Minggu, 12 Agustus 2018

Selamat Tinggal Mobile Legend (Manfaat dan Mudarat)

Untung dan Rugi Main MLBB | Goodbye Mobile Legend | Siapa gamers yang tidak tahu game satu ini, bahkan mungkin permainan Mobile Legend sudah menjamur di masyarakat Indonesia. Nah, apakah Anda sudah berfikir tentang manfaat dan mudarat nya?

Mobile Legend Bang Bang atau biasa disingkat menjadi MLBB adalah permainan yang dirancang untuk ponsel. Permainan MLBB termasuk dalam kategori MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) artinya permainan ini adalah permainan pertarungan antar beberapa pemain secara online (pakai internet).

Adapun tanggal rilis game ini, saya kurang mendapatkan informasi. Namun bila diruntut sesuai season nya (dimana satu season berkisar 3 bulan dan sekarang sudah masuk di season 9), maka kemungkinan pertama kali muncul pada bulan Juli 2016.


Tetapi jika diruntut dari skin starlight, maka awal skin starlight adalah bulan Desember 2016. Entah mana yang valid, namun yang kita ketahui bahwa awal kemunculan Mobile Legend terjadi pada tahun 2016.

[Baca juga : Cara Beli Starlight Member Pakai Pulsa via Codashop]

Terhitung dari 2016  hingga sekarang berarti sudah hampir 2 tahun game Mobile Legend lahir dan sekarang sudah mewabah di Indonesia. Setidaknya itulah yang saya lihat di sekeliling dimanapun saya berada. Entah di kafe, di terminal, di jalan-jalan, pokoknya ada saja muncul suara "Enemy has been slain".

Lah kok bisa game Mobile Legend disukai banyak orang di Indonesia. Apa sebenarnya kelebihannya? Nah, untuk kelebihan game ini akan kita masukkan di sub pembahasan "Manfaat". Sedangkan kekurangan atau kerugian akan dibahas di sub "Mudarat".

Saya sendiri memulai debut di game Mobile Legend sejak season 6 dan belum mencapai tier Mythic hingga tulisan ini dimuat... hehe Bagi Anda yang ingin mabar (main bareng) atau join squad, silahkan add akun saya. Akun saya ada dua, pertama bernama "©Madya" dan kedua bernama "Kirai Kirei".

Manfaat Main Mobile Legend

Game akan disukai banyak orang jika game itu menyenangkan pengguna nya. Jadi, jelas bahwa game Mobile Legend ini cukup menyenangkan banyak orang. Namun faktor-faktor apa saja yang membuat game ini lebih menyenangkan?

Pertama : pertarungan tim. Berbeda dengan game jenis MMORPG, game MOBA terutama Mobile Legend, menyajikan pertarungan banyak orang dalam satu tim melawan tim lain yang berisi juga banyak orang. Biasa disebut 5v5.

Pertarungan tim jelas memiliki beberapa sisi keunggulan dibandingkan main sendiri-sendiri. Kita bisa beradu taktik, strategi, dan skill. Dan dalam permainan tim, yang penting adalah kekompakan itu sendiri. Percuma skill tingkat dewa, namun tim nya kocar-kacir maka hasilnya tim nya pun akan kalah. Bermain lebih banyak orang jelas menyenangkan.

[Baca juga : Asal Nama Skin Season 8 Estes - White Crane (Mobile Legend)]

Kedua : Peringkat, Tier, dan Hero Leaderboard. Untuk menentukan siapa yang terbaik dalam sebuah game maka perlu dibuat yang namanya peringkat. Nah, di game Mobile Legend sendiri terdapat beberapa peringkat yang berbeda-beda jenisnya.

Tier merupakan nama lain dari liga. Pemain baru memasuki tier warrior. Jika ia menang terus di pertarungan Rank maka tier nya akan naik dari Warrior, Elite, Master, Epic, Legend, dan terakhir Myhtic atau Myhtic Glory.

Peringkat pertama dunia didasarkan pada jumlah bintang Rank yang ia miliki. Yang menduduki peringkat-peringkat atas pastinya sudah masuk di tier Mythic Glory semua, sekarang tinggal siapa yang paling banyak bintang nya maka ia yang paling hebat di game tersebut. Cara menambah bintang adalah dengan memenangkan pertarungan di Rank, namun jika kalah maka akan kehilangan bintang.

Adapun Hero Leaderboard adalah peringkat pengguna terkuat di masing-masing hero. Jadi misal ada 50 hero maka siapa yang masing-masing bisa memegang julukan top hero tersebut. Untuk menjadi pengguna top sebuah hero, maka Anda harus mengumpulkan MMR sebanyak-banyaknya.

Ketiga : Fitur chat, credit score, dan report. Fitur chat in-game yang kadang sepele namun memberikan dampak signifikan bagi gamers itu sendiri. Fitur chat jelas sekali berfungsi untuk memudahkan komunikasi antar pemain. Namun kadang di game lain ada yang tidak memperhatikan fitur ini.

Credit score adalah fitur untuk menilai kedisiplinan pemain. Apabila pemain mangkir saat matchmaking (mau masuk arena) atau melakukan AFK (Away Form Keyboard) maka credit score akan berkurang dan berimbas ia dihukum dan tidak dapat bermain untuk sementara waktu.

Fitur report ini juga penting. Seringkali dalam permainan tim, kita merasa anggota kita ada yang AFK atau melakukan feed (asal main atau sering mati) atau bahkan terindikasi cheat (curang) maka Anda bisa melaporkan di fitur report yang biasanya muncul di akhir permainan. Dan hasil report pun biasanya langsung mengurangi credit score.

Itulah tiga faktor utama yang menjadikan game Mobile Legend ini bermanfaat atau menyenangkan menurut Cerita Madya. Loh katanya manfaat, tapi tadi yang dibahas kan keunggulan game Mobile Legend, itu kan bukan manfaat?

Yap, Anda memang tidak salah. Dari 3 keunggulan game Mobile Legend, maka ia menjadi booming di pasaran. Kalau sudah booming, jelas sekali banyak manfaat yang bermunculan. Misalnya manfaat main Mobile Legend adalah Anda bisa terkenal, bisa masuk turnamen besar, bisa jadi joki, hasilkan uang lewat youtube, dan lain-lain. Jelas, bukan?!

[Baca juga : 6 Macam Jenis Hero Mobile Legend dan Fungsi Role nya]

Mudarat Main Mobile Legend

Lalu apa mudarat bermain Mobile Legend? Berikut ini adalah analisa pribadi penulis. Bisa saja berbeda dengan analisa Anda karena saya sendiri termasuk "pemain baru" di game ini. Anda bisa menambahkan atau memberikan saran di kolom komentar.

Pertama : Butuh Waktu yang tidak sedikit. Mungkin sekilas kita pasti memahami bahwa di game manapun tentu akan menghabiskan waktu kita. Namun di sini saya ingin kita menghitung-hitung waktu yang dihabiskan untuk bermain game Mobile Legend.

Untuk satu match atau pertarungan classic/rank misalnya kita membutuhkan waktu normal sekitar 10 menit. Itu bisa terjadi jika tim Anda kompak dan memang sudah mengenal satu sama lain atau memang masing-masing sudah jago.

Nah, bayangkan Anda main solo kemudian bertemu dengan teman-teman yang kurang kompak atau Anda bertemu musuh yang kuat, maka untuk menghabiskan satu pertarungan bisa mencapai lebih dari 20 menit. Saya sendiri pernah menghabiskan hampir 40 menit untuk satu pertandingan. Capek juga.

Bayangkan jika kita harus mengejar jumlah bintang atau tier kita hingga ke puncak tertinggi. Berapa waktu yang dihabiskan. Belum lagi waktu tunggu saat draft pick (untuk tier epic ke atas), masing-masing pemain punya waktu sekitar 25 detik. 25 detik kali 10 pemain maka 250 detik atau 4 menit lebih.

Kedua : Penyakit toxic. Adanya fitur chat in-game yang disediakan, tampaknya jadi bumerang. Alih-alih berfungsi untuk komunikasi satu sama lain, malah menjadi ajang hina-menghina antar pemain atau biasa disebut toxic.

Padahal baru tahap pemilihan hero, ada saja yang tiba-tiba menulis kata "t0l*l, nub, g0bl*k" dan lain sebagainya. Normalnya orang memberi saran atau menghina kalau permainannya memang jelek. Nah ini, belum tahu cara bermain nya saja sudah keluar kata-kata kotor.

Saya harap mari kita jaga sportifitas dan kehangatan di setiap game. Jangan mudah memprovokasi atau menyulut emosi seseorang yang belum kita kenal. Kalau mau kasih saran, boleh lah. Atau kalau misalnya ia tidak tahu meta (formasi role) baru maka beri tahu agar ia pick (pilih) hero yang sesuai meta.

Ketiga : Pay-to-win. Seperti game lainnya, adalah wajar jika pengembang menjual produknya. Misal jual skin. Namun agak sedikit kurang fair bila dengan beli skin maka otomatis menambah keunggulan permainan.

Menurut saya, skin dibuat dan dijual, karena desain dan animasi nya yang lebih bagus daripada hero tanpa skin. Yah,, saya sih tidak begitu memprotes pay-to-win dan sejenisnya karena saya sendiri juga banyak beli skin.

Namun entah kenapa banyak skin yang dijual cukup mahal. Setiap skin memiliki label nama yang sesuai harganya. Untuk skin normal seharga 259 diamond (sekitar 100 ribu rupiah), skin Elite biasanya dijual sekitar 599 diamond (150-200 ribu), skin special (200-250 ribu), skin epic normal berkisar 899 diamond (250 ribu), skin epic lucky box berharga 1 juta, dan yang paling mahal adalah skin Legend seharga 3 jutaan. Wow...

Terkadang saya sendiri merasa rugi apabila memaksa membeli skin yang mahal-mahal, saya biasa membeli saat ada diskon besar atau event-event tertentu. Namun akhir-akhir ini, saya berfikir apabila game ini sudah tutup apakah uang saya bisa kembali?

[Baca juga : Cara Beli Diamond Pakai Pulsa via Codashop]

Sayonara Mobile Legend

Dari paparan di atas, terlihat manfaat dan mudarat seimbang. Namun bila melihat keadaan pemain seperti saya (bukan pro player) tentu mudarat yang ada lebih banyak ketimbang manfaat. Berbeda jika Anda memutuskan jadi pro player.

Sekali lagi, jika Anda bukan seorang pro player (atau bukan pemain serius) maka Mobile Legend jelas memberi mudarat lebih banyak bagi Anda daripada memberi manfaat. Senang dapat, skin dapat, namun jika Mobile Legend tutup bagaimana? Ini hanya seandainya meskipun peluangnya sangat kecil.

Belum lagi waktu yang saya habiskan cukup membuat saya kecapekan. Kecuali kalau Anda pengangguran maka Mobile Legend tentu bisa memberi manfaat lebih bagi Anda. Namun jika Anda masih sekolah atau bekerja, cukup lah bermain Mobile Legend sewajarnya saja.

Kadang yang membuat jengkel adalah saat di tengah permainan ada telpon atau tiba-tiba ada yang meminta bantuan. Ini jelas membuat dilema. Misal kita angkat telpon berarti kita meninggalkan permainan. Namun jika tidak diangkat, siapa tahu itu telpon penting.

Melalui artikel ini, bukan berarti saya berhenti main Mobile Legend. Mudarat dan manfaat memang saya dapatkan, namun saya akan kurangi sehingga bobot mudarat dan manfaat menjadi seimbang. Intinya : Bermain untuk mencari kesenangan bukan untuk menambah stress. Have fun!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar