Sabtu, 23 Maret 2019

Cerita Film Iceman The Time Traveler 2018

Review Iceman 2 | Ulasan Iceman 2 Tim Traveler Indo | Salah satu film yang Madya tunggu di tahun 2018 karena dibintangi oleh Donnie Yen. Film ini merupakan sekuel atau lanjutan dari film pertamanya. Bagaimana alur ceritanya?

Artikel ini berisi full spoiler sehingga harap maklum jika Anda membaca maka Anda setuju untuk mengintip rahasia cerita film ini. Film yang berjudul Iceman The Time Traveler ini rilis pada bulan November 2018.

[Baca juga : Cerita Film TV Sherlock Season 3]

Saat membaca judulnya, ternyata judulnya sudah berubah. Terakhir kali cek di situs IMDb tahun 2017, tertulis bahwa film ini nantinya berjudul Iceman 2. Nah, saat selesai menonton Madya baru sadar jika judul film ini sudah berubah menjadi Iceman The Time Traveler.

Apakah maksudnya? Apakah film ini tidak ada hubungannya dengan film pertama? Nah, ini nanti yang akan kita bahas di alur cerita film Iceman ini. Bintang utama film ini adalah Donnie Yen yang memerankan sebagai Ho Ying, salah satu komandan pasukan elit kerajaan Dinasti Ming.

Pembukaan

Memasuki awal film, terjawab sudah jika film ini masih memiliki kaitan dengan film pertama. Di scene awal film, membahas ringkasan cerita yang terjadi di film pertama. Dimulai dari perjalanan waktu, Ho Ying dikejar temannya sendiri, hingga pertemuan atau reuni dengan ketiga temannya.

Siapa saja ketiga teman Ho Ying? Mereka bertiga semuanya adalah komandan jenderal pasukan elit Dinasti Ming yaitu Sao, Niehu, dan Yuanlong. Mereka semua adalah sahabat yang terus bersama sejak kecil dan dilatih untuk menjadi pasukan elit.

Saat dewasa, mereka mendapat jatah masing-masing sebagai komandan pasukan elit dan Yuanlong yang tertua menjadi Jenderal pasukan elit. Di film pertama dijelaskan bahwa Ho Ying difitnah bahwa dia telah membunuh menteri dan berkhianat pada Dinasti Ming.

Sahabatnya pun termakan fitnah itu dan hendak membunuh Ho Ying. Saat masa-masa pengejaran itu, mereka bertemu di gurun salju dan bertarung. Tiba-tiba badai salju datang dan menenggelamkan mereka.

Saat bangun, mereka sudah berada di dunia yang berbeda. Mereka pindah ke 400 tahun kemudian. Di film kedua ini, fokus pada masalah yang terjadi pada zaman Dinasti Ming dan bagaimana awal mula mereka semua terlibat dalam perjalanan dimensi waktu.

[Baca juga : Cerita Film Sebelum Iblis Menjemput]

Mengapa Hanya 4 Orang?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang sempat merasuki pikiran Madya. Mengapa yang berpindah dimensi atau waktu ke 400 tahun kemudian hanya 4 orang? Yaitu Ho Ying, Sao, Niehu, dan Yuanlong.

Di film kedua ini, Madya mendapatkan jawaban. Yaitu karena mereka berempat yang tahu rahasia mesin waktu itu. Singkatnya, saat misi ke barat diutuslah Yuanlong dan Ho Ying dan mereka menemui biksu suci yang menjaga sebuah alat yang diyakini sebagai alat mesin waktu.

Nah, dari situ mulai lah timbul akal busuk Yuanlong untuk menguasai dunia dengan menggunakan mesin waktu itu. Selain itu, biksu suci itu hanya memberikan mantra mesin waktu ke Ho Ying dan ia ditakdirkan untuk hidup dan mati kembali selama 3 kali.

Dari sini setidaknya salah satu rasa penasaran sudah sedikit tertutupi. Namun, muncul lagi pertanyaan kembali. Jika yang tahu mantra mesin waktu hanya Ho Ying, mengapa Yuanlong bisa lebih dulu ke 400 tahun kemudian dan menjadi wakil kepala inspektur?

Rival Cinta

Salah satu yang menjadi bumbu baru dalam film ini adalah rivalitas cinta antara May dan Jade. Seperti yang terjadi di film pertama, May lah yang membantu Ho Ying untuk mempelajari dunia modern.

[Baca juga : Pengalaman Travel Di Air Terjun Dlundung Trawas]

May juga yang terus menerus bersama Ho Ying dalam setiap kejadian termasuk saat duel melawan sahabatnya. Akhirnya, Ho Ying memutuskan untuk mengajak May pergi ke zaman Dinasti Ming dan bertemu keluarganya.

Ho Ying keluar dari mesin waktu
Tujuan Ho Ying kembali ke zamannya adalah untuk mencegah pembunuhan desanya dan mencegah fitnah terhadapnya. Nah, saat kembali ke desa, May terlihat cemburu saat Ho Ying dekat dengan satu wanita yang memang sejak kecil dikenal sangat dekat dengan Ho Ying. Perempuan itu bernama Jade.

Meski rival dalam cinta, namun keduanya tampak malu dan menjaga perasaan masing-masing. Terlihat saat teman-teman Jade mengompori namun Jade tetap tenang dan tidak terbawa emosi. Begitu pula May, yang tetap mau memberikan pengetahuan masa depan kepada Jade dan teman-temannya.

Terbelah 2 Kubu

Yang berhasil kembali lagi ke masa lalu adalah Ho Ying, Yuanlong, dan Niehu. Sedangkan Sao ditemukan mati tenggelam. Akhirnya Sao yang ada di masa lalu tetap hidup namun tidak tahu mengenai masa depan.

Artinya hanya 4 orang yang tahun masa lalu dan masa depan yaitu Ho Ying, Yuanlong, Niehu, dan May. Ho Ying berhasil mengajak Sao versi masa lalu untuk menjaga desanya dari serangan perompak dan pembunuh.

Terbelah 2 kubu antar sahabat itu. Ho Ying dan Sao, sedangkan Niehu ikut ke kubu Yuanlong. Niat jahat Yuanlong ingin meruntuhkan dinasti Ming dan menjadi kaisar sekaligus menyingkirkan Ho Ying beserta desanya.

Yuanlong pun bekerja sama dengan jenderal pasukan Jepang untuk membasmi desa Ho Ying. Sao saat menjaga desa Ho Ying tak sengaja melihat Niehu yang bersekongkol dengan pasukan Jepang. Sao pun tak terima dan akhirnya bertarung dengan Niehu. Sao kalah dan tewas di tangan Niehu.

Sementara Ho Ying mendatangi istana dan mencari Yuanlong. Sampailah ia di gudang harta dimana ada mesin waktu di sana. Terjadi pertempuran antara Ho Ying dengan jenderal Jepang di mesin waktu. Pertarungan nya pun berpindah-pindah antar satu zaman ke zaman lainnya. Ho Ying kalah dan tewas.

[Baca juga : Lirik Sabyan  - Yamma Mwel El Hawa Versi Latin dan terjemah]

Iceman 3?

Apakah film ini berakhir?? Ini dia yang bisa menjadi diskusi antar penonton. Di akhir film ini, meskipun sempat tewas, Ho Ying dapat hidup kembali dan mengulang waktu karena takdir yang dikatakan biksu suci di awal.

Takdit itu berbunyi bahwa Ho Ying akan mengalami 3 kali perputaran hidup dan mati. Nah, total kematian yang dialami Ho Ying, menurut Madya, baru 2 kali artinya masih ada satu kali lagi jatah kematian dan ia dapat merubah masa depan.

Dari situ, Madya berpikir akan ada sekuel ketiganya. Namun di sisi lain, Madya juga berfikir bahwa kemungkinan besar film ini tidak akan ada lanjutannya. Mengapa? Dengan jelas Ho Ying berkata di insiden akhir film bahwa tak seharusnya ia merubah sejarah perputaran waktu.

Artinya, ia akan membiarkan dirinya difitnah, desanya dibunuh, dan Dinasti Ming runtuh sebagaimana yang sudah digariskan dan diceritakan di masa depan. Tak ada gunanya merubah masa lalu dan justru bahaya karena bisa merubah masa depan juga.

Dari situ, timbul pikiran jika film Iceman ini sudah berakhir. Dan jika memang berakhir (tidak ada sekuel Iceman 3) berarti ending film ini cukup kering dan kurang greget. Serasa makan nasi yang tidak berasa apa-apa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar