masa-masa percobaan tersebut, di sebuah situs spesifikasi ponsel (GSM Arena) disebutkan ponsel ini punya NFC.

[Baca juga : Notifikasi Muslim Pro Tidak Muncul di Honor 8X]

Setelah membaca informasi tersebut, Madya pun berinisiatif untuk mencoba fitur NFC. Sebelum mencobanya pada kartu e-Toll (yang cara pengisiannya bisa gunakan NFC), ketika browsing, Madya menemukan artikel bahwa ponsel ini tidak support NFC.

Apakah itu benar? Muncul nya keraguan membuat saya kembali buka situs GSM Arena dan jelas-jelas di sana tertera adanya fitur NFC pada honor 8x. Masih belum puas, saya pun mencoba mengunduh aplikasi untuk mengecek NFC.

Setidaknya agar yakin, saya gunakan 2 aplikasi yang bisa diunduh di Playstore. Kedua aplikasi itu bernama "NFC Check" yang dikembangkan PS Technology dan "NFC Check" yang dikembangkan oleh Joeri Kros.

Dari kedua aplikasi tersebut, keduanya kompak mengatakan bahwa ponsel Honor 8x yang saya miliki tidak menyediakan fitur NFC. Untuk hasil aplikasinya seperti gambar di bawah ini.


Melihat hasil tersebut, membuat saya semakin penasaran dan kembali mencobanya berkali-kali. Dan hasilnya tetap sama. Sempat berfikir mungkin aplikasi yang kurang tepat dan akurat, saya pun mencobanya di ponsel lain dan hasilnya memang benar.

Wah, semakin bertambah penasaran saya. Akhirnya jalan utamanya adalah kembali ke situs resmi Huawei nya dan menemukan halaman Honor 8x. Halaman yang membahas honor 8 sendiri terdapat 2 model yaitu bahasa inggris (global) dan bahasa indonesia.

Dalam halaman mode indonesia, saat menelusuri, mencari dan membaca nya, saya tidak menemukan fitur NFC disebut dalam halaman tersebut. Sedangkan dalam mode global, fitur NFC disebutkan dengan jelas dan terletak di halaman paling bawah.

[Baca juga : Pengalaman Beli Honor 8X di Shopee]

Nah, loh?! Saat memperhatikan keunggulan fitur NFC yang dibahas di mode halaman global, ternyata dan ternyata di bawahnya terdapat keterangan tambahan yang membuat sedikit kecewa. Fakta bahwa Honor 8x tidak support NFC ternyata benar.

Dapat Anda lihat keterangan nya di fitur NFC pada halaman resmi Huawei/Honor atau Anda bisa klik di sini. Atau jika Anda kelamaan buka situsnya, di bawah ini Anda bisa lihat gambar potongan halaman yang ada keterangan NFC nya.

Potongan halaman di situs Honor
Perhatikan kata-kata yang saya beri lingkaran merah. Dari keterangan tersebut, fitur NFC hanya disematkan pada ponsel Honor 8x yang berseri awal L21. Ponsel di Indonesia atau yang saya miliki berseri L22.

Dimana cara cek serinya? Mudah, Anda dapat melihatnya tertulis pada stiker di belakang ponsel. Tulisan lengkapnya MODE : JSN L22 Made In Indonesia. Selain itu, di keterangan situs Honor, model L21 hanya beredar di negara tertentu.

Apa saja negara yang disinggahi seri L21? Mereka adalah wilayah eropa barat, wilayah nordik dan eropa timur dan tengah, rusia, ukraina, belarusia, dan turki. Di belakang nya ditutup kata "only" artinya model L21 hanya ada di negara-negara tersebut.

Intinya, ponsel Honor 8X yang beredar di Indonesia tidak menyediakan fitur NFC. Kenapa dikecualikan? Tanya pada pabriknya, hehehe... Nah, jadi bagi Anda yang akan membeli ponsel ini karena NFC nya, urungkanlah karena ponsel ini (indonesia) tidak ada NFC nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar